BERBAGI

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) kembali memulangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus Corona atau Covid-19 yang telah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tubaba sejak Sabtu (16/5) lalu.

Pasien PDP tersebut berinisial AH (20) Warga Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah. AH terpapar Corona masuk dalam klaster Ponpes Temboro, Magetan Provinsi Jawa Timur.

“Alhamdulillah, hasil swab terhadap pasien AH (20) yang kita observasi di RSUD Tubaba berdasarkan hasil swab yang dikirim tanggal 18 Mei 2020 ke Labkesda Provinsi Lampung dinyatakan negatif (-) Covid-19, AH merupakan orang yang terpapar Corona dari¬†klaster Ponpes Temboro, Magetan Provinsi Jawa Timur,” terang Kepala Dinas Kesehatan Tubaba, Majril, S.Kep.Ns,MM, kepada Netizenku.com, Jumat siang (22/5).

Setelah dinyatakan negatif Corona, Pemkab Tubaba memulangkan AH ke rumahnya dengan tetap dilakukan pemantauan oleh tim medis RSUD setempat selama 14 hari ke depan.

“Kondisi pasien stabil/baik dan tidak ada keluhan kesehatan, sehingga hari ini juga pasien kita pulangkan ke rumahnya dan selama 14 hari tetap melakukan isolasi mandiri di rumah sesuai dengan standar protokol kesehatan,” ujarnya.

Majril menjelaskan, AH merupakan masuk rombongan 17 orang santri yang baru pulang dari pondok pesantren, sehingga gugus tugas Covid-19 Kabupaten Tubaba melalui tim medis melakukan tracking dan melakukan rapid tes para santri tersebut.

“AH masuk rombongan santri yang baru pulang dari Ponpes Temboro. Dari 17 orang yang kami rapid tes, hanya satu yakni AH yang reaktif (positif) bahkan awalnya dia ada keluhan demam tinggi, sehingga pada Sabtu (16/5) lalu kami minta kepada keluarganya untuk diisolasi di RSUD sembari menunggu hasil swab,” paparnya.

AH diisolasi di RSUD Tubaba, lanjut dia, guna menghindari kepanikan dari tetangga dan masyarakat sekitar tempat tinggalnya.

“Awalnya kita advokasi terlebih dahulu keluarganya, setelah mereka menerima agar AH boleh diisolasi di RSUD, malah orang tuanya sendiri yang mengantarkan ke rumah sakit untuk menjalani isolasi dan penatalaksanaan upaya penyembuhan dari terjangkit virus Corona,” pungkasnya. (Arie/Len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here