Dies Natalis ke-9 Itera, Momentum Peningkatan Kualitas SDM Sains dan Teknologi Sumatera

Redaksi

Jumat, 6 Oktober 2023 - 20:42 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Lampung Selatan (Netizenku.com): Institut Teknologi Sumatera (Itera) memperingati Dies Natalis ke-9, Jumat 6 Oktober 2023. Momentum ini diharapkan menjadi komitmen Itera untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya di bidang sains dan teknologi untuk membangun Provinsi Lampung, Sumatera dan Indonesia.

Sidang terbuka peringatan Dies Natalis ke-9 Itera dihadiri oleh Gubernur Provinsi Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi, perwakilan gubernur se-Sumatera, Direktur Jenderal Cipta Karya PUPR yang diwakili oleh Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Infrastruktur Permukiman (SSPIP) Pandu Gunadi Atmosukarto, S.T., MUM., yang menyampaikan orasi ilmiah, Kapolda Lampung dan Komandan Korem 043/Gatam, para bupati dan walikota, rektor perguruan tinggi, para penerima penghargaan, serta jajaran pimpinan dan sivitas akademika Itera.

Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, dalam pidatonya mengingatkan kembali, tentang gagasan besar pendirian Itera untuk pemenuhan kebutuhan SDM unggul bidang sains dan teknologi di Indonesia khususnya di Sumatera. Hasil kajian pemerintah pada tahun 2011, menengarai jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang fokus pada bidang sains dan teknologi masih sangat minim dibandingkan dengan bidang lainnya.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Atas dasar itu, dan realita rasio jumlah sarjana bidang Iptek berbading jumlah penduduk yang rendah, sekitar 0,07%, maka Itera didirikan dengan bimbingan langsung dari ITB,” ujar Rektor.

Baca Juga  Kantor IKA Ponpes Al-Fatah Lampung Diresmikan

Dalam kesempatan tersebut Rektor juga menyampaikan berbagai pencapaian Itera. Saat ini, Itera telah menyelenggarakan 42 program studi S1 dan 1 program studi S2 yang terbagi menjadi 3 jurusan, yang dalam waktu dekat menjadi fakultas. Hingga semester ganjil 2023 jumlah mahasiswa aktif Itera telah mencapai 20.394 mahasiswa dari berbagai daerah di Sumatera dan Indonesia. Itera telah meluluskan 5.151 alumni, dari semua lulusan tersebut, berdasarkan hasil treasure study, sekitar 57% dari alumni Itera bekerja pada perusahaan swasta, 29% bekerja pada instansi pemerintah dan sisanya 14% pada usaha mandiri dan sektor lain. Rektor juga menyampaikan berbagai prestasi Itera, yang diraih sivitas akademika mulai dari dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

Sementara Arinal Djunaidi, sebagai salah satu tokoh pendiri Itera, dalam pidatonya berharap momentum Dies Natalis ke-9 Itera, dapat menjadi kesempatan merenungkan pencapaian dan mengevaluasi perjalanan Itera. Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, ia juga mengucapkan selamat kepada seluruh sivitas akademika Itera, terutama kepada mahasiswa, dosen, staf, dan para alumni yang telah memberikan kontribusi besar dalam membangun reputasi dan prestasi Itera.

Gubernur berharap Itera terus berkontribusi mengatasi permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh Provinsi Lampung, Sumatera, dan Indonesia, melalui pendekatan sains dan teknologi.

Baca Juga  Rayakan Hari Jadi ke-1 Tahun, Lampung Menggendong Ajarkan Cara Menggendong Aman dan Nyaman

“Itera harus mampu menyesuaikan kekhasan daerah diiringi dengan teknologi sebagai kontribusi membangun daerah,” ujar Arinal.

Berbagai teknologi diharapkan mampu dilahirkan Itera, seperti teknologi yang mendukung nelayan, sektor pertanian dan mendukung program Lampung Petani Berjaya, hingga alat pendeteksi kebakaran hutan.

“Itera memiliki kemampuan, dan semua untuk kepentingan rakyat, sepanjang Itera menemukan itu untuk dimanfaatkan petani sepanjang itu pula pahalanya,” ujarnya.

Sementara orasi ilmiah Direktur Jenderal Cipta Karya PUPR yang disampaikan Direktur SSPIP, Pandu Gunadi Atmosukarto, S.T., MUM., mengangkat tema Pembangunan infrastruktur sebagai modal pembangunan SDM unggul. Direktur SSPIP menyebut, tahun 2045, Indonesia dalam visinya berharap menjadi negara dengan PDB terbesar. Hal ini merupakan perwujudan dari impian Indonesia menjadi negara yang berdaulat, adil, dan makmur dengan pembangunan SDM dan penguasaan IPTEK yang menjadi pilarnya.

