DPRD Tanggamus Gelar Sidang Paripurna Masa Sidang ke II Tahun 2021

Redaksi

Sabtu, 17 April 2021 - 19:06 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kotaagung Timur (Netizenku.com): Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanggamus, menggelar sidang paripurna Masa Sidang ke II Tahun 2021 yang dibuka langsung oleh Ketua DPRD, Heri Agus Setiawan S.Sos,. di Ruang Rapat Utama, Jumat (16/4).

Nampak hadir dalam acara tersebut, Bupati Tanggamus, Hj.Dewi Handajani, Wakil Bupati, Hi. AM Safi\’i, Sekretaris Daerah, Hamid H. Lubis, para asisten, beberapa staf ahli, beserta 41 anggota DPRD, Forkopimda, OPD dan camat se-Kabupaten Tanggamus, di Ruang Sidang DPRD setempat.

Dalam sidang Paripurna ada beberapa agenda pembahasan sebagai berikut:
1.Rapat Paripurna Penyampaian Usulan dan Penandatanganan MoU Perubahan PROPEMPERDA Tahun 2021.
2. Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan Pansus, Rencana Persetujuan DPRD dan Pendapatan Akhir Bupati Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Tanggamus Tahun 2020.
3. Rapat Paripurna Internal DPRD Kabupaten Tanggamus.

Sebelum menyampai sambutan tertulisnya Bupati Tanggamus Dewi Handajani berkesempatan mengucapkan, selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1442 hijriyah.

\”Diawal bulan suci Ramadan 1442 hijriyah ini, semoga sebagai umat muslim yang taat dapat menjalankan ibadah ini dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana diamanatkan undang-undang nomor: 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Disebutkan bahwa Kepala Daerah mempunyai kewajiban untuk memberikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kepada Pemerintah dan memberikan laporan keterangan pertanggungjawaban kepada DPRD serta mengkonfirmasi laporan penyelenggaraan Pemerintah Daerah kepada masyarakat, hal ini perlu dilakukan sebagai pengejawantahan Pilar pemerintah, baik melalui konsep akuntabilitas serta transparansi yang ditujukan kepada penyelenggara pemerintah daerah,\” kata bupati.

Baca Juga  HUT ke-47 SMAN 1 Kotaagung Dihadiri Wakil Bupati

Dimana pemberian kewenangan yang luas kepada pemerintah daerah lanjutnya, harus diimbangi dengan pertanggungjawaban terhadap segala kebijakan tindakan dan keputusan yang diambil dalam rangka mewujudkan Visi Misi yang telah ditetapkan.

\”Selain itu berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2019 Tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, juga ditegaskan bahwa Laporan Keterangan Pertanggung jawaban Kepala Daerah kepada DPRD adalah bersifat progress refort terhadap pelaksanaan tugas selama satu tahun anggaran yang telah berjalan,\” jelasnya.

Dan beberapa waktu yang lalu sambung bupati, yakni tanggal 1 April 2021. Sebagai kepala daerah, dirinya telah menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Tanggamus Tahun 2020 kepada DPRD kabupaten Tanggamus, sebagai bahan evaluasi terhadap kinerja yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah selama tahun 2020.

\”Selanjutnya, sebagaimana kita ketahui bahwa sejak disampaikan LKPj Bupati Tanggamus ini, maka telah dievaluasi dan dibahas bersama oleh DPRD kabupaten tanggamus. Yang keputusannya telah pula disampaikan oleh DPRD Kabupaten Tanggamus. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Anggota Dewan yang terhormat, khususnya Ketua dan Anggota Panitia Khusus (Pansus) LKPj serta pihak-pihak yang terlibat dalam Proses Evaluasi LKPj Bupati Tanggamus tahun 2020 ini,\” kata bupati.

Baca Juga  Bupati Tanggamus Resmikan Jalan Hotmik di Pekon Kalisari

Kemudian terhadap catatan dan evaluasi dari LKPj ini sambung bupati, baik yang berupa rekomendasi, masukan dan kritik Pemkab menyadari bahwa dari apa yang dilakukan selama ini masih terdapat beberapa kekurangan oleh karena nya, semua bahan catatan yang ada, akan menjadi suatu kontribusi yang positif untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap pelaksanaan program pembangunan saat ini dan program selanjutnya.

\”Untuk itu kepada seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Tanggamus, saya meminta agar benar-benar mencermati berbagai masukan dan kritikan tersebut, hendaklah itu semua dapat diakomodir dan disikapi dengan lebih serius demi tercapainya tujuan dari program pembangunan yang kita laksanakan kearah yang lebih baik,\” tandasnya.

