Ketua Panwas Lampura: Anggaran Sudah Sesuai Peruntukan

Redaksi

Sabtu, 21 April 2018 - 17:15 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bandarlampung (Netizenku.com):
Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Utara dilaksanakan serentak dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung yang akan dihelat pada tanggal 27 Juni 2018.

Ketua Panwalukab Lampung Utara, Zainal Bahtiar mengaku berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Lampung Utara, maupun media yang sudah memberikan kritikan anggaran kepada Panwas Kabupaten Lampung Utara dalam upaya pengawasan pengelolaan anggaran. \”Dengan adanya hal tersebut, kami akan lebih profesional dalam melakukan pengelolaan anggaran tersebut,\” ucapnya melalui pesan tertulis kepada Netizenku.com, Sabtu (21/4).

Dirinya juga menjelaskan, dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara, mendapatkan anggaran hibah dari Pemerintah Daerah sebesar Rp12,9 Milyar, terhitung mulai dari tahapan Persiapan sampai dengan tahapan Pelantikan Kepala Daerah terpilih.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Panwas mendapatkan dana hibah dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD P) Tahun 2017 senilai Rp2 M yang dikeluarkan pada Bulan Oktober sebesar Rp1 M dan Bulan November sebesar Rp1 M. Meski dalam NPHD dianggarkan sebesar Rp5 M pada APBDP tahun 2017, tetapi hanya Rp2 M yang mampu Pemerintah Daerah Lampura berikan, sehingga banyak kegiatan yang dilaksanakan belum terbayarkan menunggu pencairan anggaran selanjutnya untuk membayar kegiatan-kegiatan tersebut.

Baca Juga  KPU Lampung Dorong Partisipasi Perempuan Dalam Politik

\”Pada tahun 2018 ini, Panwas Kabupaten Lampung Utara kembali mendapatkan anggaran sebesar Rp3 M yang dibayarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara pada akhir bulan Januari, dan di Bulan April sebesar Rp2 M. Sehingga total dana hibah yang sudah diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Utara sebesar Rp7 M,\” jelasnya.

Anggaran tersebut, menurutnya,  dipergunakan untuk membayar honorarium mulai dari Panwas Kabupaten, sampai dengan Panwas Kecamatan, Honorarium seluruh staf Panwas Kabupaten dan seluruh staf Panwas Kecamatan se-Kabupaten Lampung Utara, operasional perkantoran (sewa kendaraan roda empat), sewa Kantor Panwas Kabupaten sampai dengan Panwas Kecamatan, perlengkapan Kantor Panwas Kabupaten Lampung Utara sampai dengan Panwas Kecamatan se-Kabupaten Lampung Utara, biaya kegiatan pelatihan, rapat dan bimbingan teknis bagi Panwascam serta Sekretariat Panwascam, dan operasional perjalanan dinas di dalam kota dan di luar kota dalam rangka pengawasan pemilihan mulai dari Panwas Kabupaten sampai Panwas Kecamatan.

Baca Juga  Mukri Persilahkan Bacaleg Pakai \"Embel-embel\" NU

\”Pada Bulan Januari, Panwas Kabupaten membentuk Panitia Pengawas Lapangan (PPL) sehingga Panwas harus memberikan honorarium untuk PPL mulai dari bulan Januari sampai saat ini. Anggaran yang dikeluarkan Panwas mempunyai dasar yang jelas dan anggaran yang dikeluarkan juga sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dalam pendistribusian anggaran honorarium dan operasional perkantoran juga melalui transfer Bank dan tidak menggunakan system tunai,\” jelasnya.

Dalam hal sewa kendaraan roda 4 (empat) yang diperuntukkan untuk operasional Panwas Kabupaten, menurutnya juga melibatkan pihak ketiga skala Nasional dalam hal ini pihak ketiga harus memiliki e-katalog, biaya pembayaran sewa pun tidak dengan tunai tetapi menggunakan transfer bank.

\”Dalam melaksanakan proses penanganan tindak pidana pemilihan Panwas telah membentuk sentra Gakkumdu yang terdiri dari unsur Pengawas Pemilihan Kabupaten Lampung Utara, Kepolisian Resort Kabupaten Lampung Utara dan Kejaksaan Negeri Kotabumi, yang dibentuk pada bulan November tahun 2017 sehingga mulai bulan November segala bentuk anggaran yang dipergunakan oleh sentra Gakkumdu Kabupaten Lampung Utara ditanggung oleh Panwas Kabupaten,\” terangnya.

Baca Juga  Pemilih Sementara Pilkada 2020 di Lampung 3.890.063

Saat ini, menurutnya, Panwas Kabupaten Lampung Utara masih memiliki anggaran sebesar Rp 5,9 miliyar yang belum terbayarkan oleh Pemerintah Daerah. Jika seluruh tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara masih terdapat sisa anggaran, maka Panwas Kabupaten akan mengembalikan anggaran tersebut ke kas Daerah Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, dan tidak serta merta anggaran yang tertuang dalam seluruh NPHD habis dipergunakan.

\”Perlu ditegaskan kembali bahwa Penggunaan anggaran oleh Panwas Kabupaten Lampung Utara telah sesuai dengan kebutuhan dalam melaksanakan pengawasan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Utara,\” pungkasnya. (Rio)

Berita Terkait

Umar Ahmad dan Sinyalemen Dukungan PDI Perjuangan
DPD PDI Perjuangan Santai Tanggapi Rumor Umar Ahmad-Edi Irawan
Menakar Politis Gen Z: Antara Idealism Tren dan Pragmatisme
Sirekap Dinilai Berpotensi Salah Baca Data, Penta Peturun: Saksi Harus Jeli
Jaringan Rakyat Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud
Besok, Mahfud MD ke Lampung
Dikunjungi Atiqoh, Relawan Wanita Tani Komitmen Dukung Ganjar-Mahfud
Atikoh Ganjar Bakal Syukuran Bareng Wanita Tani di Pringsewu

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 20:05 WIB

Disnaker Lampung Bakal Turunkan Tim Pengawas dan Mediator untuk Selesaikan Permasalahan THR

Jumat, 19 April 2024 - 19:59 WIB

Disnaker Lampung Catat 13 Pengaduan Ikhwal THR

Jumat, 19 April 2024 - 19:49 WIB

Realisasi penyaluran KUR Peternakan Lampung Capai Rp1,51 triliun

Kamis, 18 April 2024 - 21:58 WIB

Umar Ahmad dan Sinyalemen Dukungan PDI Perjuangan

Kamis, 18 April 2024 - 20:42 WIB

Gubernur Arinal Ajak Semua Pihak Wujudkan Lampung Sebagai Lumbung Ternak Nasional

Kamis, 18 April 2024 - 19:49 WIB

DPD PDI Perjuangan Santai Tanggapi Rumor Umar Ahmad-Edi Irawan

Kamis, 18 April 2024 - 13:38 WIB

Lampung Memperkaya Kalender Pariwisata dengan 90 Kegiatan Tahun 2024

Kamis, 18 April 2024 - 12:42 WIB

6 Trayek Baru Angkutan Perintis Lampung Diajukan

Berita Terbaru

Ilustrasi THR. Foto: Ist.

Lampung

Disnaker Lampung Catat 13 Pengaduan Ikhwal THR

Jumat, 19 Apr 2024 - 19:59 WIB