oleh

Kapolsek Gadingrejo Buka Lomba Seni Suara Burung Perkutut Menyambut HUT RI ke-77

Pringsewu (Netizenku.com): Kapolsek Gadingrejo Iptu Anwar Mayer Siregar, SH, mewakili Kapolres membuka lomba seni suara gacoran perkutut lokal alam, di Pekon Mataram, Kecamatan Gadingrejo, Minggu (14/8).

Dibukanya lomba itu ditandai dengan prosesi pelepasan 17 ekor burung perkutut ke alam bebas sebagai simbol kepedulian pelestarian satwa. Sementara jumlah 17 ekor burung melambangkan perayaan kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

Lomba dihadiri Uspika Kecamatan Gadingrejo, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan para pecinta burung perkutut dari berbagai daerah.

Baca Juga  Polres Pringsewu Dalami Kasus Pemerasan Video Asusila

Iptu Anwar Mayer Siregar mengatakan, pihaknya mengapresiasi penyelenggaraan lomba ini karena bisa menyatukan peserta dari berbagai daerah, selain menyalurkan hobi juga menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Burung perkutut adalah salah satu simbol kelestarian budaya Jawa. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk meneruskan dan menjaganya agar tetap menjadi budaya,” ujarnya.

Lomba tersebut, katanya meneruskan, adalah ajang yang ditunggu-tunggu oleh pencinta Burung Perkutut. Pasalnya baru sekali ini berlangsung di Kabupaten Pringsewu.

Baca Juga  Pringsewu Gelar Diskusi Penanganan Covid-19

“Kita patut bersyukur, akhirnya Kabupaten Pringsewu bisa melaksanakan event bergengsi ini,” jelas Iptu Anwar Mayer

Selain itu, ia juga mengajak peran serta masyarakat khususnya generasi millenial agar lebih mencintai dan melestarikan burung perkutut dengan tujuan budaya.

“Burung perkutut ini memiliki keunikan tersendiri, ibarat sebuah barang ini kategori klasik. Banyak kalangan ningrat yang memeliharanya. Alangkah baiknya juga generasi millenial dapat ikut melestarikannya,” imbuhnya

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah Kabupaten Pringsewu yang juga ketua komisi 1 DPRD Kabupaten Pringsewu, Anton Subagio mengatakan, lomba perkutut lokal ini diadakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-77, sekaligus launcing pengurusan Perkumpulan Pelestari Pecinta Perkutut Seluruh Indonesia (P4LSI) Korwil Kabupaten Pringsewu.

Baca Juga  Polres Pringsewu Gelar Apel Bersama Satpam

Menurut Anton, lomba ini diikuti lebih dari 200 peserta dari berbagai daerah se-Provinsi Lampung. Lomba seperti ini bagus sebagai ajang silaturahmi dan persaudaraan pemilik perkutut.

“Selain untuk lebih memeriahkan HUT kemerdekaan RI, lomba ini untuk memperkenalkan keberadaan organisasi P4LSI Kabupaten Pringsewu. (Rz/Len)