oleh

Hari Guru 2021, Sekolah Bermutu Butuh Biaya ‘Jer Basuki Mawa Beya’

Bandarlampung (Netizenku.com): Pemkot Bandarlampung memeringati Hari Guru Nasional 2021 di Yayasan Pendidikan Baitul Jannah, Jalan Pramuka, Kemiling, Kamis (25/11).

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana memimpin jalannya upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2021 dengan tema “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan.”

Usai upacara, Eva Dwiana mengatakan pemerintah pusat dan daerah selalu memerhatikan kesejahteraan dan meningkatkan kualitas para guru.

Baca Juga  Gubernur Dukung Program Kesejahteraan Perempuan dan Anak

Eva Dwiana berjanji pemerintah kota akan memberikan beasiswa pendidikan S1 dan S2 kepada para guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

“Kita akan berikan secara bertahap, mudah-mudahan dengan pendidikannya lebih baik, tingkat pendidikan di Bandarlampung juga akan jauh lebih baik,” ujar dia.

Ketua PGRI Bandarlampung, Yuni Herwanto, menambahkan sekolah yang bermutu membutuhkan biaya.

Baca Juga  PGRI Bandarlampung Bagikan 1.300 Paket Sembako di Hari Guru

“Kita nganut falsafah jer basuki mawa beya,” ujar dia.

Falsafah Jawa Kuno Jer Basuki Mawa Beya memiliki arti semua keberhasilan membutuhkan biaya.

“Enggak mungkin (gratis). Gimana operasionalnya. Sekolah bermutu mau pembelajaran yang baik, itu semua kan dengan biaya,” kata dia.

Yuni menjelaskan setiap guru yang berkualitas pasti menginginkan kemampuannya dihargai dengan baik.

Baca Juga  H-7 Lebaran tak Ada Pengerjaan Fisik

Sebutan guru pahlawan tanpa tanda jasa, menurut dia, hanya semacam penghargaan supaya guru tulus dan ikhlas dalam mengabdi.

“Ya kalau kita mau diberi tanda jasa, tanda jasa apa yang mau diberi. Paling kita memberikan penghargaan di dalam organisasi saja, PGRI,” tutup dia. (Josua)