oleh

DPD Steril Parpol, Bustami \”Terpaksa\” Mundur dari Pengurus PDIP

Bandarlampung (Netizenku.com): Calon Anggota DPD RI Perwakilan Lampung, Bustami Zainudin mengaku siap mundur dari kepengurusan PDIP Lampung.

Mundurnya Bustami dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDI Perjuangan Lampung, atas dasar ketetapan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menegaskan bahwa anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sejak Pemilu 2019 hingga seterusnya tidak boleh diisi oleh pengurus parpol.

Baca Juga  Menang Gugatan, Partai PBB Tancap Gas Kejar Target

Sebab, hal tersebut bertentangan dengan UUD 1945 dan dalam permohonan uji materi pasal 182 huruf l UU Nomor 7 Tahun 2017 (UU Pemilu) dalam perkara Nomor 30/PUU-XVI/2018 yang diajukan oleh seorang fungsionaris partai yang ingin mencalonkan diri sebagai anggota DPD.

Putusan untuk perkara Nomor 30 ini kembali menegaskan bahwa calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI tidak boleh berasal dari partai politik.

Baca Juga  Hasto Instruksikan Kawal Pansus Money Politics

Dalam pertimbangan putusan tersebut, Mahkamah juga memberikan jawaban terkait dengan anggota partai politik yang pada saat ini juga menjabat sebagai anggota DPD.

\”Ya, kita siap mundur sebagai pengurus jika memang aturannya demikian, tidak masalah,\” ucap Bustami, kepada Netizenku.com, Selasa (24/7).

Menurutnya, dari awal ia memang ditugaskan oleh partai untuk maju sebagai Calon DPD RI. \”Yang harus mundur kan sebagai pengurus, sedangkan sebagai anggota partai, gak perlu. Maka saya siap mundur demi Bangsa dan daerah Lampung tercinta,\” ucapnya. (Red)

Baca Juga  Ikut Aksi, Sumarsono Berorasi: Bongkar Money Politik di Lampung

Komentar