349 Pegawai dan Personel Satpol PP Tulangbawang Tes Urine

Redaksi

Senin, 8 Februari 2021 - 19:00 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tulangbawang (Netizenku.com): Sebanyak 349 pegawai dan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP) Pemkab Tulangbawang, menjalani tes urine di Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Menggala.

Kepala Sat Pol-PP Tulangbawang, Tuhir Alam, mengatakan jika kegiatan tes urine narkoba tersebut merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan dan dijalani oleh seluruh anggota Sat Pol-PP termasuk juga para petinggi Sat Pol-PP setempat.

Menurut Tuhir kegiatan tersebut bertujuan membersihkan semua anggota Sat Pol-PP Tulangbawang dari narkoba dan miras, yang diketahui saat ini sedang marak-maraknya di wilayah tersebut.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

\”Jadi jelas ini wajib tanpa ada alasan apapun, sebab ini dilaksanakan bukan hanya bagi seluruh tenaga personel, melainkan jajaran pegawai bahkan saya sendiri harus di tes urine, secara mandiri tanpa terkecuali,\” ucapnya saat memantau langsung satuannya menjalani tes urine tersebut.

Baca Juga  APBD Perubahan Tulangbawang Fokus Pelayanan Publik

selian itu bersifat wajib, Tuhir menjelaskan bagi personel Sat Pol-PP yang diakuinyabmerupakan instruksi langsung dari Bupati, Winarti, yang mewanti-wanti agar seluruh jajaran ASN maupun honorer, agar tidak terjerumus narkoba.

Sebab kata Thuhir, narkoba merupakan zat yang sangat dilarang karena akan merusak berbagai tatanan dan kehidupan masyarakat, qkhususnya para generasi muda.

\”Nah dengan dilakukannya tes narkoba terhadap seluruh personel dan pegawai Pol-PP, maka sedari dini kita bisa meminimalisir, dan mengantisipasi, apalagi kami pemerintah berkewajiban melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap masing-masing satuan, sebab tujuan dari kegiatan ini memang untuk pembinaan dan pengawasan,\” jelasnya.

Tuhir menerangkan adapun kegiatan tersebut sudah dijalankan pihaknya sejak tanggal 01 Febuari lalu hingga tanggal 09 Februari.

\”Karena semuanya kita bagi-bagi tidak bisa langsung semuanya sekaligus, mengingat saat ini masih pandemi Covid-19 jadi kita harus mentaati peraturan kesehatan,\” terangnya.

Baca Juga  Polres Tuba Canangkan Zona Integritas Bebas Korupsi

Tuhir memaparkan, tes narkoba dengan mengambil sampel masing-masing urine di laboratorium hal umum atau biasa dilakukan dan digunakan oleh lembaga kerja.

Sebab hal tersebut untuk mengetahui kepastian dari seseorang apakah positif mengunakan narkoba, atau obat-obatan kimia lainnya yang mengandung zat terlarang.

\”Jadi tujuannya bukan menjebak personel kita sendiri, namun ini lebih pada pengawasan, sehingga semua bisa terdeteksi, kita harus belajar dari pengalaman beberapa tahun silam, saya tidak ingin kejadian yang sama terulang, yang jelas ini bukan untuk diri pribadi saya tetapi ini demi menjaga semua personel agar mempertahankan apa yang telah diraih, jangan semuanya hilang hanya gara gara narkoba,\” urainya.

Kendati nantinya hasil tes urine terdapat anggota atau personel Pol-PP yang dinyatakan positif urine mengandung narkoba, maka Tuhir menambahkan tidak serta merta akan memberikan sanksi. Melainkan terlebih dahulu akan dilakukan pembinaan dan pengawasan, dengan melibatkan keluarga yang bersangkutan.

Baca Juga  2019, Bupati Tuba Lampung Terapkan Sistem Keuangan Ekstra Ketat

\”Akan kita bina selama tiga bulan ke depan,yang bersangkutan dan keluarga akan membuat peryataan, selanjutnya kembali dilakukan tes urine, jika hasilnya negatif maka tetap sebagai personel, namun jika masih tetap positif akan diberikan sanksi tegas, bisa pemecatan,\” tegasnya

Untuk itu Tuhir mengimbau kepada seluruh jajarannya agar memberikan contoh dan tauladan yang baik terhadap masyarakat, mengingat lembaga Pol-PP merupakan lembaga penegakan aturan.

\”Hindari yang namanya narkoba, karena narkoba merupakan musuh yang akan merusak masa depan generasi bangsa dan menghancurkan kehidupan diri kita dan keluarga,\” ingatnya. (Armadan/len)

Berita Terkait

Telkomsel Hadirkan Koneksi 4G/LTE di Desa Bawang Tirto Mulyo dan Menggala Selatan
Cuaca Buruk Diprakirakan Melanda Pergantian Tahun
Juniardi Beri Pelatihan Jurnalistik untuk Kepala Kampung Tulangbawang
Winarti Launching Penyerahan BLM BMW Secara Virtual
Firmansyah Hadiri Pelantikan SMSI Kabupaten Tulangbawang
Anthoni Serahkan Bantuan Langsung Masyarakat dan Launching BMW 2021
Winarti Launching Program Kreatif Mandiri Bergerak Melayani Warga Tahun 2021
Bupati Tulangbawang Tinjau Vaksinasi di Puskesmas Banjar Agung

Berita Terkait

Rabu, 17 April 2024 - 13:25 WIB

Bupati Pesawaran Klaim Tidak Anti Kritik

Jumat, 12 April 2024 - 19:31 WIB

Hujan Deras Guyur Pesawaran, Beberapa Wilayah Tergenang Banjir

Kamis, 4 April 2024 - 21:12 WIB

Pemkab Pesawaran Kembali Adakan Gerakan Pangan Murah

Rabu, 3 April 2024 - 19:02 WIB

Bupati Pesawaran Kunjungi Kementan RI, Ini Usulannya

Rabu, 27 Maret 2024 - 21:01 WIB

Dendi Harap Pemprov Lampung Terus Perhatian ke Pemkab Pesawaran

Rabu, 27 Maret 2024 - 18:49 WIB

Kapolres Pesawaran Imbau Organ Tunggal Tak Setel Musik Remik

Jumat, 15 Maret 2024 - 18:57 WIB

Jumat Curhat, Kapolres Pesawaran Ajak Orang Tua Awasi Anak-anak

Selasa, 12 Maret 2024 - 16:25 WIB

Dendi Tinjau Longsor dan Banjir di Desa Sukajaya Lempasing

Berita Terbaru

Mantan Bupati Kabupaten Tubaba, Umar Ahmad. Foto: Ist.

Lampung

Umar Ahmad dan Sinyalemen Dukungan PDI Perjuangan

Kamis, 18 Apr 2024 - 21:58 WIB

Direktur Eksekutif YKWS, Febrilia Ekawati. Foto: Arsip.

Bandarlampung

YKWS: Banjir di Balam Bukan Semerta Bencana Alam

Kamis, 18 Apr 2024 - 21:32 WIB

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandarlampung, Adiansyah. Foto: Kiriman WA Adiansyah.

Bandarlampung

Libur Lebaran, Lonjakan Wisata Balam Capai 30 Persen

Kamis, 18 Apr 2024 - 20:38 WIB