oleh

Umar Ahmad Fasilitasi Pinjaman Modal Pedagang Korban Kebakaran

Tulangbawang Barat (netizenku.com): Guna meringankan musibah yang dialami 94 pedagang Pasar Pulung Kencana Kecamatan Tulangbawang Tengah akibat kebakaran Senin malam (7/5) lalu, Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad meminta Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Tani Tubaba dan Bank Lampung untuk membantu para pedagang mendapatkan modal awal tanpa agunan. 

Saat meninjau langsung Pasar Pulung Kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah yang terbakar beberapa waktu lalu, Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad di depan para pedagang dan pihak Bank berjanji akan memfasilitasi dan menjamin (Avalis) pinjaman modal pedagang. \”Pemkab Tubaba akan fasilitasi penjaminan modal awal pedagang melalui dua bank ini, agar pedagang yang terkena musibah dapat berusaha kembali terutama bagi yang sangat membutuhkan modal usaha,\” ujarnya saat di lokasi didampingi Wakil Bupati Fauzi Hasan, wakil ketua DPRD Yantoni, Kadis PUPR Iwan Mursalin, Kadis Kominfo Fajril Hikmah dan beberapa pejabat lainnya, Senin (14/5) siang.

Baca Juga  Wakil Bupati Hadiri Pelantikan Pengurus Kadin Tubaba 2021-2026

Selain memberikan kemudahan dalam memberikan jaminan untuk modal usaha, Umar juga memerintahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Tubaba Iwan Mursalin setelah nantinya mendapatkan hasil penyidikan penyebab kebakaran dari Polda Lampung, dapat segera membangun tempat penampungan sementara (TPS) unit bangunan Pasar Pulung Kencana yang terbakar tanpa dilakukan tender terlebih dahulu. \”Tidak melalui tender, akan tetapi pelajari terlebih dahulu payung hukum untuk itu, sehingga cepat dibangun tetapi tidak melanggar aturan,\” tambah Kadis Kominfo Fajril Hikmah mengutip perkataan bupatinya. 

Baca Juga  Polsek Gunung Agung Terima Penghargaan dari Polres Tubaba

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan dan UMKM Khoirul Amri mengatakan data sementara pedagang pasar yang menjadi korban kebakaran berjumlah 94 pedagang. \”Ya, data sementara pedagang yang menjadi korban kebakaran Pasar Pulung Kencana berjumlah 94 pedagang. Data ini akan kita bawa ke rapat bersama kedua Bank yang akan dipimpin oleh Pak Sekda esok hari,\” singkatnya. 

Baca Juga  Tingkatkan Sinergitas, DPRD Tubaba Inisiasi Coffee Morning Forkopimda

Di tempat yang sama, Direktur Utama BPRS Tani Tubaba kepada wartawan pihaknya mengaku akan memberikan kemudahan pinjaman bagi pedagang korban kebakaran Pasar Pulung Kencana dengan plavon pinjaman Rp 25 juta rupiah dan Rp 10 juta rupiah tanpa agunan dengan bekerjasama Pemkab Tubaba. \”Khusus pedagang korban kebakaran Pasar Pulung Kencana akan kami berikan kemudahan persyaratan pinjaman modal usaha dengan plavon 25 juta dan 10 juta dengan dasar ada rekomendasi dari Diskoperindag Tubaba,\” pungkasnya. (Arie/Taufik)

Komentar