BERBAGI

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Guna terus mendukung program Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) membangun sentra bambu dan produk kerajinan, Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pertanahan kabupaten setempat bersama Camat Lambu Kibang melakukan penanaman ratusan benih bambu di calon lokasi Eko Wisata Embung Tiyuh Gunung Sari, Kecamatan Lambu Kibang.

Restu, Kabid Pertamanan pada Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pertanahan Kabupaten Tubaba mengatakan penanaman ratusan benih bambu tersebut guna meneruskan gagasan Bupati Tubaba, Umar Ahmad dalam menjadikan wilayah Kecamatan Lambu Kibang khususnya Tiyuh Gunung Sari menjadi sentra bambu dan sentra produk kerajian dari bahan dasar bambu.

“Bambu ini kita tanam di sekitar embung di Tiyuh Gunung Sari. Tahun lalu kami bersama pihak kecamatan juga telah menanam ratusan benih dari berbagai jenis bambu,” kata dia saat dikonfirmasi Netizenku.com, Rabu (5/2).

Menurut Restu, ratusan benih bambu tersebut, diperolehnya dari warga. Warga tersebut hendak membongkar tanaman bambunya yang akan dialih fungsikan untuk tanaman lain dan bangunan.

“Ada warga yang bongkar bambu, daripada itu dibuang percuma sehingga kami ambil untuk dimanfaatkan ditanam di lokasi Eko Wisata Embung Tiyuh Gunung Sari bersama camat dan masyarakat sekitar,” ulasnya.

Jenis bambu yang ditanam tersebut, lanjut Restu, diantaranya bambu petung, bambu semar, bambu kuning, bambu tali dan beberapa jenis lainnya.

“Selain menanam bambu, kami juga melakukan pembersihan di sekitar bangunan embung,” katanya.

Sementara Camat Lambu Kibang, Haderiansyah mengatakan pihaknya sangat mendukung dan siap menyukseskan program pemerintah daerah tersebut. Terlebih wilayah Kecamatan Lambu Kibang saat ini memiliki akses terdekat ke Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) melalui Gerbang Tol Lambu Kibang, dengan kemudahan akses ini harus dimanfaatkan oleh pemerintah dan masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Dikatakannya, harus bisa memberi daya tarik agar orang atau wisatawan mau berkunjung ke wilayah kecamatan ini sehingga akan berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tiyuh (desa) maupun kabupaten.

“Kami terus mendukung program ini, tadi kami juga bersama Dinas Perkimta melakukan penanaman benih bambu di lokasi embung yang akan dijadikan lokasi destinasi wisata,” singkatnya. (Arie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here