Wisata Religi Menara Masjid Agung Al-Furqon Bandarlampung

Redaksi

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:55 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menara Masjid Agung Al-Furqon di Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 55, Kelurahan Gulak Galik, Kecamatan Telukbetung Utara, Kota Bandarlampung, Jumat (18/6). Foto: Netizenku.com

Menara Masjid Agung Al-Furqon di Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 55, Kelurahan Gulak Galik, Kecamatan Telukbetung Utara, Kota Bandarlampung, Jumat (18/6). Foto: Netizenku.com

Bandarlampung (Netizenku.com): Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana meresmikan Menara Masjid Agung Al-Furqon, Jumat (18/6), di Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 55, Kelurahan Gulak Galik, Kecamatan Telukbetung Utara.

Menara Masjid Agung Al-Furqon setinggi 144 meter dibangun di masa pemerintahan Wali Kota sebelumnya, Herman HN, dan diklaim sebagai menara masjid tertinggi se-Indonesia.

Pembangunan menara masjid menelan biaya sebesar Rp20 miliar yang bersumber dari APBD Kota setempat yang terbagi dalam tiga termin yakni di Tahun Anggaran (T/A) 2017 sebesar Rp3 miliar, T/A 2018 sebesar Rp7 miliar, dan T/A 2019 sebesar Rp10 miliar. Pembangunan menara rampung pada akhir 2020 lalu.

Menara Masjid Agung Al-Furqon diharapkan menjadi ikon baru kota yang berjuluk Tapis Berseri dan mampu menarik kunjungan wisatawan sebagai destinasi wisata religi.

“Menara masjid berfungsi sebagai sarana untuk menikmati pemandangan Kota Bandarlampung dan menjalankan syiar agama Islam,” kata Eva Dwiana.

Baca Juga  Rektor UM Lampung, Dukung Penuh Pemilihan Duta Genre

Menara Masjid Agung Al-Furqon dilengkapi pendingin ruangan, lift kapasitas 5-8 orang yang mampu mencapai puncak menara dalam waktu 45 detik, dan jalur khusus difabel.

Eva Dwiana meminta jamaah, khususnya Takmir Masjid Agung Al-Furqon, untuk selalu menjaga dan merawat kebersihan menara masjid.

“Terutama Takmir Masjid selama masa pandemik masih banyak kebutuhan yang belum mencukupi, insyaallah, Bunda Eva bersama OPD akan memberikan khusus dana Takmir Masjid yang ada di Kota Bandarlampung,” kata Eva Dwiana.

Wisata Religi Menara Masjid Agung Al-Furqon Bandarlampung
Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana meresmikan Menara Masjid Agung Al-Furqon di Kelurahan Gulak Galik, Kecamatan Telukbetung Utara, Jumat (18/6). Foto: Netizenku.com

Dikutip dari laman Sistem Informasi Masjid Kementerian Agama RI, Masjid Agung Al-Furqon Kota Bandarlampung berdiri pada tahun 1958 di atas lahan seluas 60.850 m² dengan luas bangunan 7.000 m² dan mampu menampung 3.000 jamaah.

Baca Juga  Akui Tak Mampu Dapuk Adipura, Begini Penjelasan Walikota

Ketua Takmir Masjid Agung Al-Furqon, Dr KH A Buchori Muslim LC MA, mengapresiasi pembangunan menara masjid oleh Pemerintah Kota Bandarlampung.

Dia menuturkan Wali Kota Bandarlampung Periode 2010-2021, Herman HN, terinspirasi membangun Menara Masjid Agung Al-Furqon setelah melihat Menara Masjid Nusa Tenggara Barat (NTB) Islamic Center yang memiliki ketinggian 99 meter.

“Wali Kota Herman HN merubah (ketinggian menjadi) 114 meter, sebanyak jumlah surat yang ada di dalam Alquran. Ini bukan saja kebanggaan Kota Bandarlampung tapi kebanggaan semua yang ada di Provinsi Lampung,” ujar KH A Buchori.

