oleh

Penjaringan Caleg DPC PDI Perjuangan Lambar Diminati Kader Hingga Eksternal

Liwa (Netizenku.com): Penjaringan Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten yang dilakukan DPC PDI Perjuangan Lampung Barat, yang akan dicalonkan pada Pileg 2024, diminati bukan hanya oleh kader partai berlambang banteng moncong putih tersebut, tetapi juga pihak eksternal.

Ketua Tim Penjaringan Ahmad Ali Akbar, mengatakan satu hari menjelang berakhirnya jadwal pengambilan formulir pendaftaran (21/9), pihaknya telah menerima 35 orang pendaftar, yang bukan hanya kader PDI Perjuangan saja.

“Alhamdulillah, sejak dibuka penjaringan beberapa waktu yang lalu, yang sudah mengambil berkas ada 35 orang, dan ternyata bukan hanya kader yang berminat maju dari PDI Perjuangan, tetapi dari berbagai kalangan, seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda,” kata Akbar, Senin (19/9).

Diantara yang sudah mengambil berkas, kata Akbar, yakni Ketua, Sekretaris dan Bendahara DPC PDI Perjuangan Lampung Barat Parosil Mabsus dan Edi Novial, Sri Nurwijayanti. Serta seluruh kader petahana, bahkan ada sekitar tujuh orang dari eksternal partai.

Baca Juga  Sebulan Sekali, Pengunjung KRL akan Dihibur Pertunjukan Seni

“Hari ini Ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Barat Parosil Mabsus, mengambil formulir pendaftaran secara langsung, tetapi belum tahu akan maju sebagai caleg DPR RI, DPRD provinsi atau kabupaten, tetapi kalau sekretaris dan bendahara akan kembali maju dari Dapil IV,” jelas anggota komisi I DPRD Lampung Barat tersebut.

Untuk selanjutnya kata Akbar, pihaknya akan menyampaikan hasil penjaringan apakah akan dilakukan perpanjangan atau tidak, karena sesuai dengan perintah DPP jumlah Caleg yang dijaring minimal 150 persen dari jumlah kursi. Tetapi sesuai jadwal bahwa pada 20 September adalah akhir pendaftaran, lalu 21-25 September batas akhir pengembalian berkas dan 26-30 September adalah verifikasi.

Baca Juga  Parosil: Lampung Barat Lumbung Suara PDIP

“Untuk yang sudah mengambil berkas tetap mengikuti jadwal yang telah ditetapkan, tetapi apakah akan dilakukan perpanjangan atau tidak, kami tim penjaringan akan menunggu petunjuk selanjutnya, setelah menyampaikan laporan hasil penjaringan tahap pertama,” kata politisi muda tersebut.

Dijelaskan Akbar, dari 35 kursi di DPRD Lampung Barat, target PDI Perjuangan pada Pileg 2024 meraih 15 kursi, maka penetapan Caleg yang akan diusung harus jelas ketokohannya, elektabilitasnya tinggi, berkualitas. Bahkan sesuai instruksi DPP akan mengutamakan tokoh muda atau millenial.

“Target kita 15 dari 35 kursi di DPRD Lampung Barat, maka yang akan dicalonkan betul-betul elektabilitasnya bagus, ketokohannya jelas, berkualitas, bahkan kaum millenial akan menjadi target utama yang dicalonkan, dan yang pasti siap membesarkan PDI Perjuangan dan berkomitmen untuk kesejahteraan masyarakat,” tandas Akbar. (Iwan/Leni)

Baca Juga  Atlet Pencak Silat Lambar Gondol 34 Medali di Kejurnas

Daftar Bakal Caleg :

Dapil 1 :
1. Sumyati (Petahana), 2. Bambang Dwi Saputra (Petahana), 3. Fenti, 4. Azwar Efendi, 5. Zulfikar, 6. Rusdi

Dapil 2 :
1. Matnur, 2. Ismet Liza, 3. Alek Sander Metias, 4. Satif Setyo, 5. Widya Permata Siska

Dapil 3 :
1. Suharlan (Petahana), 2. Atta, 3. Eko Hari Adianto, 4. Sumarmin, , 5. Juhairi, 5. Sartoni, 6. Yogi Mandala Putra, 7. Susanto, 8. Tri Budi Wahyuni (Petahana) 9. Sulaiman, 10. Maryadi

Dapil 4 :
1. Prayitno, 2. AF Yogi Ami Jaya, 4. Idi Supriadi, 5. Kusmiati, 5. Edi Novial (Petahana), 7. Azhari (Petahana), 8. Sri Nurwijayanti (Petahana)

Dapil 5 :
1. Mistiana, 2. Winarsih (Petahana), 3. Sarwani (Petahana), 4. Nurkholis, 5. Sugeng Hari Kinaryo Adi (Petahana)