oleh

Satgas Covid-19 Pringsewu Gelar Operasi Yustisi

Pringsewu (Netizenku.com): Satgas Penanggulangan Covid-19 Kecamatan Pringsewu yang terdiri dari aparat TNI-Polri, Kecamatan dan Puskesmas, menggelar operasi yustisi penegakan Protokol Kesehatan (Prokes) di beberapa lokasi terpisah, Senin (23/8).

Operasi yustisi dipusatkan di 3 lokasi yakni di ruas jalan simpang hotel urban Pringsewu, simpang jalan olahraga Kelurahan Pringsewu Barat, dan jalan Kesehatan Kelurahan Pringsewu Timur.

Operasi dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dan pelaksanaan yustisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV di Kota Pringsewu, dengan sasaran pelanggar yang melintas tidak menggunakan masker.

Baca Juga  Fauzi Mengkukuhkan FKUB Kabupaten Pringsewu

Terlihat di lapangan, operasi yang dipimpin Kapolsek Pringsewu Kota, Kompol Atang Samsuri, dengan didampingi Camat Pringsewu, Moudy, masih terdapat masyarakat yang lalai untuk menggunakan masker bahkan ada yang tidak membawanya.

Moudy menjelaskan, kegiatan operasi rutin dilaksanakan dalam rangka penegakan protokol kesehatan. Operasi terus dilakukan dalam upaya menekan angka penyebaran Covid-19 dengan target Pringsewu bisa kembali masuk ke zona hijau.

Menurutnya operasi dilakukan guna memonitoring sekaligus mendisiplinkan warga yang abai dalam menerapkan prokes khususnya dalam hal pemakaian masker.

“jangan sampai lengah dalam menerapkan prokes membuat kita kembali masuk ke zona merah Covid-19” jelas Moudy.

Baca Juga  Sujadi Harap Satpol PP Jadi Garda Terdepan Penegakan Perda

Jadi setiap warga yang kedapatan melanggar prokes kita berhentikan, kemudian diberikan teguran serta imbauan dan juga sanksi antara lain menyanyikan lagu nasional atau push-up, dengan tujuan bukan untuk mempersulit namun supaya menjadi efek jera.

“Sanksi diberikan agar masyarakat memahami dan sadar akan pentingnya menerapkan prokes, paling ringan yakni menggunakan masker setiap beraktivitas di luar rumah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kompol Atang Samsuri menyampaikan, operasi yustisi akan terus digelar selama pandemi Covid-19 masih ada.

Baca Juga  Semangat Gotong Royong Pekon Pujiharjo Wakili Pringsewu di Ajang Provinsi

Jadi dirinya berharap masyarakat untuk turut berkontribusi dalam penanggulangan Covid-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Dengan adanya kesadaran warga, kita berharap pandemi ini segera dapat berakhir, sehingga aktivitas kemasyarakatan dan aktivitas pemerintahan dapat kembali berjalan normal,” tandasnya.

Untuk diketahui operasi yustisi yang digelar selama kurang lebih 3 jam tersebut berhasil menjaring 55 pelanggar prokes yang mayoritas tidak membawa masker atau membawa namun tidak dipakai maskernya. (Rz/leni)

Komentar