oleh

Persiapan JOTA-JOTI 2021, Kwarcab-ORARI Pringsewu Adakan Technical Meeting

Pringsewu (Netizenku.com): Sebagai persiapan mengikuti Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet (JOTA dan JOTI) 2021 pada 15-17 Oktober 2021 mendatang, Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pringsewu bersama Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal setempat mengadakan technical meeting di SMK 2 Mei Pringsewu, Senin (11/10).

Acara diikuti anggota yang akan mengikuti JOTA JOTI menghadirkan narasumber, diantaranya Indera Enter (YD4XGT) dan Supriyantomo (YD4XPL) dari ORARI Lokal Pringsewu.

Baca Juga  Pringsewu Gelar Webinar Siaga Bencana Menghadapi Cuaca Ekstrim

Pada kesempatan tersebut, para peserta diberikan bimbingan serta praktik tata cara berkomunikasi menggunakan perangkat radio amatir.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka sekaligus Ketua ORARI Lokal Pringsewu, Dr.Fauzi (YD4SJB) berharap para peserta dapat mengikuti setiap kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memahami materi yang diberikan, yang tentunya sangat penting dan berguna sebagai bekal untuk dapat mengikuti JOTA JOTI 2021 nanti.

Baca Juga  Polres Pringsewu Lakukan Pengawalan dan Pengamanan Vaksin Covid-19

Ia menambahkan secara teknis, kegiatan JOTA menggunakan perangkat radio amatir, dengan mode CW (morse), maupun SSB, pada high frequency (HF) yakni gelombang 40 dan 80 meter band, dalam rangka memperkenalkan dunia amatir radio dan membantu anggota pramuka (scout) untuk dapat berkomunikasi dengan sesama anggota pramuka lainnya di seluruh dunia.

Sambungnya untuk JOTA JOTI nasional tentunya dengan sesama anggota pramuka dari berbagai provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia melalui perangkat radio amatir.

Baca Juga  Impor dari China, 600 Peti Anggur di Pringsewu Lampung Mengandung Formalin

“JOTI yang pada prinsipnya sama dengan JOTA, namun sesuai dengan namanya Jamboree On The Internet, tentu perangkat yang digunakan adalah melalui internet,” jelasnya.

Diketahui JOTA-JOTI merupakan kegiatan kepramukaan yang banyak diminati dan selalu dinanti-nantikan oleh para pramuka (scout) di seluruh dunia. (Rz/len)

Komentar