oleh

Pemprov Akan Segera Perbaiki Catchment Area Batutegi

Bandarlampung (Netizenku.com): Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bersama Tim Percepatan Pembangunan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (TP4K) dan Rumah Kolaborasi merencanakan Workshop Pemulihan Catchment Area Batutegi Tanggamus. Rapat persiapan dilaksanakan di Ruang Rapat Bappeda Provinsi Lampung, Kamis (25/10).

Dalam pengantarnya, Ketua TP4K Lampung Ir. H. Joko Umar Said, mengatakan, bahwa Batutegi sangat strategis dalam pembangunan Lampung, dalam mencukupi Air Baku, Air Irigasi dan Pembangkit Listrik.

Peningkatan produksi gabah kering giling (GKG) sebesar satu juta ton di Provinsi Lampung menjadi tantangan. Karena kebutuhan air irigasi sangat ditentukan kondisi catchment area Batutegi yang saat ini mengalami kerusakan.

Baca Juga  Aliansi Lampung Memanggil Tolak UU Cipta Kerja

Upaya perbaikan telah dan akan terus berlangsung karena rehabilitasi hutan dan lahan tidak dapat langsung menampakkan hasil. \”Perubahan tutupan lahan menuju perbaikan harus secara bertahap nampak menjadi lebih baik,\” ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Asisten Bidang Ekonomi dan Keuangan Setdaprov Lampung, Taufik Hidayat mengatakan, tujuan dari rapat ini adalah mempersiapkan seminar dan workshop untuk mencari solusi terbaik bagi catchment batutegi. \”Sekarang ini catchment Batutegi dalam keadaan rusak, sehingga debit air yang ada mulai menurun. Ini membutuhkan perbaikan segera, karena itu kita adakan rapat dengan beberapa stakeholder terkait untuk menangani persoalan ini,\” jelasnya.

Baca Juga  Pemprov Lampung Berharap Dukungan Komisi IV DPR-RI untuk Kembangkan Potensi Kelautan dan Perikanan Lampung

Ia menjelaskan, catchment Batutegi dari awal pembangunannya diharapkan dapat mengaliri sekitar 60 ribu hektar area persawahan, namun hal itu belum tercapai. \”Dalam kondisi baik saja hal itu belum tercapai, sekarang rusak, makanya harus segera diperbaiki. Karena kalau dibiarkan begitu saja akan memberikan efek lainnya terhadap area persawahan kita,\” pungkasnya.

Untuk diketahui, rapat yang dihadiri oleh OPD Pemerintah Provinsi, Unila, Forum DAS, NGO tersebut, menyepakati Workshop yang nantinya terbentuk forum lintas sektor yang secara khusus membahas upaya pemulihan catchment area batutegi. (Aby)

Baca Juga  Resmikan Balai Wartawan, Gubernur Lampung Berharap Jurnalis Semakin Profesional

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *