oleh

Sambut HUT TNI, Kodim 0424/TGM-Pemkab Pringsewu Gelar Bakti Sosial

Pringsewu (Netizenku.com): Menyambut HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kodim 0424/TGM bersama Pemerintah Kabupaten Pringsewu menggelar kegiatan Bakti Sosial pemberian paket stunting.

Kegiatan yang digelar di Taman Wisata Cakra Pesona, Pekon Pamenang, Kecamatan Pagelaran, Pringsewu, Kamis (29/09) ini dibuka oleh Pj.Bupati Pringsewu diwakili Sekda Pringsewu Drs.Heri Iswahyudi, M.Ag.

Tampak hadir, Plt. Pabung Pringsewu Kapt. Inf. Redi Kurniawan, mewakili Dandim 0424/TGM, anggota DPRD Pringsewu Hartono Rosadi, Kepala BKKBN Provinsi Lampung yang diwakili Koordinator Pengendalian Penduduk Sri Rejeki, Kadis Kesehatan Pringsewu dr.Ulinoha, Kadis P3AP2KB Drs.Nang A. Hasan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVLI Kodim 0424 Ny.Micha Arruan, Pimpinan Bank Lampung Pringsewu dan General Manager Urbanstyle by Frontone Hotel, Camat beserta Uspika dan Kapekon beserta tokoh masyarakat setempat.

Membacakan sambutan tertulis Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, Sekda Pringsewu Drs.Heri Iswahyudi, M.Ag. berharap kegiatan bakti sosial pemberian paket stunting sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-77 TNI, dapat mendorong peningkatan taraf kesehatan masyarakat, khususnya di Pekon Pamenang, yang nantinya akan turut berperan dalam kemajuan pembangunan Kabupaten Pringsewu.

Baca Juga  Kantor Pekon Dikunci BHP, Pelayanan Kantor Pekon Karangsari Lumpuh

“Terutama mengingat sasaran kegiatan yakni anak-anak dan wanita hamil, dimana upaya penurunan stunting memerlukan penanganan terpadu, melalui dua intervensi, yaitu intervensi gizi spesifik, untuk mengatasi penyebab langsung, dan intervensi gizi sensitif, untuk mengatasi penyebab tidak langsung,” katanya.

Selain itu, juga diperlukan prasyarat pendukung yang mencakup komitmen politik dan kebijakan untuk pelaksanaan, serta keterlibatan pemerintah dan lintas sektor. Ia berpesan kepada para penerima bantuan agar dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

“Semoga sinergitas yang terjalin dengan baik hingga hari ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” harapnya.

Sedangkan Dandim 0424/TGM Letkol Arm.Micha Arruan yang diwakili Perwira Penghubung Kabupaten Pringsewu Kapt. Inf. Redi Kurniawan mengatakan, selain perang, tugas TNI salahsatunya adalah membantu pemerintah dalam menyukseskan program-program yang ada.

Baca Juga  Sujadi Lantik Pj Sekdakab Pringsewu, Hasan Basri

Program nasional yang sekarang sedang digulirkan adalah pengentasan masalah stunting. “Terimakasih atas dukungan dan sinergitasnya, sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan pemberian bantuan untuk stunting ini,” ucapnya.

Selain kegiatan pemberian bantuan Paket Stunting, lanjut Redi, kegiatan lainnya dalam rangka HUT ke-77 TNI adalah pemberian santunan bagi para purnawirawan, warakawuri serta veteran.

“Kemudian kegiatan donor darah, serta pembersihan rumah-rumah ibadah dan sungai, dimana seluruh Koramil di wilayah Kodim 0424/TGM yang meliputi Kabupaten Pringsewu dan Tanggamus juga menyelenggaraka,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BKKBN Provinsi Lampung yang diwakili Koordinator Pengendalian Penduduk Dra.Sri Rejeki mengatakan diperlukan sinergi dan peran berbagai pihak untuk dapat mencapai target penurunan stunting, diantaranya jajaran TNI dan lintas sektor.

Terlebih, kata Sri, beberapa waktu lalu Kepala BKKBN dan Panglima TNI melakukan kick-off kolaborasi percepatan penurunan stunting yang digelar di Puri Ardhya Garini Jakarta Timur.

Baca Juga  Tim Gabungan Lakukan Operasi Yustisi di Jalinbar

“Hal ini menandakan perhatian pemerintah terhadap masalah percepatan penanganan stunting menjadi salahsatu prioritas, mengingat stunting merupakan ancaman terhadap peningkatan kualitas SDM, yang berdampak pada tingkat kecerdasan, kerentanan terhadap penyakit menurunkan produktifitas, menghambat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan angka kemiskinan serta kesenjangan,” katanya.

Oleh karena itu, dalam rangka membangun ketahanan keluarga secara utuh di berbagai bidang, maka BKKBN bersama lintas sektor bersama-sama mewujudkan Kampung Keluarga Berkualitas.

“Melalui pemberdayaan dan penguatan Kampung Keluarga Berkualitas, diharapkan menjadi episentrum program Bangga Kencana dan program strategis lainnya dalam mewujudkan keluarga berkualitas,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan Demo Masak Makanan Sehat Dapur Sehat Atasi Stunting (Dahsyat) oleh Perkumpulan Chef Profesional Indonesia dan BKKBN. (Rz/Len)