Tak Puas Penjelasan Sekda, DPRD Tubaba akan Panggil SKPD

Redaksi

Selasa, 30 Juni 2020 - 16:51 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Tidak puas dengan penjelasan Sekda, DPRD Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) akan memanggil lima Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di kabupaten setempat yang menjalankan kegiatan refocussing dan realokasi anggaran pencegahan dan penanganan virus Corona atau Covid-19.

Lima SKPD tersebut yakni, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Koperindag, dan Dinas Pertanian.

\”Hari ini kita telah hearing bersama TAPD yang diketuai sekda, terkait penggunaan dana refocussing dan realokasi anggaran pencegahan dan penanganan Covid-19 di Tubaba. Nah, yang terserap dan yang masih tersisa memang sudah dijelaskan oleh pak Herwan Sahri,\” ungkap Ketua DPRD Tubaba, Ponco Nugroho, ST, kepada Netizenku.com, Selasa (30/6).

Menurutnya, hasil penjabaran sekda dalam hearing tersebut, hasil refocussing kegiatan sampai dengan Juni 2020 sekitar Rp10,4 miliar untuk penanganan kesehatan sekitar Rp1,5 miliar (DAK) belum terserap, penyedia jaring pengaman sosial sekitar Rp8,7 miliar belum terserap, dan penanganan dampak ekonomi Rp167 juta sudah terserap sekitar Rp66 juta.

Baca Juga  Apdesi Tubaba Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Tiyuh

Sementara untuk hasil realokasi anggaran senilai Rp30,9 miliar untuk penanganan kesehatan sekitar Rp4,5 miliar sudah terserap sekitar Rp3,4 miliar, penyediaan jaring pengaman sosial sekitar Rp23,7 miliar sudah terserap sekitar Rp7,5 miliar, dan dana penanganan dampak ekonomi sekitar Rp2,5 miliar sudah terserap sekitar Rp1,5 miliar. Sehingga jumlah keseluruhan anggaran yang sudah terserap sekitar Rp12,6 miliar dan masih tersisa dari pagu anggaran sekitar Rp18,3 miliar.

\”Penjabaran sekda ini diterima jajaran tim Badan Anggaran (Banang) DPRD Tubaba. Akan tetapi untuk lebih mengetahui penggunaan secara detail seperti apa, sebagai fungsi pengawasan, DPRD akan memanggil lima SKPD pengguna dana Covid-19 ini,\” tuturnya.

Baca Juga  Baznas Tubaba Bantu Korban Kebakaran di Tiyuh Gunung Menanti

Dia menambahkan, untuk pemanggilan 5 SKPD tersebut akan dilakukan pada pekan depan, sekretariat DPRD terlebih dahulu menyurati 5 kepala SKPD terkait agar hadir dan tidak berwakil.

\”Kita hearingkan pekan depan, memang kami sudah mendapatkan penjelasan dari sekda selaku ketua TAPD, tapikan teknisnya SKPD yang menjalankan, jadi kami mau dengarkan langsung penggunaan anggaran tersebut dari mereka,\” tutupnya.

Herwan Sahri membenarkan bahwa DPRD Tubaba tengah mempertanyakan penggunaan dana refoccusing Covid-19, dari dana yang telah dianggarkan pemerintah daerah hasil realokasi dana APBD tahun 2020 dari tiap OPD hingga senilai Rp30,9 miliar.

Baca Juga  Hari Ibu, TP PKK Tubaba Kunjungi Kecamatan Lambu Kibang

\”Ya, mereka mempertanyakan dana refoccusing dan realokasi, jadi berapa dana yang sudah terealisasi, berapa yang belum, kemudian alokasinya ke mana saja secara detail. Dan itu sudah kita sampaikan dengan DPRD dalam hearing,\” kata dia kepada Netizenku.com di gedung DPRD, Selasa (30/6).

Menurutnya, dana refoccusing dan realokasi dari senilai Rp30,9 miliar hingga saat ini masih tersisa sekitar Rp18 miliar. Dana yang sudah digunakan untuk penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Tubaba sekitar Rp12 miliar.

Dalam hearing tersebut Sekda didampingi Kepala Bappeda, Nopriwan Jaya, BPKAD, Kepala BPPRD, Nahkoda, asisten I, II, dan III, Kepala Bagian Hukum, Sofyan Nur, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Barmawi.(Arie/Len)

Berita Terkait

Novianti-Ana Hadiri Pengajian Rutin PC Muslimat NU di Islamic Centre Tubaba
Firsada Ajak Pramuka Tubaba Tingkatkan Semangat Gotong Royong
Firsada Minta Kepalo Tiyuh Sampaikan Rencana dan Realisasi Anggaran
Kapolres Tubaba Hadiri Pelantikan 9 Pj Kepalo Tiyuh
Novriwan Jaya Serahkan Jabatan Sekda Tubaba ke Bayana
Andi Lian: Lampung Butuh Kepala Daerah yang Miliki Visi Perlindungan Anak
PW IPM Lampung Resmi Lantik PD IPM Tubaba
Lucu dan Uniknya Pilkada Tubaba, Simak di Sini!

Berita Terkait

Jumat, 6 September 2024 - 13:13 WIB

Peduli Sesama, Polres Lamteng Berikan Bansos untuk Warga Membutuhkan

Senin, 2 September 2024 - 15:54 WIB

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Hadiri HUT ke-66 Dusun Sriwaluyo II

Kamis, 22 Agustus 2024 - 20:35 WIB

OJK-Polda Lampung Edukasi Bhabinkamtibmas Bahaya Aktifitas Keuangan Ilegal

Jumat, 16 Agustus 2024 - 17:59 WIB

Musa Ahmad Kukuhkan 40 Anggota Paskibraka Lampung Tengah

Jumat, 16 Agustus 2024 - 17:38 WIB

Sambut Hari Jadi Polwan ke-76, Polres Lampung Tengah Gelar Bhakti Kesehatan

Kamis, 15 Agustus 2024 - 15:17 WIB

Kapolres Lampung Tengah Pimpin Lat Pra Ops Mantap Praja Krakatau 2024

Selasa, 23 Juli 2024 - 20:36 WIB

Operasi Patuh Krakatau 2024, Polres Lampung Tengah Gelar Sidang di Tempat

Kamis, 18 Juli 2024 - 15:06 WIB

Rusmandi Buka Visitasi Evaluasi Pelaksanaan Statistik Sektoral Lamteng

Berita Terbaru

Tulang Bawang Barat

Novianti-Ana Hadiri Pengajian Rutin PC Muslimat NU di Islamic Centre Tubaba

Sabtu, 7 Sep 2024 - 19:27 WIB

Lampung Tengah

Peduli Sesama, Polres Lamteng Berikan Bansos untuk Warga Membutuhkan

Jumat, 6 Sep 2024 - 13:13 WIB