oleh

Kakam Diminta Transparan dalam Penggunaan DD

Tulang Bawang (Netizenku.com):  Bupati Tulang Bwang Winarti, meminta kepada seluruh aparatur kepala kampung untuj menerapkan sistem transparan kepada publik, dalam mengelola tata administrasi keuangan Dana Desa (DD).

\”Sehingga yang dikelola oleh masing-masing kepala kampung saat ini bukan saja banyak, melainkan sangat-sangat mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan program program pembangunan kampung yang diinginkan oleh masyarakat,\” katanya, Minggu (7/4).

Seperti mulai dari kebutuhan program pembangunan di bidang infrastuktur berupa perbaikan jalan dan jembatan termasuk juga di bidang peningkatan perekonomian masyarakat.

\”Semuanya bisa terpenuhi, karena anggaran Dana Desa yang diberikan itu dikelola dan diatur sendiri oleh masyarakat dan juga diperbolehkan untuk membangun usaha kelompok. Karena memang tujuannya bukan saja untuk mensejahterakan akan tetapi untuk mendongkrak perekonomian masyarakat,\”  terangnya.

Baca Juga  Aris Diduga Rangkap Jabatan dan Serongkan Dana Desa

Oleh karena itu mengingat betapa tingginya bantuan anggaran DD tersebut, maka semua perhatian dan pemantauan pihak aparat penegak hukum  juga sangat aktif, untuk memantau baik realisasi anggarannya maupun hasil capaian dari anggaran tersebut.

\”Sebab anggaran Dana Desa yang dikelola itu harus jelas tujuan dan hasilnya. Bahkan semuanya juga harus disesuaikan dan mengacu pada aturan hukum yang berlaku karena anggaran tersebut mutlak milik negara yang harus dipertanggungjawabkan,\” jelasnya.

Baca Juga  Rozali Tantang Hendri Buktikan Kongkalikong Tender

Untuk itu Winarti menegaskan kepada seluruh aparatur kepala kampung harus benar-benar jeli dan teliti, dalam membuat hasil laporan sistem keuangan dana desa tersebut.

Kepala kampung juga harus menggunakan sistem transparan kepada publik dalam mengelola tata administrasi keuangan DD yang sudah di realisasikan

\”Supaya semuanya jelas, tidak ada yang ditutup-tutupi. Karena semua warga berhak mengetahuinya termasuk juga aparat penegak hukum harus mengetahui secara rinci, sehingga laporan keuangan Dana Desa yang di kelola tidak menyimpang dan jelas realisasinya sesuai aturan hukum,\” pintanya dengan nada jelas.

Sementara di tempat bersamaan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Kampung dan Kelurahan (DPMPKK) Tulang Bawang Yen Dahren menambahkan, jika dalam tahun ini guna meningkatkan SDM kepala kampung dalam mengelola tata administrasi keuangan DD, pihaknya telah menggelar kegiatan Workshop Evaluasi Implementasi Versi 2.0 terkait sistem kelola keuangan dana desa tersebut.

Baca Juga  Winarti: TPHD Harus Perhatikan Kondisi Calhaj

\”Tujuannya supaya semua program yang sudah di susun dan di kerjakan menggunakan anggaran Dana Desa tersebut bukan saja tepat sasaran akan tetapi anggarannya juga bisa terlaksana dengan baik sesuai dengan perintah Bupati Tulangbawang agar transparan dan seusia aturan hukum,\” tambahnya singkat. (Armadan).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *