BERBAGI

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Sineas/Film Maker Asal Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Danis Trihastaryo, yang akrab disapa Danis More, meraih prestasi membanggakan dalam lomba film pendek TBC 2020 yang diselenggarakan oleh PR Community TBC-HIV Care ‘Aisyiyah.

Raihan prestasi tersebut dengan menyabet film terbaik, dengan menyingkirkan 9 finalis lainnya yang berasal dari Jogya, Medan, Kebumen, Semarang, Bengkulu dan daerah lain yang turut berpartisipasi. Atas prestasinya tersebut Danis More selain memperoleh piagam dan piala juga mendapat uang pembinaan.

Kepada Netizenku.com, Danis menjelaskan festival ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Milad ‘Aisyiyah dan hari Kebangkitan Nasional 2020, PR Community TBC-HIV Care ‘Aisyiyah menyelenggarakan lomba film pendek dengan tema “Perjuangan Para Pahlawan Tuberkulosis untuk TOSS TB”.

PR TB ‘Aisyiyah, kata dia, ingin memberikan penghargaan bagi para kerja komunitas, dengan membuka kesempatan lomba film pendek bertema perjuangan para pahlawan Tuberkulosis untuk TOSS TB. Tema ini diambil untuk dapat turut serta memberikan apresiasi kepada para pegiat di penanggulangan TB dan secara khusus bagi kelompok terdampak TB itu sendiri (pasien, keluarga pasien, mantan pasen TB) yang telah berupaya pada aksi TOSS TB.

“Film yang kami lombakan ini, menceritakan kisah nyata dari seorang pasien TBC yang mendapatkan perlakuan diskriminasi dari keluarga (istri dan anak-anaknya) yang akhirnya bercerai,” ungkapnya.

Hal inilah, lanjut dia, yang menyebabkan orang tersebut frustasi dan dan kehilangan semangat untuk sembuh. Hingga akhirnya ia tidak mau untuk meminum obat secara teratur.

“Walaupun pihak keluarga (ayah dan kakak perempuanya) selalu menyemangatinya, namun tidak membuahkan hasil. Pada akhirnya pasien ini meninggal dunia,” ulas Danis.

Dengan adanya perlombaan ini, maka diharapkan akan ada pendokumentasian atas perjuangan-perjuangan tersebut untuk saling menguatkan, memotivasi serta menyadarkan pentingnya aksi TOSS TB untuk gerakan menuju Indonesia Bebas TB.

“Kami ucapkan terima kasih atas penghargaan ini baik kepada PR TB ‘Aisyiyah maupun para pihak yang telah membantu dalam pembuatan film ini https://youtu.be/jMDuR9G6FSM,” tutupnya. (Arie/Len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here