BERBAGI

Liwa (Netizenku.com): Satuan pemadam kebakaran UPT Balikbukit, Lampung Barat tidak hanya piawai menaklukkan api. Tetapi mampu mengamankan ular berukuran besar yang bersarang di gudang milik Heru warga Pekon Gunung Sugih, Kecamatan Balikbukit, Jumat (14/2).

Plt Kasat Polisi Pamong Praja dan Damkar Lampung Barat, Haiza Rinza, melalui kepala regu UPT Damkar Balikbukit, Ahmad Nasa’i, mengatakan penangkapan ular cobra sepanjang dua meter tersebut, setelah mendapat laporan dari Heru warga Gunung Sugih.

“Setelah menerima laporan bahwa anaknya melihat seekor ular berukuran besar melingkari karung yang ada di gudang, kami langsung mendatangi rumah pak Heru, ternyata benar ada seekor ular cobra berukuran besar, bahkan panjangnya mencapai dua meter,” kata Ahmad, seraya mengatakan pihaknya berhasil menangkap hewan mamalia beracun tersebut.

Disampaikan Ahmad, apabila ada masyarakat yang melihat ular jenis apapun usahakan tetap tenang, serta segera melapor ke petugas. Sementara bagi yang sudah tergigit binatang yang berbisa tersebut, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan imobilisasi lokasi yang terkena gigitan.

“Biasanya kalau kita melihat ular akan panik, yang menyebabkan detak jantung semakin kencang dan hal tersebut bisa berakibat fatal bahkan menyebabkan kematian. Maka pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah korban berbaring dan letakkan dua buah kayu disekitar gigitan lalu diikat dengan kain, sehingga bisa ular tersebut tidak akan menyebar, setelahnya langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan SABU (Serum Anti Bisa Ular),” jelasnya. (Iwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here