Gebyar Bonsai Bumi Sekala Bkhak 2021 Lewati Proses Penilaian

Redaksi

Selasa, 22 Juni 2021 - 19:49 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Liwa (Netizenku.com): Gebyar Bonsai Bumi Sekala Bkhak 2021 yang merupakan pameran dan kontes bonsai dengan lima kelas, dari kelas prospek, regional, madya, utama sampai bintang, sudah melewati proses penilaian.

Kegiatan yang dipusatkan di Kebun Raya Liwa Lampung Barat, 19-27 Juni tersebut, yang digelar Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Lampung Barat, selanjutnya akan dibuka secara resmi, Rabu (23/6) dan masyarakat atau wisatawan dapat menikmati keindahannya secara langsung.

“Alhamdulillah, 791 bonsai dari lima kelas sudah memasuki tahapan penilaian, dan besok akan dibuka secara resmi, maka bagi masyarakat atau wisatawan yang akan melihat langsung seni pengkerdilan pohon tersebut dipersilahkan,” kata ketua panitia pelaksana AF Manurung, Selasa (22/6).

Dijelaskan Manurung, beberapa jenis bonsai yang ditampilkan, seperti kimeng, picus petusa, hokiantea, sakura, cendrawasih, sancang, sianci, serut, asoka merah, lohansung, beringin dollar, compakta, bogenfil, kingkit, loa, mirten, kemuning, beringin Filipin, waru Taiwan, kupalandak, kaliage, anting putrid, kibesi, cemara laut, mustam, Arabica/kelampis, serbin, hingga sekelas sisiran, asam, dan kaliage.

“Sebagian besar jenis pohon yang dijadikan bonsai dan menjadi peserta pameran dan kontes sebagian besar merupakan tanaman asli Indonesia, tentu harganya ada yang mencapai ratusan juta, untuk itu kami harap pengunjung selain menjalankan protokol kesehatan, juga tidak boleh menyentuh bonsai tersebut,” kata dia.

Baca Juga  Seragam Gratis Dibagikan untuk Pelajar Sekolah Negeri dan Swasta

Pesertanya sendiri kata Manurung, selain diikuti oleh seniman dan kolektor bonsai dari seluruh kabupaten/kota di Lampung, juga diikuti oleh kolektor tingkat nasional, serta seniman bonsai dari beberapa propinsi di Sumatera, Banten dan Jawa Barat.

“Pameran ini merupakan yang terbesar yang pernah ada di pulau Sumatera, karena selain lima kelas bonsai yang diikutkan para seniman bonsai dan kolektor bonsai, juga diikuti beberapa tokoh, seperti Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri pak Zudan Arief, gubernur, serta bupati/walikota dari berbagai propinsi,” jelasnya.

Baca Juga  Penerimaan CPNS Dirubah, Lambar Berharap Kuota Terpenuhi

Ditanya bonsai milik siapa yang menjadi penampil terbaik, Manurung, mengatakan, pihak panitia tidak tahu, karena itu merupakan kewenangan penuh sembilan orang juri yang telah ditunjuk langsung PPBI Pusat.

“Kita akan mengetahui hasil penilaian, setelah dewan juri melakukan penancapan bendera yang sesuai dengan hasil penilaian, karena itu merupakan kewenangan penuh dewan juri yang telah ditunjuk PPBI Pusat, dan atas terselenggaranya Gebyar Bonsai Bumi Sekala Bkhak 2021 kami ucapkan terimakasih atas dukungan dari semua pihak,” tandasnya. (Iwan/len)

Berita Terkait

Ketokohan Parosil Berhasil Kantongi Rekomendasi PKB Maju Pilkada
Mantan Kasat Intelkam Polres Lambar Jadi Petugas Haji 2024 Unsur Polri
Dinkes Lambar Koordinasi Mitra Pendsektor Germas
Ketua DPD Gerindra Lampung akan Hadiri Rapat Konsolidasi di Lambar
Ketua Dekopi Lampung Panen Kopi Arabika di Lambar
POPKAB dan Tarkam Kemenpora Sukses di Lambar
Sah, Parosil Mabsus Kantongi Surat Tugas Balonbup Lambar
POPKAB dan Tarkam 2024 Dibanjiri Ribuan Peserta

Berita Terkait

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:12 WIB

Bupati Pesawaran Ajak Warga Wujudkan Pilkada Sehat dan Beradab

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:29 WIB

M Nasir Siap Dampingi Aries Sandi Maju Pilbup Pesawaran

Senin, 10 Juni 2024 - 09:48 WIB

MPAL Lampung Dukung Pelaporan MPAL Pesawaran ke Kejari

Minggu, 9 Juni 2024 - 17:37 WIB

Tenun Talam Pesawaran Melenggang di Bali Fashion Parade 2024

Jumat, 7 Juni 2024 - 16:23 WIB

Perwakilan Masyarakat Adat Lampung Pesawaran Laporkan MPAL ke Kejari

Kamis, 6 Juni 2024 - 19:14 WIB

Paisaludin Serahkan Surat Tugas DPP PAN ke Nanda Indira

Kamis, 6 Juni 2024 - 11:13 WIB

Bupati Pesawaran Ikuti Pembukaan ITIF 2024

Kamis, 6 Juni 2024 - 08:55 WIB

Dituding Abal-abal, MPAL Pesawaran Bakal Dilaporkan ke APH

Berita Terbaru