oleh

Staf Sekretariat Wapres Kunjungi Pringsewu

Pringsewu (Netizenku.com): Bupati Pringsewu, Sujadi didampingi Wakil Bupati Pringsewu, Fauzi, menerima kunjungan kerja jajaran Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Sekretariat Wakil Presiden RI di ruang rapat Bupati Pringsewu, Kamis (19/4).

Asisten Deputi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Kementerian Sekretariat Negara Sekretariat Wakil Presiden RI, Sri Mulyani, mengatakan kunjungan kerja ke Kabupaten Pringsewu adalah dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi deputi bidang dukungan kebijakan pemerintahan sekretariat wakil presiden RI, guna memperoleh data dan informasi terkait bidang pengawasan sebagai bahan masukan rekomendasi kebijakan kepada wakil presiden (wapres).

\”Sebagai informasi, kunjungan kerja kami difokuskan pada perkembangan implementasi SAKIP, serta strategi peningkatan kapabilitas APIP dan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Pringsewu,\” katanya.

Baca Juga  Lantik Dua Pejabat, Sujadi Kosongkan Posisi Kadiskes Saat Wabah Covid-19

Selain Sri Mulyani, turut hadir Kepala Sub Bidang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah, Sri Sukapti, Kepala Sub Bidang Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah, Putri Manisya, serta Kepala Sub Bidang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Kementerian/Lembaga, Dian Kusumawardani, dari Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia pada Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Menanggapi maksud kedatangan mereka, Bupati Pringsewu, Sujadi mengatakan, Inspektorat Kabupaten Pringsewu sebagai Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dalam pemerintahan di Kabupaten Pringsewu, saat ini sedang berupaya untuk dan terus melaksanakan perbaikan pengawasan dan penjaminan mutu pengawasan dan peningkatan kapabilitas APIP, yang sedang menuju level 3, serta peningkatan penilaian maturitas SPIP yang sudah berada di level 3 secara Self Assessment. \”Dalam penilaian evaluasi terhadap LAKIP oleh Permenpan, Kabupaten Pringsewu mendapatkan nilai C.C. (50,67). Oleh karena itu.  Inspektorat Pemkab Pringsewu akan terus berusaha menjalankan pendampingan bersama Bagian Organisasi juga Bappeda Pringsewu sebagai leading sector dalam perencanaan, serta  ikut berperan aktif dalam mempertahankan opini BPK terhadap LKPD Kabupaten Pringsewu yaitu WTP,\” ujarnya.

Baca Juga  Pringsewu Efisiensi 30 Persen Anggaran untuk Tangani Covid-19

Bupati berharap, peranan Inspektorat  Kabupaten Pringsewu dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan  yang baik dan bersih (Good and Clean Governance),  berdaya guna dan bertanggungjawab sehingga pengawasan yang dilakukan dapat lebih profesional, akuntabel, dan independen.

Sementara, Inspektur Kabupaten Pringsewu, Endang Budiati menambahkan, lnspektorat Kabupaten Pringsewu saat ini terdiri dari 13 P2UPD, 13 JFA, 7 tenaga struktural, 3 calon auditor, 3 staf berstatus PNS, serta 12 pegawai honor, dengan jumlah keseluruhan pegawai inspektorat Kabupaten Pringsewu sebanyak 51 orang. \”Para pimpinan daerah, bupati dan wakil bupati Pringsewu sangat mendukung program pengawasan berbasis resiko,\” ujarnya lagi.

Baca Juga  Pringsewu Sosialisasi PPKM Mikro dan Optimalisasi Posko Penanganan Covid-19

Pada kesempatan tersebut, Bupati Pringsewu, Sujadi juga memberikan cinderamata kepada jajaran Kementerian Sekretariat Negara RI yang secara simbolis diterima oleh  Asisten Deputi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan  Kementerian Sekretariat Negara Sekretariat Wakil Presiden RI, Sri Mulyani. (Darma)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *