BERBAGI
KPBU SPAM Bandarlampung Sediakan Air Minum Standar Internasional
Peresmian proyek strategis nasional Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha Sistem Penyediaan Air Minum (KPBU SPAM) Bandarlampung di Natar Lampung Selatan, Jumat (27/11). Foto: Netizenku.com

Bandarlampung (Netizenku.com): Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinasi Perekonomian, Wahyu Utomo, mengatakan bahwa tujuan utama dibangunnya Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha Sistem Penyediaan Air Minum (KPBU SPAM) Bandarlampung yakni guna menyedikan air minum yang berkualitas bagi masyarakat.

“Selain menyediakan air minum yang berkualitas bagi masyarakat, Proyek KPBU ini guna membangun infrastruktur air minum yang berkelanjutan,” kata dia di Kecamatan Natar, Lampung Selatan, Jumat (27/11).

Dia mengatakan bahwa proyek strategis KPBU SPAM Bandarlampung ini akan memilki 60 ribu sambungan atau setara dengan 300 ribu populasi yang akan menikmati air minum dengan kualitas bagus serta berstandar internasional.

Ia mengatakan bahwa air minum ini merupakan hal penting bagi manusia sehingga dengan memilki air bersih yang berstandar internasional ke depan ini juga akan menjadi kunci masuknya invetasi di Provinsi Lampung khususnya Kota Bandarlampung.

“Kita berharap dengan dibangunnya KPBU SPAM Bandarlampung yang merupakan salah satu dari proyek strategis nasional (PSN) dapat membantu beban pemerintah daerah dalam pembangunan infrastruktur dan daya saing khususnya kota Bandarlampung dalam menarik investasi ke depan,” ujar dia.

Menurutnya air bersih adalah kebutuhan dasar manusia sehingga dengan hadirnya air minum bersih dari KPBU ini, diharapkan akan menekan angka kesakitan dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

“Lebih dari itu tujuan utama proyek ini yakni membangun infrastruktur yang berkualitas dan berkelanjutan hal ini dibuktikan dengan KPBU SPAM yang usia akan lebih dari 25 tahun,” kata dia.

Wahyu mengapresiasi pemerintah daerah setempat beserta swasta dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang telah bekerjasama dalam menyelsaikan salah satu proyek strategis nasional selam dua tahun ini.

“Dengan diresmikannya KPBU SPAM Bandarlampung ini membuktikan bahwa Provinsi Lampung memang cocok untuk investasi dan kami harap proyek dapat menjadi contoh untuk kota lainnya, karena kita menilai PSN di sini terbilang sukses,” kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Bandarlampung Herman HN mengatakan bahwa sambungan air minum bersih ini akan menjangkau ke seluruh wilayah kota ini sehingga instansi-instansi pemerintah pun dapat menggunakannya.

Dia pun mengajak masyarakat Bandarlampung untuk menghentikan membuat sumur bor karena sudah tersedia air minum bersih dari KPBU.

“Saya mengajak masyarakat hentikan pembuatan sumur bor karena itu merusak lingkungan cukup dengan sambungan PDAM ini airnya akan mengalir selama 24 jam,” kata dia. (Josua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here