oleh

Hindari Covid-19, Walikota Metro Minta RT-RW Data Pendatang

Metro (Netizenku.com): Walikota Metro, Wahdi, meminta perangkat Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) mendata pendatang dari luar wilayah di lingkungan setempat.

Wahdi mengatakan, upaya tersebut bertujuan agar pendatang di Kota Metro terdata dan dipastikan aman dari Covid-19.

“Seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat harus bergerak bersama-sama dalam memutus rantai penularan virus Corona ini. Jadi setiap orang yang keluar masuk setiap kecamatan, harus lapor ke RT dan RW. Petugas RT, RW juga harus tanggap apabila ada orang luar daerah yang datang ke wilayahnya,” kata Walikota Metro, Rabu (26/5).

Baca Juga  Pemkot Tantang Futsal PWI Metro

Wahdi mengimbau, penanganan pertama jika ada orang yang mengalami gejala batuk, demam dan sesak nafas dan ada riwayat perjalanan, maka pelayanan dilaksanakan di tempat khusus.

“Jika hasil pemeriksaannya menunjuk ke gejala ringan, maka pasien akan dianjurkan untuk isolasi selama 14 hari dengan terus berkomunikasi dengan petugas kesehatan. Jika pasien dengan gejala serius maka pasien akan dirujuk ke rumah sakit,” ujarnya.

Baca Juga  Diduga Terima Cecaran dan Kritik Pedagang, Kadis Pasar Metro Sakit Jantung

Selain itu, Wahdi meminta pengurus KTN di wilayah masing-masing rutin berkoordinasi langsung dengan RT dan RW dalam penanggulangan Covid-19.

“Jangan lupa, pemberlakuan pembatasan dalam skala mikro tetap diberlakukan di setiap kecamatan dan juga kelurahan,” ucapnya.

Walikota menambahkan, ke depan pihaknya akan rutin melakukan evaluasi dan monitoring untuk mengecek kesiapsiagaan kelurahan dan kecamatan dalam penanganan pasien Covid-19.

Baca Juga  Metro Lakukan Penertiban di Pasar Tradisional

“Fasilitasnya juga harus sesuai standar kesehatan, termasuk kesiapan peralatan, bahan medis habis pakai, dan sumber daya manusianya,” pungkasnya. (Rival/len)

Komentar