BERBAGI
Ditlantas Polda Lampung Gelar Operasi Zebra
Dirlantas Polda Lampung Kombes Donny Sabardi Halomoan Damanik. Foto: Netizenku.com

Bandarlampung (Netizenku.com): Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung akan menggelar Operasi Zebra selama 14 hari sejak 26 Oktober-8 November.

Operasi Zebra dilaksanakan di seluruh jajaran Polda Lampung yang melibatkan 588 personel Polda, dan 94 Polres jajaran dengan 494 personel.

“Operasi Zebra bertujuan untuk mengurangi jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas (lakalantas) dengan adanya peningkatan kualitas keselamatan di jalan dan menurunkan tingkat fatalitas korban laka,” kata Dirlantas Polda Lampung Kombes Donny Sabardi Halomoan Damanik, Rabu (21/10).

Kemudian Operasi Zebra juga meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, termasuk saat kampanye pilkada.

Lalu terbangunnya budaya tertib lalu lintas khususnya di kalangan generasi milenial dan para peserta kampanye Pilkada Serentak Tahun 2020.

Selanjutnya terciptanya situasi keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang kondusif di tengah pandemi Covid-19.

“Terbangunnya budaya masyarakat melakukan kebiasaan baru dalam berlalu-lintas antara lain menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak, dan tidak berkerumun dan berkurangnya angka penularan Covid-19 khususnya di jalan arteri dan jalan tol yang memungkinkan menjadi klaster penularan,” ujar Kombes Donny.

Dia mengimbau masyarakat untuk melengkapi surat kendaraan dan kelengkapan kendaraan.

Operasi Zebra akan menyasar kendaraan yang melebihi muatan dari jumlah berat yang diizinkan dan kendaraan yang dimodifikasi untuk membawa muatan lebih.

Kendaraan tersebut, lanjut dia, berdampak pada rusaknya infrastruktur jalan, laju kendaraan lain terhambat, waktu tempuh menjadi lama, boros bahan bakar sehingga meningkatkan polusi udara.

“Kami juga bekerja sama dengan dinas perhubungan untuk memasang imbauan keselamatan berlalu lintas di 9 traffic light lalu lintas,” kata dia.

Adapun 9 titik lokasi pemasangan traffic light yakni Tugu Raden Intan, RSUD Abdul Moeloek, Tugu Adipura, Jalan Cokro-Sudirman, Jalan Cut Mutia-Monginsidi, Begadang Resto, Palapa, Lungsir, dan King.

Dan untuk menyambut hari libur cuti bersama, Ditlantas Polda Lampung mengimbau masyarakat menerapkan protokol kesehatan dan pihak Polda juga menambah 5 Pos Patroli Jalan Raya (PJR) di jalan tol dari yang sebelumnya ada 5, sehingga total tersedia 10 Pos PJR. (Josua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here