BERBAGI

Liwa (Netizenku.com): Rencana bupati Lampung Barat akan melakukan “cuci gudang” jabatan eselon IV, III dan II B, di lingkungan Pemkab mendapat dukungan dari Ketua Fraksi Partai Golkar, Ismun Zani.

“Kami sangat mendukung kalau pak bupati akan melakukan penataan ulang pejabat di Lampung Barat, bahkan wacana akan cuci gudang itu merupakan keharusan, karena masih banyak pejabat di Lampung Barat yang tidak paham pekerjaannya sendiri,” kata Ismun, Selasa (29/1).

Sebagai contoh kata Ismun yang juga ketua DPD II Partai Golkar Lampung Barat, saat pembahasan di DPRD, baik yang sifatnya hearing atau rapat dengar pendapat (RDP) apalagi pembahasan tentang RAPBD sering terhambat. Hal tersebut dasar utamanya adalah ketidakpahaman sebagian pejabat atas tugas dan tanggungjawabnya.

“Ada benar pejabat ketika kita tanya tentang program yang sudah dan akan dilakukan tidak paham atau mengerti, sementara itu merupakan kegiatan di OPD yang dia pimpin, sehingga kejadian tersebut menghambat agenda rapat, karena ketika yang bersangkutan tidak paham hearing atau pembahasan RAPBD atau kegiatan lain kita tunda,” jelas Ismun.

Untuk itu kata Ismun, kedepan bupati jangan memberikan jabatan kepada orang yang tidak mempunyai kompetensi atau dedikasi, apalagi sifatnya coba-coba, maka bupati dalam memberikan amanah harus berdasarkan kemampuan.

“Saya yakin banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lampung Barat yang sudah memenuhi syarat kepangkatan yang mampu dan mau bekerja, mempunyai jiwa inovatif dan kreatifitas. Jadi kalau memang mau cuci gudang bupati tidak boleh ragu. Bila perlu lakukan uji kompetensi sehingga yang akan menduduki suatu jabatan betul-betul orang yang tepat, dan jauh dari kata coba-coba,” jelas Ismun.

Masih menurut politisi muda yang mengawali karier sebagai jurnalis tersebut, apabila ASN yang diberikan jabatan ASN yang betul-betul cakap, itu akan meringankan kerja bupati dalam mewujudkan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera dan mempercepat tercapainya visi dan misi.

“Seorang pejabat harus mampu menerjemahkan dan menjalankan visi misi bupati, bukan orang yang tidak mampu menjabarkan apa program yang sudah dan akan dijalankan. Dan apabila sudah menempatkan orang yang tepat, maka kerja bupati akan semakin ringan, dan yang pasti¬† cita-cita menjadikan Lampung Barat hebat dan sejahtera akan segera kita rasakan,” tandasnya. (Iwan/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here