oleh

Agus Istiqlal Buka UPSK Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas

Pesisir Barat (Netizenku.com): Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal, membuka secara langsung acara Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) kegiatan rehabilitasi sosial penyandang disabilitas, di Pekon Negeri Ratu Kecamatan Ngambur, Selasa (9/7).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Lampung melalui Sekretarisnya, M. Risco Irawan, memaparkan bahwa UPSK adalah salah satu sarana pelayanan dan rehabilitasi sosial yang berfungsi memberikan layanan konsultasi, pemeriksaan kesehatan, rujukan bagi penyandang cacat atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya.

Baca Juga  PPI Pesibar Lampung Galang Dana untuk Korban Bencana Sulteng

\”Kegiatan UPSK ini sangatlah penting dilaksanakan karena untuk mengetahui kondisi dan data penyandang cacat secara akurat,\” ucapnya.

Dirinya berharap kegiatan UPSK mampu meningkatkan dan memperluas jangkauan kesejahteraan sosial penyandang disabilitas secara lebih adil dan merata melalui kegiatan penyebaran informasi, deteksi dini, konsultasi maupun rujukan dengan melibatkan interdisipliner dan lintas sektoral.

Hal senada juga disampaikan Bupati, bahwa kegiatan UPSK dapat mendorong dan merangsang semua unsur masyarakat agar aktif dalam penanganan penyandang disabilitas, dengan sasaran semua penyandang disabilitas yang mempunyai permasalahan sosial (penyandang disabilitas tubuh, netra, mental, rungu/ wicara, bekas penderita penyakit kronis/ kusta serta TBC) serta PMKS lainnya.

Baca Juga  Gempa Berkekuatan 5,5 SR Guncang Pesisir Barat

\”Mengenai hal tersebut saya mengajak kita semua yang hadir pada kesempatan ini untuk bisa bersinergi dalam menangani permasalahan kesejahteraan sosial masyarakat, sehingga apa yang menjadi visi dan misi Dinsos bisa berjalan sesuai dengan program-program yang sudah direncanakan oleh pemerintah,\” tuturnya.

Dilanjutkannya, mengingat perlunya kerjasama dan kepedulian dari beberapa pihak salah satunya dunia usaha sebagai orang tua angkat yang bisa membantu memberikan keterampilan, usaha serta pekerjaan guna menaikkan taraf hidup masyarakat penyandang disabilitas. (Gus)

Baca Juga  Lomba Pekon Jadi Evaluasi Perkembangan Pembangunan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *