Pemkab Tubaba Beri Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan

Redaksi

Rabu, 18 April 2018 - 14:07 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Dinas Perpustaan Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menggelar pelatihan petugas pengelola Perpustakaan Sekolah Dasar di balai Tiyuh Pulung Kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Rabu (18/4).

Kegiatan tersebut sebagai ujian agar tenaga pengelola perpustakaan mampu menjalankan pekerjaan atau pelayanannya secara baik dan benar.

Bupati Tubaba, Umar Ahmad mengatakan, pustakawan merupakan ujung tombak dalam pengelolaan dan penyediaan layanan informasi di perpustakaan, pengelolaan perpustakaan tidak hanya menghimpun serta mengelola bahan pustaka atau buku-buku tetapi memiliki ruang lingkup yang luas menyangkut seluruh aspek kehidupan.

\”Pengelolaan perpustakaan harus memenuhi beberapa kriteria yaitu, ketrampilan, ketelitian, kerapian dan kecerdasan, sehingga semua informasi dapat diakses dengan mudah, dengan kondisi sekarang semua sudah memasuki era digital, tentu tugas pustakawan semakin berat dan juga tidak mudah,\” kata Umar, yang diwakili Asisten III Perana Putera.

Baca Juga  Sepuluh Raperda Disahkan DPRD Tubaba

Jika melihat perkembangan perpustakaan dewasa ini, lanjut dia, patutlah kita mensyukurinya. Bahwa perpustakaan sebagai pusat sumber baca masyarakat telah mengalami kemajuan yang menggembirakan. Demikian juga upaya membudayakan minat baca pada masyarakat telah dilakukan di berbagai tempat, baik di pusat maupun di daerah serta seluruh masyarakat.

\”Diharapkan kegiatan ini benar-benar mampu melahirkan pengelola perpustakaan yang profesional dan berkualitas sehingga dapat memberikan layanan yang optimal untuk pemustaka serta memberikan kontribusi nyata terhadap dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Bumi Ragem Sai MangI Wawai,\” paparnya.

Menurutnya, salah satu jalan yang ditempuh dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan adalah meningkatkan minat baca di kalangan para pelajar, upaya ini tentunya akan lebih efektif jika dimulai sejak dini, pemberdayaan perpustakaan sekolah memiliki peran yang besar dalam membina, membiasakan dan memfasilitasi agar minat baca tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan teknologi dewasa ini dimana berbagai bahan pustaka dan dokumen serta informasi dapat dengan mudah diperoleh melalui internet walaupun keakuratan dan validitas datanya terkadang tidak bisa dipertanggungjawabkan, hal ini menjadi tantangan yang berat bagi pengelola perpustakaan.

Baca Juga  Usulan Infarstruktur Jalan Warnai Musrenbang Kecamatan

\”Untuk itu perpustakaan harus didesain sedemikian rupa agar para pemustaka mendapat layangan yang baik, sehingga perpustakaan tersebut menjadi arena yang bersahabat bagi para pengunjung, yang arahnya budaya minat baca bisa terbangun di lingkungan sekolah khususnya Sekolah Dasar,\” pintanya.

Umar berpesan, para peserta pelatihan ini dapat mengikuti seluruh materi yang diberikan para narasumber dengan penuh keseriusan, dan bahkan sebaiknya para peserta dapat selalu pro-aktif dalam menggali ilmu dan pengetahuan yang diberikan oleh para narasumber. \”Sementara, kepada para narasumber pun saya berharap agar dapat memberikan ilmu yang dimiliki kepada para peserta dan juga dapat memberikan pemahaman, sehingga para peserta dapat menyerap materi dengan maksimal,\” harapnya.

Baca Juga  Rini Soemarno Tinjau Kesiapan 3 Ruas JTTS

Kegiatan tersebut dihadiri Kadis Perpustakaan, Kadis Pendidikan, Dinas Perpustakaan Provinsi Lampung, para pejabat eselon, Uspika Kecamatan, tamu undangan dan peserta pelatihan.(Taufik)

Berita Terkait

Novianti-Ana Hadiri Pengajian Rutin PC Muslimat NU di Islamic Centre Tubaba
Firsada Ajak Pramuka Tubaba Tingkatkan Semangat Gotong Royong
Firsada Minta Kepalo Tiyuh Sampaikan Rencana dan Realisasi Anggaran
Kapolres Tubaba Hadiri Pelantikan 9 Pj Kepalo Tiyuh
Novriwan Jaya Serahkan Jabatan Sekda Tubaba ke Bayana
Andi Lian: Lampung Butuh Kepala Daerah yang Miliki Visi Perlindungan Anak
PW IPM Lampung Resmi Lantik PD IPM Tubaba
Lucu dan Uniknya Pilkada Tubaba, Simak di Sini!

Berita Terkait

Jumat, 6 September 2024 - 13:13 WIB

Peduli Sesama, Polres Lamteng Berikan Bansos untuk Warga Membutuhkan

Senin, 2 September 2024 - 15:54 WIB

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Hadiri HUT ke-66 Dusun Sriwaluyo II

Kamis, 22 Agustus 2024 - 20:35 WIB

OJK-Polda Lampung Edukasi Bhabinkamtibmas Bahaya Aktifitas Keuangan Ilegal

Jumat, 16 Agustus 2024 - 17:59 WIB

Musa Ahmad Kukuhkan 40 Anggota Paskibraka Lampung Tengah

Jumat, 16 Agustus 2024 - 17:38 WIB

Sambut Hari Jadi Polwan ke-76, Polres Lampung Tengah Gelar Bhakti Kesehatan

Kamis, 15 Agustus 2024 - 15:17 WIB

Kapolres Lampung Tengah Pimpin Lat Pra Ops Mantap Praja Krakatau 2024

Selasa, 23 Juli 2024 - 20:36 WIB

Operasi Patuh Krakatau 2024, Polres Lampung Tengah Gelar Sidang di Tempat

Kamis, 18 Juli 2024 - 15:06 WIB

Rusmandi Buka Visitasi Evaluasi Pelaksanaan Statistik Sektoral Lamteng

Berita Terbaru

Tulang Bawang Barat

Novianti-Ana Hadiri Pengajian Rutin PC Muslimat NU di Islamic Centre Tubaba

Sabtu, 7 Sep 2024 - 19:27 WIB

Lampung Tengah

Peduli Sesama, Polres Lamteng Berikan Bansos untuk Warga Membutuhkan

Jumat, 6 Sep 2024 - 13:13 WIB