BERBAGI

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba), Umar Ahmad, SP, menyambut kunjungan kerja Pemkab Sarolangun, Provinsi Jambi terkait pengelolaan Hijauan Pakan Ternak (HPT) untuk pengembangan sapi limousin berlangsung di Cafe Uluan Nughik, Rabu, (20/1).

Dalam menyambut Kunjungan Pemkab Sarolangun, Umar Ahmad didampingi Asisten II Ekonomi Pembangunan, Kadis Peternakan, Kadis Perikanan, Kadis PUPR, Kadis Kominfo dan beberapa kepala dinas terkait. Sementara dari Pemkab Sarolangun, Provinsi Jambi dipimpin  Wakil Bupati Sarolangun, Hi. Hilalatil Badri berserta Ibu Wakil Ketua TP-PKK, Sekretaris Daerah Kabupaten Sarolangun, Ir. Endang Abdul Nasir, dan seluruh rombongan.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan kajian atau studi banding terkait pengolahan HPT untuk pengembangan sapi limousin, yang sudah diterapkan oleh Dinas Peternakan Tubaba selama ini.

Dalam sambutannya, Umar Ahmad memaparkan sejarah dan filosofi bangunan-bangunan yang menjadi ikon Kabupaten Tubaba, serta pengembangan ternak sapi limousin di Tubaba.

Pemkab Tubaba menyambut baik kedatangan jajaran pejabat Sarolangun tersebut, karena selain tujuan kunjungan kerja, momen ini juga sebagai bentuk silaturahmi dan memperkenalkan wilayah Tubaba.

Wakil Bupati Sarolangun, Hilalatil Badri, mengatakan pihaknya sangat mengagumi pembangunan yang ada di Kabupaten Tubaba dan berharap bisa menjalin hubungan yang baik antar Pemerintah Daerah keduanya untuk bersama-sama memberikan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, tujuan utama kedatangan mereka ke Tubaba adalah mempelajari pengolahan HPT yang mampu menghasilkan sapi-sapi limousin yang sehat dan baik, dikarenakan jika melihat iklim atau cuaca di Tubaba hampir sama dengan iklim di Sarolangun.

“Kami melihat potensi yang ada di Tubaba, khususnya peternakan tersebut cukup maju dan lebih baik, untuk itu kami ingin melihat dan mempelajari apa saja komposisi pakan yang diberikan pada ternak masyarakat binaan Dinas Peternakan setempat, sehingga menghasilkan produk-produk berkualitas. Oleh karenanya kunjungan ini hanya sehari saja, tetapi akan ada tim dari Dinas Peternakan dan TPHP Sarolangun yang akan tinggal hingga besok Kamis, untuk mempelajarinya,” singkatnya.

Dalam rangkaian kegiatan yang sama dilanjutkan meninjau lokasi peternakan sapi limousin milik masyarakat dengan jenis sapi limousin di Tiyuh (Desa) Pulung Kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah, dan Tiyuh Sumberejo, Kecamatan Tumijajar, serta meninjau beberapa icon destinasi wisata yang ada di Tubaba. (Ar/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here