“ITERA diharapkan dapat terus menghasilkan SDM yang berkompeten, berintegritas, dan siap kerja guna mendukung pencapaian visi Indonesia emas 2045,” ujar Pandu.

Penghargaan Itera

Dalam Dies Natalis ke-9 Itera, Rektor juga menyerahkan penghargaan kepada tokoh nasional dan daerah yang telah berjasa dalam pembangunan dan pengembangan Itera. Penghargaan tertinggi, Itera Adi Karsa Utama diberikan kepada Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, SE., M.Sc. Ph.D., itera Adi Karsa Madya kepada Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Dr. Diana Kusumastuti MT., Itera Adi Karya Pratama kepada Prof. Drs. John Hendri, M.Sc., Ph.D (Universitas Lampung), dan Itera Adi Yasa Mahatama diberikan kepada Prof. Dr. Irawati, M.S. (ITB), Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA. (ITB), Drs. Mustamar (Unila), dan Ir. Hadwi Soendjojo (ITB).

Baca Juga  PMII Rayon Keguruan UIN Gelar Serah Terima Jabatan

Selain itu turut dianugerahkan penghargaan bagi dosen berdedikasi di internal Itera yaitu Itera Adi Cendikia kepada Dr. Abdul Rajak (Prodi Fisika ITERA), Dr. Rendy Perdana Khidmat , S.Pd., M.Eng. (Prodi Arsitektur) dan Andre Febrianto, S.Kom., M.Eng. (Prodi Teknik Informatika). Penghargaan ITERA Adi Nayaka diberikan kepada tenaga kependidikan, Eko Feri Kurniawan, S.Si. (Biro Perencanaan, Umum,dan Akademik), Setyan Widi Yanto S.E. (Jurusan Teknologi Produksi dan Industri), dan M Aditya Harliyanto S.P. (LPPM Itera).

Penghargaan Purna Bakti kepada dosen luar biasa ITB yang telah mengabdi di Itera juga diberikan kepada dosen ITB Ir. Eko Purwono, MSAS, Dr. Ismet Belgawan Harun, M.Sc., Dr. Ir. Irdam Adil, M.T., Dr. Ir. Endang Setiawati, M.T. (ITB), dan Ir. Hira Laksmiwati Soemitro, M.Sc. (rls/Len)

Berita Terkait

Rektor ITERA Paparkan Inovasi Riset untuk Pemberdayaan Masyarakat
Wali Murid Sekolah Alam Al-Karim Peringati Hari Guru
Reuni Akbar SMAN 3 akan Dihadiri Tokoh Pemerintahan dan Artis Alumnus
Pasca Jadi Bahasa Resmi UNESCO, Ini Tindak Lanjut Kantor Bahasa Provinsi Lampung
SMK SMTI Balam Teken MoU dengan 10 Perusahaan untuk Maksimalkan SDM
Arinal: Generasi Muda Harus Siap Hadapi Bonus Demografi
Kejar Mimpi Lampung by CIMB Niaga Gelar Event Budaya Indonesia
Meriah, Dies Natalis FH Unila Bersamaan Dengan HUT Ketua IKA

Berita Terkait

Jumat, 1 Maret 2024 - 18:33 WIB

Pelunasan Bipih Tahap Kedua di Buka 13 Hingga 26 Maret, Ini Syarat dan Mekanismenya

Jumat, 1 Maret 2024 - 15:24 WIB

Marindo Resmi Dilantik Jadi Pejabat Bupati Pringsewu

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:50 WIB

Pemprov Lampung Gelar Asistensi Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:38 WIB

Gubernur Arinal Minta Maksimalkan PON XXI Sumut-Aceh

Kamis, 29 Februari 2024 - 15:10 WIB

Puji Dorong JCH Segera Lengkapi Syarat Pelunasan Tahap II

Rabu, 28 Februari 2024 - 22:05 WIB

Ribuan Peserta Diprediksi Ramaikan Lampung Half Marathon 2024

Selasa, 27 Februari 2024 - 22:42 WIB

Gubernur Arinal Gaet Investor Tingkok

Selasa, 27 Februari 2024 - 15:36 WIB

Pemprov Lampung Rakor Penanganan Dampak Banjir

Berita Terbaru

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, ketika melantik Marindo Kurniawan. Foto: Luki.

Lampung

Marindo Resmi Dilantik Jadi Pejabat Bupati Pringsewu

Jumat, 1 Mar 2024 - 15:24 WIB

Tulang Bawang Barat

Tim Evaluasi Kemendagri Nilai Kinerja Pj Bupati Tubaba Sangat Baik

Jumat, 1 Mar 2024 - 13:09 WIB