\”Termasuk jika selama ini masih terdapat ego sektoral yang berakibat pada kurang konsisten nya pencapaian kinerja RPJMD Kabupaten Tanggamus dan 55 Program Aksi Kepala Daerah, maka diharapkan hal tersebut dapat diluruskan kembali agar proses pembangunan di Kabupaten Tanggamus berjalan secara sistematis dan sesuai dengan rambu-rambu yang ada.

Baca Juga  Data Penerima PKH Carut Marut, Begini Penjelasan Korkab Tanggamus

Perlu juga saya sampaikan bahwa dibalik beberapa kelemahan dalam pelaksanaan pembangunan tahun 2020 yang lalu tentu terdapat kemajuan dan keberhasilan di berbagai bidang pembangunan yang telah kita capai.
Tentunya kemajuan dan keberhasilan tersebut merupakan Hasil Karya dari kita semua. Baik dari kalangan Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif serta segenap Elemen masyarakat Kabupaten Tanggamus.

Selain itu berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2019 Tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah juga ditegaskan bahwa Laporan Keterangan Pertanggung jawaban Kepala Daerah kepada DPRD bersifat progress report terhadap pelaksanaan tugas selama satu tahun anggaran yang telah berjalan.

Oleh karena itu melalui kesempatan ini kembali saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah Bersatu padu dalam mewujudkan kemajuan dan keberhasilan tersebut semoga kebersamaan ini tetap dapat terus kita pertahankan ditingkatkan dengan lebih baik lagi pada masa-masa yang akan datang.

Walau pun di masa Pandemi Covid – 19 ini, kita semua harus optimis dan tetap semangat, agar apa yang kita harapkan, kita sama- sama bekerja, agar apa yang diingin kan cepat segera tercapai, dalam pembangunan di segala bidang m. (Arj/len)

Berita Terkait

TNI-Polri Siap Amankan Kunjungan Presiden ke Tanggamus
Pj Bupati Tanggamus Kukuhkan 229 Kakon
Gangguan Teknis Server PDN Hambat Siskeudes Penggunaan Dana Desa
BNN Tanggamus Peringati Hari Anti Narkotika Nasional
DPRD Tanggamus Panggil Direksi AUTJ, Direktur Beberkan Fakta
Usai “Bersinar”, Rutan Kelas IIB Kotaagung Gelar Razia Kamar Hunian WBP
Sekretaris BKPSDM Tanggamus Belum Mengetahui Jadwal Rekruitmen PPPK
Tanggamus Sepakat Potongan PBB-P2 Akibat Dampak Covid-19 Dihentikan

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 14:50 WIB

Lampung Pemain Penting dalam Perdagangan Rempah Nusantara

Kamis, 11 Juli 2024 - 18:02 WIB

Wujudkan Madrasah Bermutu, Dirjen Pendis Luncurkan KMA 450 Tahun 2024 di Lampung

Kamis, 11 Juli 2024 - 16:35 WIB

Pemprov Lampung Lakukan Percepat Perekaman KTP Jelang Pilkada

Rabu, 10 Juli 2024 - 12:03 WIB

Mukhlis Basri Masuk Daftar Anggota Pansus Angket Pengawasan Haji DPR RI

Selasa, 9 Juli 2024 - 16:15 WIB

Puluhan Buruh KSBSI Gelar Aksi Pemberlakuan UU Tapera

Selasa, 9 Juli 2024 - 14:57 WIB

Pemprov Atensi Pengusaha dan Investor di Bidang Batu Bara Taat Aturan

Senin, 8 Juli 2024 - 16:25 WIB

Anggaran Realisasi Double Trak Besar, Pemprov Harap Bantuan Pusat

Senin, 8 Juli 2024 - 16:18 WIB

Jokowi Bakal Kunjungi Lampung Dalam Waktu Dekat

Berita Terbaru

(Foto: Emiten/Ilustrasi)

Bandarlampung

Pihak BRI Diduga Kuat Terlibat Kasus “Kredit Fiktif Gunung Sari”

Sabtu, 13 Jul 2024 - 20:57 WIB

Lampung Tengah

Lamteng Juara Umum Apkasi Otonomi Expo 2024

Sabtu, 13 Jul 2024 - 15:20 WIB

Prosesi ramah tamah malam pengesahan warga PSHT Lampung Barat angkatan 39 di Padepokan PSHT setempat, Jumat (12/7/2024) malam. (Iwan/NK)

Lampung Barat

PSHT Lambar Mengesahkan 837 Warga Baru Angkatan 39

Sabtu, 13 Jul 2024 - 11:35 WIB

(Foto: Ist)

Bandarlampung

Walikota Bandarlampung Raih Penghargaan dari Kemenkop UKM

Jumat, 12 Jul 2024 - 22:03 WIB

Lampung Barat

Jokowi dan Mukhlis Sejalan Kembangkan Produktifitas dan Kualitas Kopi

Jumat, 12 Jul 2024 - 18:42 WIB