oleh

Inspektorat Provinsi Lakukan Pengawasan dan Pemeriksaan Reguler OPD Tubaba

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Inspektorat Provinsi Lampung melakukan pengawasan dan pemeriksaan reguler sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) hingga 14 hari ke depan.

Hal itu ditegaskan Kepala Inspektorat Provinsi Lampung Ir. Fredy S.M.,MM usai melakukan entry briefing pemeriksaan Inspektorat Provinsi Lampung dihadiri Sekda Tubaba Novriwan Jaya, SP, Kepala Inspektorat Tubaba Perana Putra, SH,MH bersama beberapa kepala OPD di kabupaten setempat yang digelar di ruang rapat bupati, Kantor Bupati Tubaba, Selasa (19/10).

“Kami ke Tubaba akan melakukan pembinaan dan pengawasan gubernur selaku perwakilan pemerintah pusat ke kabupaten/kota dengan melakukan pemeriksaan reguler sejauh mana penyelenggaraan pemerintahan di Tubaba baik teknis maupun umum/administrasi di beberapa OPD,” kata dia.

Baca Juga  Tubaba Perpanjang KBM di Rumah Hingga 12 April

Dalam pemeriksaan reguler ini, lanjut dia, tidak semua dinas instansi dilakukan pemeriksaan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara random (acak) dan ada 15 OPD yang akan menjadi objek pemeriksaan.

“Ada 15 OPD yang akan kami periksa, baik pengawasan teknis maupun umum, yang teknis menyangkut pendidikan, kesehatan, PUPR, dan yang lain. Sementara yang umum menyangkut kepegawaian, manajemen ASN, atau yang menyangkut secara pemerintahan,” ujar Fredy.

Baca Juga  New Normal, Disdukcapil Tubaba Fokus Pelayanan Online

Dalam pemeriksaan ini ada 15 OPD yang akan dilakukan pemeriksaan yakni¬†12 dinas/badan, dan 3 bagian di sekretariat daerah,”Tetapi sampelnya nanti mana saja yang harus kita lakukan kita akan berkoordinasi,” ulasnya yang juga dikuatkan oleh Kepala Inspektorat Tubaba, Perana Putra.

Fredy mengaku dalam melakukan pemeriksaan berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, pihaknya banyak melakukan temuan khusunya dalam hal administrasi.

Baca Juga  Kemendagri Monitoring Pilkati Serentak Tubaba

“Temuan-temuan ini ada yang menyangkut administrasi, ada juga yang menyangkut keuangan negara. InsyaAllah kalau menyangkut soal keuangan negara, mereka harus kembalikan, dan kalau soal administrasi ya mereka harus perbaiki. Inilah pembinaan yang kami lakukan,” tukasnya.

Pemprov Lampung berharap, Pemkab Tubaba dapat terus melakukan tata kelola pemerintahan yang semakin baik belajar dari pembinaan yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Mudah-mudahan temuannya tidak banyak, ya namanya kita sudah maju ya harus lebih baik,” tutupnya. (Arie/leni)

Komentar