oleh

Winarti Wajibkan Kepala Kampung Gunakan DD untuk Covid-19

Tulangbawang (Netizenku.com): Bupati Tulangbawang, Hj Winarti, menerapkan sistem kewajiban untuk seluruh kepala kampung yang tersebar di 15 kecamatan agar dapat menggunakan anggaran Dana Desa (DD) untuk membantu masyarakat dalam hal perekonomian selama dalam masa pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19).

Winarti mengatakan, sesuai dengan aturan dan instruksi Kementrian Keuangan RI jika setiap daerah diperbolehkan menggunakan anggaran apapun untuk membantu masyarakat dalam melakukan proses pencegahan virus Covid-19 di tahun 2020 ini.

Sebab menurut Winarti, selain dampak dari adanya virus Covid-19 di tahun ini membuat masyarakat harus banyak berdiam diri di rumah juga dampak yang paling besar dirasakan oleh masyarakat adalah menurunnya perekonomian keluarga.

Baca Juga  APBD TA 2019 Tuba Defisit Rp 20M

\”Jadi itulah yang saat ini sedang kita lakukan, berbagai macam cara untuk mengatasi masalah kekurangan ekonomi masyarakat kita, tentunya semua ini harus kita lakukan secara gotong-royong agar semua masalah ini bisa segera berakhir,\” katanya.

Oleh karena itu Winarti menerangkan mengingat betapa besarnya anggaran DD dari pusat di 147 Kampung yang tersebar di 15 kecamatan Tulangbawang. Maka sebagai pimpinan di daerah yang berjuluk Say Bumi Nenggah Nyappur tersebut, dirinya meminta dengan tegas kepada seluruh kepala kampung agar dapat segera menggunakan anggaran DD tersebut untuk diberikan kepada masyarakat, sebagai bentuk bantuan khususnya dalam hal perekonomian.

Baca Juga  Jumlah PBBP2 Tuba tak Sinkron

\”Dan perlu diketahui bahwa ini sifatnya wajib ingat jangan banyak pertimbangan, lakukan segera gunakan uang DD itu untuk membantu masyarakat, jangan takut-takut saya tangung jawab dalam hal ini asalkan peruntukan memang benar untuk membantu masyarakat, saya yang akan tanggung jawab,\” terangnya.

Winarti menjelaskan, mulai saat ini dirinya tidak lagi ingin mendengar atau ada kepala kampung yang masih bertanya, apakah anggaran DD boleh dipergunakan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi masalah pencegahan Virus Covid-19 saat ini.

\”Karena semua sudah jelas dan diperbolehkan, bahkan sudah ada aturannya sendiri begitu juga dengan pembagiannya sudah ada persentase, jadi jangan lagi diperdebatkan yang jelas dari uang DD itu ada hak masyarakat dalam hal ekonominya,\” jelasnya.

Baca Juga  Karo Kesra Provinsi Lampung Optimis SMPN 3 Banjar Agung Juarai LSS UKS Nasional

Winarti menegaskan, apabila ke depan masih kedapatan ada kepala kampung yang tidak mau mengeluarkan anggaran DD untuk membantu masyarakat, maka dirinya tidak segan-segan akan menindak tegas kepala kampung tersebut.

\”Jadi jangan macam-macam sebab apabila masih melanggar dan tidak mau membantu masyarakat, awas saja pasti akan saya ambil langkah tegas apalagi anggaran DD di Tulangbawang cukup besar, selip saja dikit atau ada kesalahan aturan hukumnya sudah jelas dan menanti bagi yang melanggar aturan hukum,\” ancamnya. (Armadan/len)

Komentar