oleh

Pekon Sukoharjo 4 Adakan Pelatihan Hidroponik untuk Kesejahteraan Ekonomi

Pringsewu (Netizenku.com): Dalam rangka penyelenggaraan program yang tertera dalam RPJM Desa, RKPDesa Tahun 2021 dan APBDesa Tahun 2021, serta guna terealisasinya Program Pemberdayaan Masyarakat maka diadakannya Kegiatan Pelatihan Hidroponik, dengan tujuan Untuk memahami tentang perawatan tanaman pada Hidroponik dan untuk mengetahui Tata cara pelestarian dalam Hidroponik, di Aula Bumdes Pekon Sukoharjo 4, Sabtu, (27/11).

Kegiatan pelatihan organik yang dilakukan di Pekon Sukoharjo 4 Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu, dengan Narasumber Fahmi berasal dari Nok Hidroponik (Penggerak Hidroponik) dan Pemateri selanjutnya Sugiyani Ketua KWT Kabupaten Pringsewu.

Fahmi dalam pemaparannya mengatakan sasaran kegiatan tersebut adalah meningkatkan kapasitas masyarakat dalam pelestarian tanaman hidroponik, untuk mengenai bagaimana proses pengelolaan atau pembudidaya tanaman hidroponik agar masyarakat mampu memanfaatkan lahan yang tidak terlalu luas dengan sistem penanaman hidroponik.

Baca Juga  72 Mahasiswa FEB Umpri Ikuti Kegiatan Praktik Komunikasi Pekerjaan

“Teknik penanaman hidroponik memiliki 6 teknis yang masing-masing dari teknik penanaman memiliki kekuatan dan kelebihan,” kata Fahmi.

Fahmi pun langsung memberikan praktik mengenai penanganan yang memanfaatkan galon bekas yang mudah ditemui dan harganya juga terjangkau.

“Selain itu juga sistem sirkulasi tanaman hidroponik karena sirkulasi air harus benar-benar diperhatikan karena mempengaruhi hasil akhir dari tanaman yg ditaman dengan media hidroponik,” ujarnya.

Baca Juga  Sujadi Resmikan 3 TPS3R Kabupaten Pringsewu

Lain halnya dengan Sugiyani dari Ketua KWT Kabupaten Pringsewu, yang memberikan arahan dan penjelasan mengenai Kelompok Wanita Tani di Pekon Sukoharjo 4, yang selama ini sudah ada KWT tetapi masih vakum sehingga diaktifkan reorganisasi.

“Dengan adanya pelatihan hidroponik sekaligus bertujuan untuk menggerakkan langsung KWT yang sedang tidak aktif untuk digerakkan agar KWT di pekon tersebut bangkit lagi,” ungkapnya.

Kepala Pekon Sukoharjo 4, Kamsidi dalam membuka acara ini sangat berterima kasih dengan adanya Kegiatan Pelatihan Ekonomi Produktif Masyarakat adalah Tim Pelaksana Kegiatan Pekon Sukoharjo 4 yang para peserta sangat antusias bisa mengikuti kegiatan sampai selesai dan bisa di buktikan dalam praktek. Sementara untuk pembiayaan kegiatan tersebut yang bersumber dari dana desa tahun 2021.

Baca Juga  BPN Serahkan Sertifikat 100 Bidang Tanah Milik Pemkab Pringsewu

“Kegiatan ini bisa meningkatkan taraf kesejahteraan dan pelestarian lingkungan di masyarakat, hal tersebut semoga bisa berlanjut kedepannya,” harapnya.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Pekon Sukoharjo 4 Kamsidi, Fahmi selaku Pemateri, Sugiyani Ketua KWT Kabupaten Pringsewu, Ketua TP PKK Rubiyem, Carik Marhasan serta Jumlah Peserta dalam kegiatan tersebut adalah Masyarakat dari para pengurus KWT yang berjumlah 25 orang. (Rz/len)