oleh

Polres Lambar Ringkus 12 Orang Tersangka Narkoba

Lampung Barat (Netizenku.com): Jajaran Polres Lampung Barat  (Lambar) berhasil meringkus 12 orang pelaku penyalahgunaan narkoba jenis ganja. Empat diantaranya merupakan narapidana yang mendekam di Lapas Rajabasa Bandarlampung, yakni IB, WW, HE dan AL.

Kapolres Lambar, AKBP Tri Suhartanto didampingi Kasat Reserse Narkoba menjelaskan, selain tahanan Lapas Rajabasa, turut juga diamankan, guide turis Ombak Indah dan Paradise serta vokalis band.

\"\"

\”Para tersangka merupakan tahanan lapas Rajabasa, guide dan vokalis band. Kita amankan di jembatan Bailey di Pekon Mandiri Sejati Kecamatan Krui Selatan Pesisir Barat, Selasa (14/8) sekitar Pukul 02.50 WIB atas dugaan penyalahgunaan narkoba jenis ganja,\” kata Kapolres saat ekspos kasus, Kamis (16/8).

Menurut Tri Suhartanto, penangkapan  tersangka ES (20) yang merupakan guide hotel Ombak Indah dan Paradise di Pekon Tanjung Setia, Pesisir Selatan, berawal dari laporan masyarakat bahwa diduga akan ada transaksi narkoba golongan satu jenis ganja di daerah Pekon Mandiri Sejati.

Baca Juga  Mukhlis Basri Isolasi Mandiri di Tanah Kelahiran

\”Berdasarkan info masyarakat tersebut kita melakukan razia di jalan putus Pekon Mandiri Sejati, dan sekitar Pukul 02.50 tersangka melintas dengan sepeda motor merk Honda No. Polisi B 3276 KDZ, terbukti benar karena setelah dilakukan penggeledahan, dibawah jok motor tersangka ditemukan satu bungkus besar 700 gram daun ganja kering,\” kata Tri Suhartanto.

Setelah dilakukan interogasi kata Kapolres, ES mengaku barang haram tersebut didapat dari RS (24) warga Kelurahan Jemanten Kecamatan Margatiga  Lampung Timur.

\”Berdasarkan keterangan dari tersangka pertama ES, anggota berhasil mengamankan RS sekitar Pukul 03.00 dari Pekon Tanjung Setia, dengan barang bukti satu buah tas ransel yang didalamnya terdapat dua paket ganja, satu unit hp, satu paket bentuk dadu berisi ganja dan satu buah paket bentuk persegi panjang berisi ganja,\” kata dia.

Baca Juga  Bayi Baru Lahir di Lampung Barat Langsung Terima Adminduk 

Kapolres melanjutkan, berdasarkan keterangan RS, ganja tersebut didapatkan dari tersangka IB yang saat ini masih mendekam di Lapas Rajabasa Bandarlampung sebanyak 2 kg ganja kering dan sebagian barang haram tersebut sudah dijual kepada YE (24) warga Pemangku Seranggas Kelurahan Pasar Liwa Balikbukit Lampung Barat.

Dengan modal keterangan yang dihimpun penyidik dari tersangka, pihak kepolisian kemudian melakukan penelusuran kembali dan berhasil mengamankan 6 tersangka lainnya, yaitu YE (24) diamankan di Perum Puri Gading, Bandarlampung, MJ (21) warga Perumdam II Tanjung Raya Permai, Blok M 16 Tanjung Seneng Bandarlampung, MA (21) warga Perumdam II Tanjung Raya Permai Blok H 18 Tanjung Seneng, Bandarlampung. Lalu, AH (24) warga Perumdam II Tanjung Raya Permai Tanjung Seneng, Bandarlampung, RP (22) Mahasiswi warga Wayhalim, Bandarlampung, MB (17) pelajar warga Sekarame Kota Bandarlampung.

Baca Juga  Monitoring Pelaksanaan TMMD, Wadan Puster TNI AD Merasa Puas

Tri Suhartanto menjelaskan, barang bukti yang berhasil diamankan dari para tersangka, yakni satu buah tas yang berisi dua bungkus rokok yang berisi dua linting narkotika jenis ganja sisa hasil pakai yang diamankan dari tersangka AS. Satu buah tas warna hitam berisi satu paket ganja yang dibungkus koran disita dari RP, satu buah gelas plastik berisi narkotika jenis ganja dan tembakau serta satu buah tas warna biru berisi satu paket kecil ganja yang berhasil disita dari AB.

\”Saat ini delapan tersangka dan barang bukti sudah diamankan di Mapolres Lambar untuk penyidikan lebih lanjut, sementara empat lainnya yang merupakan narapidana tetap meringkuk di Lapas Rajabasa Bandar Lampung,\” kata dia. (Iwan)

Komentar