Dia berharap Menara Masjid Agung Al-Furqon bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, apalagi Wali Kota Eva Dwiana ingin menjadikan Masjid Agung Al-Furqon sebagai salah satu destinasi wisata religi dan terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga  1.703 Kendaraan Lakukan Uji Kir Selama April

“Menara ini bukan hanya sebatas untuk kita orang-orang Islam tapi pintu juga terbuka untuk silaturahmi oleh saudara-saudara kita yang beragama lain,” kata dia.

Peresmian Menara Masjid Agung Al-Furqon, lanjut KH Buchori, menjadi bukti bahwa Pemerintah Kota Bandarlampung tidak hanya perduli pada pembangunan fisik tapi juga pada pembangunan mental spiritual.

“Agama Islam wasathiyah, bersifat moderat dan saling menghargai perbedaan, agama yang antiradikalisme, anti kepada ekstrim dan sikap-sikap yang berlebihan karena negara kita adalah negara Pancasila yang berdasarkan UUD 1945,” pungkas dia.

Peresmian Menara Masjid Agung Al-Furqon turut dihadiri Wali Kota Bandarlampung Deddy Amarullah, Kapolresta Bandarlampung Kombes Pol Yan Budi Jaya, Dandim 0410/KBL Kolonel (Inf) Romas Herlandes, dan unsur Forkopimda lainnya, serta Kepala OPD, bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama. (Josua)

Berita Terkait

Pihak BRI Diduga Kuat Terlibat Kasus “Kredit Fiktif Gunung Sari”
Walikota Bandarlampung Raih Penghargaan dari Kemenkop UKM
Aprohan Saputra Jabat Plt Ketua IWO Lampung
Pemkot Catat 14.431 NIB terbit
400 Ruas Jalan Lingkungan Diperbaiki, Pemkot Respon Cepat Keluhan
126 Kelurahan Ikuti Lomba Masakan Tradisional Lampung
Yuk Nonton Reloud Yovie &Nuno dan Maliq & D’Essentials Bakal Nyaman dan Elegan
Baru Rp 327 M, Pemkot Optimis Realisasi Investasi Capai Target

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 15:39 WIB

Pj Gubernur Lampung Tinjau OJK dan Bank Lampung

Senin, 15 Juli 2024 - 13:35 WIB

Lestarikan Bahasa Lampung, Kober Nilai Butuh Kebijakan dan Peranan Pemda

Senin, 15 Juli 2024 - 12:14 WIB

Bahasa Lampung Terancam Punah, Kober Gelar Festival Seni Bahasa Lampung

Minggu, 14 Juli 2024 - 17:06 WIB

Disdik Lampung Klaim Tidak Ditemukan Kecurangan Saat PPDB

Minggu, 14 Juli 2024 - 12:34 WIB

Grafik Pemuda Jadi Petani Rendah, Lampung Gaungkan Tagline Jadi Petani Itu Keren

Minggu, 14 Juli 2024 - 12:17 WIB

Jokowi Titip Pesan Stabilkan Inflasi di Lampung

Jumat, 12 Juli 2024 - 16:09 WIB

Dapid: Mengapa PLN Lampung Tidak Memfungsikan PLTU?

Jumat, 12 Juli 2024 - 14:50 WIB

Lampung Pemain Penting dalam Perdagangan Rempah Nusantara

Berita Terbaru

Pringsewu

Pringsewu Raih Dua Penghargaan dalam GTTGN XXV Tahun 2024

Senin, 15 Jul 2024 - 21:04 WIB

Pringsewu

Pj Gubernur Lampung Buka MPLS Tingkat SMA dan SMK di Pringsewu

Senin, 15 Jul 2024 - 19:55 WIB

Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) M Firsada, menerima penghargaan Satya Lencana Bhakti Inovasi Desa.

Addvertorial

Pj Bupati Tubaba Raih Penghargaan Satya Lencana Bhakti Inovasi Desa

Senin, 15 Jul 2024 - 19:18 WIB

Sekretaris Kabupaten Pesawaran Wildan, menyampaikan pokok-pokok perubahan APBD Tahun 2024 pada rapat paripurna Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2024 di ruang rapat DPRD Kabupaten Pesawaran, Senin (15/7/2024). (Soheh/NK)

Pesawaran

Bupati Pesawaran Sampaikan Pokok-pokok Perubahan APBD 2024

Senin, 15 Jul 2024 - 17:08 WIB