Inovasi Motor Pustaka Bhabinkamtibmas di Tubaba Ikuti Pemilihan Polisi Teladan

Redaksi

Kamis, 11 Juni 2020 - 16:38 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Didampingi Wakapolres Tulang Bawang Barat (Tubaba), anggota Bhabinkantibmas Polsek Lambu Kibang,  Brigpol Harianto mengikuti pemilihan polisi teladan yang diselenggarakan Polda Lampung pada 9-10 Juni 2020.

Dalam pemilihan polisi teladan yang diikuti peserta dari seluruh polres dan polrestabes memperebutkan pin Emas untuk juara I, Perak untuk juara II, dan Perunggu juara III yang akan diserahkan langsung oleh Kapolri pada perayaan Hari Bhayangkara 1 Juli 2020 mendatang di Mabes Polri itu, pemaparan inovasi yang dilakukan Brigpol Harianto tersebut dipimpin langsung Wakapolres Tubaba Kompol. Tri Hendro Prasetyo, SH di Mapolda Lampung di Bandarlampung.

Inovasi yang dilakukan Brigpol Harianto guna menjadi polisi teladan bagi masyarakat dan anak bangsa di wilayah kerjanya sangat menarik, dan ini merupakan inovasi yang sangat berbeda dari peserta lain yakni inovasi program motor pustaka Bhabinkamtibmas yang bergerak di bidang literasi.

Bahkan, Brigpol Harianto lebih dari tiga tahun telah menjadi pengerak bagi generasi muda, anak-anak didik dari tingkat Paud, SD, dan tingkat atas, serta masyarakat luas untuk gemar membaca.

Baca Juga  69 Sekolah di Tubaba Terima Dana BOS Afirmasi dan Kinerja 2020

\”Kegiatan budaya literasi di zaman sekarang ini yang kebanyakan anak-anak dan orang dewasa disibukkan dengan gadget, tentunya ini sangat luar biasa. Terlebih, saat revolusi mental digaungkan Bapak Presiden Joko Widodo,  Brigpol Harianto sudah berbuat untuk masyarakat yang lebih luas dengan merubah Mindset (pola pikir) dan mental di masyarakat,\” ungkap Wakapolres Tubaba.

Dia menambahkan, dengan tumbuhnya budaya literasi dan gemar membaca tersebut tentunya akan mencerdaskan kehidupan bangsa,\”Karena dari SDM yang unggul, negara kita dipastikan akan maju dan berkembang,\” singkatnya.

Diketahui pada Rabu 26 Februari 2020, Brigpol Harianto juga pernah menjadi narasumber dalam kegiatan Rapat Koordinas Nasional (Rakornas) bidang Perpustakaan Nasional yang digelar di hotel Bidakara Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan yang dibuka langsung pada hari sebelumnya, Selasa (25/2) oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian didampingi Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando, sekretaris Perpusnas dan para deputinya tersebut, Brigpol Harianto banyak memberikan pencerahan, motivasi dan menceritakan perjuangan dalam menggiatkan literasi di wilayah hukum Mapolsek Lambu Kibang yang meliputi Kecamatan Lambu Kibang dan Way Kenanga, di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Baca Juga  Kapolres Tubaba Pimpin Sertijab Kasat Reskrim dan Samapta

Menurut Brigpol Harianto, pihaknya sangat bersyukur kegiatan literasinya mendapat dukungan dari Kapolsek Lambu Kibang, dan Kapolres Tulang Bawang Barat serta seluruh personil Polres Tulang Bawang Barat, baik dukungan moril dan materil dan bisa lebih maju lagi.

Harianto menceritakan, pihaknya telah menggeluti menjadi relawan literasi melalui wadah Pustaka Bergerak Indonesia (PBI) sejak tiga tahun yang lalu dengan memanfaatkan fasilitas motor dinas dan box untuk membawa buku-buku bacaan tentang dunia anak, buku cerita, dongeng dan ilmu pengetahuan ke sekolah SD dan SMP juga PAUD dan lain ditengah menjalankan tugasnya sebagai anggota kepolisian.

