oleh

Festival Sekala Bekhak Masuk Kharisma Event Nusantara 2022

Liwa (Netizenku.com): Festival Sekala Bekhak yang merupakan ajang tahunan dalam rangka mempromosikan destinasi wisata baik alam maupun budaya, menjadi salah satu dari 110 event yang masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2022.

Kepastian Festival Sekala Bekhak menjadi bagian KEN 2022, disampaikan langsung menteri Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandia S Uno, Selasa (1/3). Masuknya festival yang telah memasuki tahun kedelapan penyelenggaraannya disambut baik Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata setempat.

Kabid Pemasaran pada Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Lampung Barat, Endang Guntoro Canggu, mengatakan, pada tahap awal ada 319 event festival yang terdaftar di Kemenparekraf RI yang berasal dari 34 propinsi.

Baca Juga  Parosil-Mad Hasnurin Beda Haluan Dalam Menyerap Aspirasi

Lalu kata Endang pada kurasi tahap pertama, dari 319 tersisa 171 festival. Pada saat kurasi tahap kedua Lampung Barat menyampaikan presentasi secara langsung terhadap lima orang kurator, masing-masing dari unsur seniman, budayawan, penyelenggara event, akademisi/media dan pemerintah (kemenparekraf).

“Pada kurasi tahap kedua, saya secara langsung ditugaskan untuk menyampaikan presentasi dihadapan lima orang kurator, dengan menjelaskan tentang ide kreatif event, materi/content, pengembangan ekonomi kreatif, kearifan lokal dan chse.

Baca Juga  Cek Penggunaan Anggaran, Tim Supervisi Polda Kunjungi Polres Lambar

“Alhamdulillah, Tahun ini festival Sekala Bekhak kembali ditetapkan sebagai bagian dari KEN, dimana prestasi tersebut juga kita dapatkan pada Tahun 2021, tetapi kalau Tahun lalu hanya Festival Sekala Bekhak, tetapi Tahun ini untuk propinsi Lampung festival Krakatau juga merupakan bagian dari KEN,” kata Endang.

Dengan masuknya Festival Sekala Bekhak menjadi event yang diakui pemerintah pusat, kata Endang harapnya dunia pariwisata di Lampung Barat akan semakin maju, apalagi dua tahun terakhir terpuruk akibat hantaman pandemi Covid-19.

Baca Juga  KONI Lambar akan Gelar Pekan Olahraga Prestasi

“Saat ini dunia pariwisata mulai bangkit, termasuk di Lampung Barat, dengan kembali masuk menjadi bagian KEN mudah-mudahan akan mempercepat pulihnya ekonomi masyarakat dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga Pariwisata Bangkit, Lampung Barat Hebat, Lampung Berjaya, Indonesia Maju,” tandasnya. (Iwan/len)