Dispusipda Tubaba Gelar Pelatihan Penguatan Life Skill Sektor Usaha Mikro

Leni Marlina

Rabu, 2 Oktober 2024 - 20:20 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda), menggelar pelatihan penguatan life skill sebagai strategi peningkatan pelibatan masyarakat pada sektor usaha mikro berupa pembuatan ikan asap dan pemasaran digital.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di Balai Tiyuh (Desa) Candra Mukti, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Rabu (2/10/2024) pukul 08.00 WIB.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tubaba, Bayana, mengungkapkan di tengah perkembangan zaman yang begitu cepat dan tuntutan dunia kerja yang semakin kompleks, kemampuan life skills menjadi salah satu kunci untuk meraih keberhasilan. Masyarakat yang memiliki keterampilan hidup yang baik akan lebih mampu beradaptasi dan berinovasi, serta akan lebih siap menghadapi tantangan.

Baca Juga  Tubaba Fasilitasi Kepulangan 10 Pekerja dari Bangka Belitung

“Kegiatan ini bukan hanya sekadar pelatihan, tetapi juga merupakan langkah strategis untuk merangsang pertumbuhan ekonomi kreatif dan meningkatkan pendapatan masyarakat di Kabupaten Tubaba. Dengan adanya pelibatan masyarakat kita bisa membuka peluang kerja yang lebih luas dan meningkatkan pendapatan masyarakat secara signifikan,” ujar Bayana.

Menurutnya, pelatihan ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, meningkatkan tingkat kegemaran membaca, meningkatkan indeks peningkatan literasi masyarakat, mendorong partisipasi swasta dan UMKM dalam pelibatan masyarakat di perpustakaan.

“Keterlibatan swasta dan pelaku UMKM sangat penting dalam memperkuat kontribusi perpustakaan sebagai pusat pembelajaran. Untuk itu, saya mengajak semua pihak untuk aktif berkolaborasi dalam menciptakan program-program yang dapat menjangkau masyarakat luas,” terangnya.

Baca Juga  Ponco Nugroho akan Patuh Terhadap Aturan dan Keputusan Partai

Melalui pelatihan tersebut, Bayana berharap para peserta dapat mengembangkan keterampilan yang relevan, baik itu dalam bidang manajemen usaha, pemasaran, maupun dalam kemampuan berkomunikasi yang efektif.

“Saya juga mengajak semua peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Manfaatkan ilmu dan pengalaman yang diberikan oleh para narasumber. Jangan ragu untuk bertanya dan berdiskusi. Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan saya mengucapkan terima kasih atas inisiatif dan kerja keras dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk memperkuat kemampuan masyarakat dalam sektor usaha mikro dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dispusipda Kabupaten Tubaba, Rodianto, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Perpustakaan dan Kegemaran Budaya Membaca, Sri Hartati Ningsih, menerangkan program kegiatan pelatihan yang digelar tersebut diikuti sekitar 60 peserta yang terdiri dari unsur pelaku UMKM dan para pengelola perpustakaan Tiyuh.

Baca Juga  Ketua PWI Tubaba Ajak Kejaksaan Kolaborasi dalam Penegakan Hukum

“Adapun Narasumber ada 2 orang yang kita undang, yaitu Hariyadi,SP.MM guru jurusan perikanan SMKN 1 Tulangbawang Tengah, dan Arifin Fahri Instruktur BLK Nurul Quran,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, bahwa perpustakaan bukan hanya sekedar tempat menyimpan buku, tetapi juga merupakan pusat sumber daya informasi yang dapat memfasilitasi pengembangan keterampilan masyarakat.

“Dengan adanya pelatihan penguatan life skill ini diharapkan masyarakat bisa menambah wawasan dan keterampilannya, sehingga ekonomi kreatif di Tubaba terus berkembang bahkan menciptakan banyak lapangan kerja,” pungkasnya. (Arie)

Berita Terkait

Firsada Ajak Elemen Masyarakat dan Calon Pemimpin Jaga Etika Politik
Bapperida Tubaba Sosialisasi Pendampingan Pelaporan Penanggulangan Kemiskinan
DPRD Tubaba Resmi Bentuk 7 Fraksi
Kapolres Apresiasi Kekompakan Organisasi Pers Tubaba
Dualisme di Pusat, PWI Tubaba Tetap Kunjungan ke Dewan Pers
Nadirsyah Sapa Kader, Simpatisan dan Relawan Exco Partai Buruh
KPU Tetapkan Paslon NoNa Nomor Urut 1 pada Pilkada 2024
NoNa Siap Kolaborasi dengan Insan Pers Bangun Bumi Ragem Sai Mangi Wawai

Berita Terkait

Minggu, 6 Oktober 2024 - 17:52 WIB

Jihan Ingatkan Relawan TPT Kedepankan Kampanye Damai

Jumat, 4 Oktober 2024 - 20:57 WIB

Tim Pemenangan ASRI-AMP Laporkan Camat Negeri Katon ke Bawaslu

Jumat, 4 Oktober 2024 - 17:34 WIB

Terbukti Bawa APK Paslon, Enggo: Mau Tahu Aja, Apa Mau Tahu Banget

Kamis, 3 Oktober 2024 - 15:27 WIB

DPRD Tubaba Resmi Bentuk 7 Fraksi

Kamis, 3 Oktober 2024 - 15:23 WIB

Cawagub Lampung Kunjungi Posko Pemenangan Metro Mubaraq

Rabu, 2 Oktober 2024 - 18:46 WIB

Moh Saleh Asnawi-Agus Suranto Gulirkan 11 Program Menuju Perubahan Tanggamus

Selasa, 1 Oktober 2024 - 18:19 WIB

Mukhlis Basri Ucapkan Terima Kasih ke Masyarakat Lampung

Senin, 30 September 2024 - 21:54 WIB

ASRI Janji Aktifkan Kembali 45.000 BPJS Kesehatan Warga Pesawaran yang Terblokir

Berita Terbaru

Politik

Jihan Ingatkan Relawan TPT Kedepankan Kampanye Damai

Minggu, 6 Okt 2024 - 17:52 WIB

Pringsewu

Sekda Pringsewu Buka Acara GSMS Tahun 2024

Minggu, 6 Okt 2024 - 17:17 WIB

Pesawaran

DBH Tak Kunjung Disalurkan, Dendi Akui Keuangan Pemkab Sulit

Minggu, 6 Okt 2024 - 09:55 WIB