oleh

Ternyata, Minum Kopi Sambil Makan Gorengan Berbahaya

Lampung (Netizenku.com): Gorengan dan kopi adalah kombinasi yang pas untuk menemani bincang-bincang diantara teman atau keluarga, khususnya saat sarapan pagi dan di malam hari.

Sayangnya, dibalik kenikmatan yang ditawarkan oleh gorengan dan kopi ini, ada bahaya yang mengintai bagi kesehatan jika kita kerap melakukannya. Apa sajakah bahaya tersebut?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Guelph, disebutkan bahwa mengkonsumsi kopi setelah makan makanan berminyak layaknya gorengan bisa memicu peningkatan gula darah dengan signifikan.

Baca Juga  Space Adventure, Wahana Menarik Mengenal Tata Surya

Hal ini berarti, kerap mengkonsumsinya akan meningkatkan resiko terkena diabetes.

Ini terjadi karena gorengan kaya akan lemak jenuh yang bisa membuat tubuh kesulitan membersihkan gula dalam aliran darah.

Yang menjadi masalah adalah, kopi juga akan membuat efek samping tersebut semakin memburuk.

Dalam penelitian ini, para partisipan diminta untuk mengkonsumsi makanan berlemak. Enam jam kemudian, para patisipan ini diminta untuk mengkonsumsi minuman yang diberi gula layaknya kopi.

Baca Juga  Tetap Butuh Karbohidrat, Buah Saja Tak Cukup untuk Sarapan

Setelah tubuh para partisipan ini diperiksa, diketahui bahwa tubuh kesulitan dalam memproduksi insulin yang bisa memproses gula dalam darah.

Mereka yang mengkonsumsi makanan berlemak memiliki kadar gula dalam darah 32 persen lebih banyak dari mereka yang tidak mengkonsumsinya. Bahkan, setelah para partisipan ini minum kopi, kadar gulanya meningkat tajam hingga 65 persen.

Baca Juga  Lebih Sehat Telur Setengah Matang atau Matang? Simak

Tak hanya diabetes, lonjakan kadar gula dalam darah juga bisa berimbas pada munculnya penyakit lain seperti penyakit jantung dan kerusakan pembuluh darah arteri.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak minum kopi dan makan makanan berlemak seperti gorengan secara bersamaan. (DokterSehat/lan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *