Ternyata, Minum Kopi Sambil Makan Gorengan Berbahaya

Avatar

Rabu, 26 September 2018 - 07:02 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

(Foto: Ilustrasi/Istimewa)

(Foto: Ilustrasi/Istimewa)

Lampung (Netizenku.com): Gorengan dan kopi adalah kombinasi yang pas untuk menemani bincang-bincang diantara teman atau keluarga, khususnya saat sarapan pagi dan di malam hari.

Sayangnya, dibalik kenikmatan yang ditawarkan oleh gorengan dan kopi ini, ada bahaya yang mengintai bagi kesehatan jika kita kerap melakukannya. Apa sajakah bahaya tersebut?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Guelph, disebutkan bahwa mengkonsumsi kopi setelah makan makanan berminyak layaknya gorengan bisa memicu peningkatan gula darah dengan signifikan.

Baca Juga  Skandal Setoran TPP Guru TK Tanggamus Terbongkar

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hal ini berarti, kerap mengkonsumsinya akan meningkatkan resiko terkena diabetes.

Ini terjadi karena gorengan kaya akan lemak jenuh yang bisa membuat tubuh kesulitan membersihkan gula dalam aliran darah.

Yang menjadi masalah adalah, kopi juga akan membuat efek samping tersebut semakin memburuk.

Baca Juga  Skandal Setoran TPP Guru TK Tanggamus Terbongkar

Dalam penelitian ini, para partisipan diminta untuk mengkonsumsi makanan berlemak. Enam jam kemudian, para patisipan ini diminta untuk mengkonsumsi minuman yang diberi gula layaknya kopi.

Setelah tubuh para partisipan ini diperiksa, diketahui bahwa tubuh kesulitan dalam memproduksi insulin yang bisa memproses gula dalam darah.

Mereka yang mengkonsumsi makanan berlemak memiliki kadar gula dalam darah 32 persen lebih banyak dari mereka yang tidak mengkonsumsinya. Bahkan, setelah para partisipan ini minum kopi, kadar gulanya meningkat tajam hingga 65 persen.

Baca Juga  Pemkab Lampung Selatan Tekankan Sinergi Pusat-Daerah di Hari Otda

Tak hanya diabetes, lonjakan kadar gula dalam darah juga bisa berimbas pada munculnya penyakit lain seperti penyakit jantung dan kerusakan pembuluh darah arteri.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak minum kopi dan makan makanan berlemak seperti gorengan secara bersamaan. (DokterSehat/lan)

Berita Terkait

Skandal Setoran TPP Guru TK Tanggamus Terbongkar
Pemkab Lampung Selatan Tekankan Sinergi Pusat-Daerah di Hari Otda
Kementan Buka Program Pelatihan Petani Muda ke Jepang, Pemuda Lampung Berkesempatan Daftar
HPN 2026, Fatikhatul Khoiriyah: Pers Harus Berani Kawal Demokrasi
Pemkab Lamsel Raih UHC Award 2026 Kategori Pratama
Pemprov dan DPRD Lampung Soroti Kepesertaan 89 Ribu BPJS PBI 2026
Pemprov Lampung Perkuat Kendali Inflasi Jelang Ramadan 2026
Larangan Simbolik Petasan vs Perut Pedagang Kecil yang Berisik

Berita Terkait

Jumat, 12 Juni 2026 - 21:03 WIB

Ketok Palu! DPRD Targetkan 16 Raperda Prioritas dalam Propemperda Lampung 2026

Jumat, 12 Juni 2026 - 13:47 WIB

Lampung Raih WTP ke-12 Berturut-turut

Kamis, 11 Juni 2026 - 20:22 WIB

PKB Lampung Panaskan Mesin Politik, DPP Resmi Tetapkan 15 Ketua DPC Baru

Kamis, 11 Juni 2026 - 19:44 WIB

Dukung Satgas Pertamina, Elnusa Petrofin Pastikan Kelancaran Distribusi Energi hingga Wilayah 3T

Kamis, 11 Juni 2026 - 19:39 WIB

Dukung Swasembada Energi, Elnusa Petrofin Perluas Distribusi dari Hulu hingga Wilayah 3T

Kamis, 11 Juni 2026 - 19:37 WIB

Kunjungi Fasilitas RTC, Ketua KNKT Apresiasi Transformasi Keselamatan Digital Elnusa Petrofin

Kamis, 11 Juni 2026 - 19:34 WIB

Hardiknas 2026, Elnusa Petrofin Bekali Ratusan Pelajar Bali Literasi Digital dan AI

Kamis, 11 Juni 2026 - 18:20 WIB

5 Kloter Tiba, 2.212 Haji Asal Lampung Selamat Kembali ke Tanah Air

Berita Terbaru

Lampung

Lampung Raih WTP ke-12 Berturut-turut

Jumat, 12 Jun 2026 - 13:47 WIB

Tulang Bawang Barat

Kwarcab Pramuka Tubaba Lantik Pengurus PAW, Fokus Kejar Program Strategis

Jumat, 12 Jun 2026 - 10:38 WIB

E-Paper

Lentera Swara Lampung | 160 | Jumat, 12 Juni 2026

Jumat, 12 Jun 2026 - 01:01 WIB