Baca Juga  Diduga Tak Umumkan Sertifikat Hasil, PPS Tubaba Terancam Pidana

“Saya mempunyai semangat untuk menghidupkan lagi pustaka di sekolah sekolah, selama ini disekolah itu memang ada pustaka tetapi tidak hidup, dan dengan rangsangan ini sudah ada beberapa sekolah termotivasi bahkan mempunyai program Jum’at membaca,” paparnya.

Harianto menambahkan, dalam memberikan rangsangan gemar membaca kepada anak-anak, dirinya mengaku tidak serta merta hanya membawa buku dan anak-anak dipersilahkan untuk membaca sesuai keinginannya, tetapi dia juga sambil mengajak anak bermain, ajak bernyanyi, dan sedikit mendongeng.

“Anak-anak banyak yang senang bahkan menunggu kedatangan saya ke sekolahnya. Inilah Hidup saya, saya ketemu dengan dunia saya yang sebelumnya tidak saya dapatkan, dan Alhamdulillah dalam menggiatkan literasi ini dipadukan dengan kerja sebagai Polri. Saya sayang Polri dan ini terus saya jaga kebaikan-kebaikannya di masyarakat dan saya senang bisa bermanfaat untuk orang lain,” ulasnya.(Arie/Len)

Berita Terkait

Sepekan, Tubaba Raih Berbagai Prestasi Tingkat Nasional
Koalisi Partai Non Parlemen Tubaba Resmi Dukung NONA
Sekdakab Tubaba Sampaikan Rancangan KUA PPAS APBD 2025 kepada DPRD
Adu Nasib, Puluhan Guru Honorer Geruduk Kantor Bupati Tubaba
DPRD Tubaba Setujui Raperda Pertanggungjawaban APBD Kabupaten Tahun 2023
Keji, Pasutri Diduga Lakukan Tindak Asusila ke Teman Pekerja
M Firsada Terima Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar Kategori Transformatif
Kajari Tubaba Silaturahmi ke Balai Prof. Bagir Manan PWI

Berita Terkait

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:02 WIB

Pemprov Bakal Gelar Upacara Peringatan Kemerdekaan ke 79 di Kota Baru

Rabu, 17 Juli 2024 - 15:43 WIB

Pj Gubernur Lampung: ASN Harus Memiliki Kemauan Untuk Maju

Rabu, 17 Juli 2024 - 15:30 WIB

Pj Gubernur Lampung Dorong Pengembangan Subsektor Peternakan

Selasa, 16 Juli 2024 - 17:40 WIB

Pj Gubernur Lampung Kukuhkan Mighrul Lappung Bersatu

Selasa, 16 Juli 2024 - 16:27 WIB

Pj Gubernur Lampung Dorong Komitmen Serius dalam Pengelolaan PKB dan BBNKB

Selasa, 16 Juli 2024 - 15:16 WIB

Hingga Saat Ini Tidak Ditemukan Kecurangan PPDB di Lampung

Senin, 15 Juli 2024 - 15:43 WIB

Ombudsman Lampung Atensi Tidak Terjadi Perundungan Selama MPLS

Senin, 15 Juli 2024 - 15:39 WIB

Pj Gubernur Lampung Tinjau OJK dan Bank Lampung

Berita Terbaru

Pj Bupati Tubaba M Firsada, memberi arahan kepada para ASN di lingkup Pemkab setempat pada apel bulanan, Rabu (17/7/2024). (Arie/NK)

Tulang Bawang Barat

Sepekan, Tubaba Raih Berbagai Prestasi Tingkat Nasional

Rabu, 17 Jul 2024 - 20:39 WIB

Lampung Tengah

Tim Divkum Polri Pantau Implementasi HAM di Polres Lampung Tengah

Rabu, 17 Jul 2024 - 18:20 WIB