Arinal Djunaidi Buka Lampung Sundanese Arts Festival VII Tahun 2023

Redaksi

Jumat, 21 Juli 2023 - 23:37 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pesisir Barat (Netizenku.com): Orang Sunda yang ada di Lampung tetap berpegang teguh pada prinsip di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung, namun demikian orang Sunda di Lampung juga tak pernah melupakan tradisi khas Sunda, hal tersebut terbukti dengan diselenggarakannya Lampung Sundanese Arts Festival (LSAF) VII Tahun 2023 di Kabupaten Pesisir Barat

Dalam suasana penuh syukur dan kegembiraan, LSAF VII Tahun 2023 resmi dibuka oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi di Pantai Way Batang, Kecamatan Ngambur, Pesisir Barat Jumat (21/07/2023).

Dalam sambutannya, Arinal Djunaidi menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan atas diselenggarakannya LSAF VII Tahun 2023 yang bertujuan untuk memperkenalkan kolaborasi budaya Sunda dan Lampung. Acara ini diharapkan dapat membangkitkan semangat seni dan kebudayaan di Provinsi Lampung, khususnya di Pesisir Barat.

“Kita patut bersyukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan nikmatNya, sehingga kita dapat bersama-sama ikut serta dalam acara Lampung Sundanese Arts Festival VII dalam keadaan sehat walafiat,” ucap Arinal Djunaidi.

Acara budaya yang digelar per dua tahun sekali ini menarik perhatian warga Lampung dan pecinta seni dari berbagai daerah. LSAF menjadi wadah untuk memperkuat persaudaraan dan hubungan tali silaturahmi antara warga Lampung yang berasal dari Jawa Barat serta menyajikan wacana seni budaya Provinsi Lampung.

Selain itu, festival ini juga berperan dalam melestarikan dan mempromosikan seni budaya tradisi dan adat istiadat Sunda, sehingga berpotensi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Lampung dan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat setempat.

“Pemerintah Provinsi Lampung memiliki komitmen yang kuat untuk terus mendorong dan memberdayakan potensi budaya, agar tetap lestari dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Lampung Kaya Festival menjadi salah satu dari 33 agenda kerja kami untuk mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya,” tambah Arinal Djunaidi.

Baca Juga  Darurat Pencabulan, AWPI Lampung Minta Pemerintah Ambil Sikap

Pada kesempatan tersebut, gubernur juga mengajak seluruh peserta dan masyarakat Lampung untuk berkolaborasi, berinovasi, dan beradaptasi dengan kondisi saat ini serta menyesuaikan dengan tren seni terkin, sehingga potensi seni dan budaya yang ada di Provinsi Lampung dapat terus dibangkitkan dan dimanfaatkan secara kreatif untuk mengembangkan ekonomi kreatif daerah.

Dengan diselenggarakannya LSAF VII Tahun 2023, Pemerintah Provinsi Lampung menunjukkan keseriusannya dalam melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya Sunda, serta menguatkan keberagaman budaya sebagai bagian penting dari identitas nasional, khususnya di wilayah Provinsi Lampung.

Baca Juga  Peringatan Tahun Baru 2020 di Pesisir Barat Aman dari Musibah

Gubernur juga berharap agar kegiatan yang diikuti oleh berbagai komunitas seni dan budaya, baik dari dalam maupun luar Provinsi Lampung ini bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Lampung, sambil tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang menjadi aset tak ternilai bagi masyarakat Lampung.

Sementara itu Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal mengatakan bahwa meskipun berbeda suku, namun masyarakat Lampung tetap saling hormat-menghormati dan dapat menjaga kerukunan.

“Masyarakat Lampung, apapun sukunya, kalau sudah kompak, apapun yang kita cita-citakan bersama pasti dapat terlaksana, oleh karenanya saya juga mengucapkan selamat datang kepada orang sunda yang datang dari seluruh Lampung di Kabupaten Pesisir Barat, selamat berlomba dan selamat manikmati keindahan pariwisata yang ada di Pesisir Barat,” tutupnya. (Leni)

Berita Terkait

PLN Jaga Pasokan Listrik Hingga Pulau Terluar Lampung
Ketua PPI Pesibar Lantik Pengurus Paskibra Pesisir Utara
Polres Pesisir Barat Amankan Kedatangan Logistik Pemilu
Pesisir Barat Promosikan Pariwisata Melalui Ija Mik Way Sindi Festival 2023
Penutupan Krui Fair 2023 akan Dimeriahkan Andika Mahesa
Peselancar Pekon Tanjung Setia Pertahankan Predikat Juara Umum
Ribuan Pengunjung Padati Pembukaan Krui Fair 2023
2050 Orang Pesisir Barat Pecahkan Rekor MURI Businjang

Berita Terkait

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:04 WIB

Tantangan dan Kendala Penanganan TBC di Lampung

Jumat, 14 Juni 2024 - 14:07 WIB

IKM Lampung Didorong Kantongi Sertifikat TKDN-IK

Kamis, 13 Juni 2024 - 20:45 WIB

PLN Cek kWh Meter Pelanggan untuk Cegah Bahaya Kebakaran

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:18 WIB

Program Vokasi Tingkatkan Kualitas Lulusan SMK di Lampung

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:15 WIB

Diskeswan Tingkatkan Upaya Pencegahan Penyakit Zoonosis pada Hewan Kurban

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:12 WIB

PPPA Himbau Masyarakat Berani Lapor Ketika Menjadi Korban Kekerasan

Kamis, 13 Juni 2024 - 14:06 WIB

Pemprov Bakal Evaluasi PRL 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 13:05 WIB

PLH Gubernur Lampung Pimpin Rapat Perdana, Tekankan Keberlanjutan Program Kerja

Berita Terbaru