oleh

Cegah Banjir Garuntang, Pemkot Bangun Culvert Box

Bandarlampung (Netizenku.com) : Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemkot Bandarlampung berencana membangun drainase baru untuk mengatasi banjir yang merendam RT 01 dan 02 Lingkungan 1 Kelurahan Garuntang, Bumi Waras.

Usai diguyur hujan deras sejak pukul 05.00 WIB pagi, ratusan rumah terendam banjir disebabkan tersumbatnya siring, dan air laut pasang.

BPBD Bandarlampung mengerahkan 100 personel untuk melakukan pengerukan siring dan mengangkut sampah kurang lebih 5 truk.

Baca Juga  Eva Dwiana Ajak Masyarakat Kompak Tangani Banjir di Bandarlampung

Kepala Dinas PU Kota Tapis Berseri, Iwan Gunawan, berencana membangun drainase baru guna mencegah hal serupa terjadi.

\”Kita rencanakan pembangunan drainase, dari permukiman warga hingga ke sungai, diperkirakan 400 meter. Kita pasang culvert box beton dengan ukuran 1×1 meter,\” kata Iwan, Rabu (4/8).

Dinas PU memilih pembangunan culvert box beton karena lebih tahan lama, rapi, dan aliran air lebih lancar.

Baca Juga  Banjir Rendam Ratusan Rumah di Garuntang

\”Kalau dia drainase terbuka, orang akan buang sampah, ban bekas, hingga kasur, sehingga mampat. Kalau culvert box dia tertutup jadi orang enggak bisa buang sampah,\” ujarnya.

Biaya pembangunan akan dianggarkan pada APBD Perubahan.

Wali Kota Bandarlampung Herman HN yang meninjau langsung lokasi banjir menyesalkan warga masih membuang sampah di saluran drainase.

Baca Juga  Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana Blusukan Susur Sungai

\”Sampah-sampah banyak yang dibuang ke gorong-gorong sehingga mampat dan terjadi sedimentasi, pendangkalan,\” kata Herman HN.

\”Saya sudah perintahkan Dinas PU untuk bangun culvert box, drainase tertutup, agar warga tidak buang sampah,\” pungkasnya. (Josua)

Komentar