oleh

Profil dan Latar Belakang Organisasi Anggota KPU 2022-2027 Terpilih

Bandarlampung (Netizenku.com): Komisi II DPR RI telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 14 calon anggota KPU dan 10 orang calon anggota Bawaslu pada 14-16 Februari lalu.

Penetapan 7 anggota KPU dan 5 anggota Bawaslu dilakukan dengan voting pada Rabu (16/2) malam hingga Kamis (17/2) dini hari.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustopa, memimpin uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU-Bawaslu, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu (16/2).

Ketujuh anggota KPU periode 2022-2027 yang telah ditetapkan yakni Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Idham Holik, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, August Mellaz.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut profil singkat ketujuh anggota KPU periode 2022-2027 yang terpilih:

1. Betty Epsilon Idroos

Baca Juga  KPU Bekali Kader DP3 Teknik Komunikasi Publik

Anggota KPU Terpilih dari perwakilan perempuan masih menjabat sebagai Ketua KPU DKI Jakarta. Pernah juga sebagai Tenaga Ahli Komisi II DPR RI, dan aktif di program lembaga-lembaga nirlaba dalam negeri dan luar negeri. Dia pernah berkecimpung di KOHATI PB HMI.

2. Hasyim Asy’ari

Masih menjabat anggota KPU RI periode 2017-2022 dan dosen di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Nahdliyin ini merupakan mantan Satkorwil Banser Jawa Tengah, Lemdiklat Polri, serta pernah menjadi anggota KPU Jawa Tengah dan aktivis PMII di Purwokerto.

3. Idham Holik

Merupakan anggota KPU Jawa Barat, pernah menjadi Ketua dan anggota KPU Bekasi. Termasuk sempat sebagai koordinator UNFREL Kabupaten Bekasi. Pernah aktif sebagai Pengurus PB HMI.

4. Mochammad Afifuddin

Baca Juga  Pemilih Mandiri dan Rasional dari Desa untuk Pemilu 2024

Anggota Bawaslu RI yang masih aktif, aktivitas kepemiluannya banyak dicurahkan di lembaga pemantau pemilu Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR).

Dosen di FISIP UIN Syarif Hidayatullah dan peneliti lembaga internasinal UNDP, UNFREL. Pernah berkecimpung di PB PMII sebagai Bendahara Umum.

5. Parsadaan Harahap

Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu dan pernah menjadi Ketua serta anggota KPU Provinsi Bengkulu. Organisasinya adalah PB HMI dan Ketua Dewan Pengurus Pusat KNPI 2008-2011.

6. Yulianto Sudrajat

Masih menjabat sebagai Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, pernah menjadi anggota KPU Kabupaten Sukoharjo di Jawa Tengah untuk dua periode.

Pernah di organisasi GMNI dan pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang GMNI Surakarta 1996 serta Sekretaris Persatuan Alumni GMNI Cabang Sukoharjo 2010.

Baca Juga  KPU Lampung Raih Penghargaan Terbaik Program DP3 KPU RI

7. August Mellaz

Saat ini menjadi Anggota Tim Kajian Penataan Sistem Politik dan Sistem Pemilu Indonesia. Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) 2021, dan Direktur Eksekutif Sindikasi Pemilu dan Demokrasi. Aktivitas kepemiluannya sebagai konsultan, peneliti serta fasilitator di Kemenko Polhukam, Bawaslu, KPU, dan sejumlah lembaga nirlaba di dalam dan luar negeri.

Sementara 5 anggota Bawaslu periode 2022-2027 terpilih yaitu Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Nama-nama anggota KPU dan Bawaslu terpilih ini akan dibawa ke Sidang Paripurna untuk ditetapkan. Kemudian, dikirim ke Presiden Joko Widodo untuk dilantik. (Josua)

Baca Juga: Tantangan KPU Lampung di Pemilu 2024, dari AMJ Penyelenggara Hingga Demokrasi Digital