Hardasyah: Media Bagian dari Deteksi Awal Persoalan di Masyarakat Terutama Stunting

Leni Marlina

Kamis, 2 Mei 2024 - 10:10 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tanggamus (Netizenku.com): Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3A & P2KB, Kabupaten Tanggamus, Hardasyah mengatakan, peran awak media sangat diharapkan dalam mendeteksi lebih awal apa yang dialami warga (masyarakat) khususnya masalah stunting, sehingga segera ditangani.

Menanggapi informasi awak media terkait pemberitaan balita Rifaya Azahra Luana (Azahra) berusia 14 bulan, namun hanya memiliki bobot badan 4,6 kilogram, Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Tanggamus masih berkoordinasi dengan TPK pekon guna mendalami penyebab pastinya. Rabu (1/5).

“Menanggapi, apa yang sedang dialami ananda Azahra, warga Pekon Sinarsekampung, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, TPPS sedang koordinasi dengan TPK (Tim Pendamping Keluarga) di tingkat pekon, dan juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinkes serta Dinsos,” jelas mantan Camat Pugung, Kabupaten Tanggamus ini via pesan instan WhatsApp.

Untuk di tingkat pekon sendiri sambung Hardasyah, TPK terdiri dari bidan desa, kader dan anggota TP PKK pekon. Sinergi dan koordinasi yang baik pasti akan berbuah manis.

“Jadi beri kami waktu, biar kawan-kawan (tim) bekerja, Insya Allah dalam waktu secepatnya dinas terkait juga akan melakukan tindakannya, kedepan kami pun sangat berharap, peran rekan-rekan media kiranya dapat secara up date menginformasikan ke kami, supaya apa yang terjadi dan dialami warga (masyarakat) dapat dideteksi lebih awal dan cepat, sehingga penanganannya pun kita harapkan lebih baik,” harapnya.

Baca Juga  SMKN 1 Kotaagung Barat Torehkan Prestasi Membanggakan

Hardasyah menambahkan, bahwa kondisi stunting di Kabupaten Tanggamus ada penurunan dari tahun ke tahun, bahkan lebih rendah dari target nasional, yang ditetapkan 17,26% Tanggamus secara Prevalensi (red-gambaran) tahun 2023 menjadi 17,1%.

“Perlu juga kami sampaikan bahwa Kabupaten Tanggamus prevalensi stunting tahun 2021 sebesar 25,6 % atau yang tertinggi di Provinsi Lampung. Akan tetapi secara berlahan, kondisi tersebut mengalami penurunan di tahun 2022 prevalensi stunting menjadi 20,4%. Alhamdulilah di tahun 2023 prevalensi kembali mengalami penurunan menjadi 17,1%, penurunan tersebut bahkan lebih rendah dari target yang telah ditetapkan secara nasional yaitu 17,26%,” bebernya.

Baca Juga  3 Tersangka Penyalahguna Narkoba Dilimpahkan ke Kejaksaan Tanggamus

Melihat kondisi tersebut, tentunya tidak bisa kita pungkiri, masih ada keluarga beresiko stunting bahkan anak stunting. Untuk itu kami (TPPS) selalu berusaha menurunkan prevalensi stunting, karena kami menyadari selama masih ada pernikahan, kehamilan, dan kelahiran, maka potensi stunting juga akan tetap ada. Inilah juga yang menjadi tugas kita, untuk dapat mengubah perilaku, dengan 8000 Hari Pertama Kehidupan (HPK),” tutup Hardasyah. (Arj)

Berita Terkait

Hendra Wijaya Mega: BUMD Wajib Audit Independen
15 Tahun Tak Setor Dividen, PT AUTJ Berdalih Rugi
Bawaslu Tanggamus Rampungkan Rekrutmen Anggota PKD Pilkada 2024
Mulyadi Irsan Salurkan Bantuan Warga Terdampak Bencana Tanggamus
Hadapi Pilkada, Polres Tanggamus Latihan Dalmas Awal Sat Samapta
Ketua DPD PAN Tanggamus Gerak Cepat Bantu Warga Korban Longsor
Pj Bupati Tanggamus Hadiri Pelantikan Panwascam Tahun 2024
Tim SAR Gabungan Cari Seorang Korban Longsor Ulubelu

Berita Terkait

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:04 WIB

Tantangan dan Kendala Penanganan TBC di Lampung

Jumat, 14 Juni 2024 - 14:07 WIB

IKM Lampung Didorong Kantongi Sertifikat TKDN-IK

Kamis, 13 Juni 2024 - 20:45 WIB

PLN Cek kWh Meter Pelanggan untuk Cegah Bahaya Kebakaran

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:18 WIB

Program Vokasi Tingkatkan Kualitas Lulusan SMK di Lampung

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:15 WIB

Diskeswan Tingkatkan Upaya Pencegahan Penyakit Zoonosis pada Hewan Kurban

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:12 WIB

PPPA Himbau Masyarakat Berani Lapor Ketika Menjadi Korban Kekerasan

Kamis, 13 Juni 2024 - 14:06 WIB

Pemprov Bakal Evaluasi PRL 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 13:05 WIB

PLH Gubernur Lampung Pimpin Rapat Perdana, Tekankan Keberlanjutan Program Kerja

Berita Terbaru