BERBAGI

Bandarlampung (Netizenku.com): Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandarlampung mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap pohon-pohon besar yang memiliki potensi untuk tumbang.

Pada Rabu (7/11) siang, pohon kedondong hutan dengan diameter 90 Cm tumbang dan menimpa ruko salah seorang warga di Jalan RE Martadinata, Telukbetung Timur.

Tak hanya merusak ruko yang diketahui milik Mahyuna, pohon kedondong hutan itu juga menutup akses jalan hingga keadaan lalulintas menjadi macet. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun tim dari BPBD membutuhkan waktu cukup lama untuk memotong pohon agar kemacetan dapat terurai.

Meski demikian, BPBD Bandarlampung melalui Sekretaris BPBD, M Rizky mengingatkan masyarakat Kota Tapis Berseri untuk selalu waspada. Karena banyak kejadian seperti itu yang memakan korban, bahkan menyebabkan kematian.

“Tadi ada pohon tumbang lagi, untungnya tidak ada korban jiwa, hanya menimpa ruko milik salah seorang warga dan menutup akses jalan. Kejadian seperti ini jangan disepelekan, karena banyak nyawa melayang akibat tertimpa pohon, apalagi ini memasuki musim penghujan,” kata Rizky saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Dirinya pun meminta agar masyarakat Kota Tapis Berseri melapor jika menemukan pohon yang berpotensi tumbang.

“Berpotensi tumbang itu kalau pohonnya keropos, atau dahan rantingnya terlalu lebat. Kalau hujan tanah akan jadi gembur, yang bahaya kalau ada angin kencang. Bisa lapor ke BPBD ataupun ke Dinas Pertanian,” pungkasnya.(Agis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here