Dosen dan Mahasiswa Baru Itera Positif Covid-19

Redaksi

Kamis, 27 Agustus 2020 - 12:39 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Rektor Itera Prof Ir Ofyar Z Tamin MSc PhD (kiri) menerima bantuan sebanyak 1.000 unit RDT Covid-19 dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pusat di Kampus Itera, Rabu (19/8). Foto: Netizenku.com

Rektor Itera Prof Ir Ofyar Z Tamin MSc PhD (kiri) menerima bantuan sebanyak 1.000 unit RDT Covid-19 dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pusat di Kampus Itera, Rabu (19/8). Foto: Netizenku.com

Bandarlampung (Netizenku.com): Institut Teknologi Sumatera (Itera) secara ketat menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di lingkungan kampus.

Itera memastikan seluruh sivitas akademika baik dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa yang beraktivitas di kampus mematuhi standar operasional prosedur (SOP) pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh Badan Pembina Adaptasi Kehidupan Baru (BPAKB) Itera.

Penerapan protokol kesehatan secara ketat juga diberlakukan kepada seluruh calon dosen dan mahasiswa baru Itera, dan tamu/pihak luar yang akan memasuki lingkungan kampus, sehingga dapat mendeteksi dini orang yang terpapar Covid-19.

Itera membenarkan, adanya satu dosen baru yang positif terpapar Covid-19. Dosen baru yang belum aktif berkegiatan di kampus tersebut terdeteksi lebih dini, setelah Itera memberlakukan protokol kesehatan dengan melakukan rapid test terhadap para calon dosen baru sebelum memasuki kampus.

Dari seluruh calon dosen yang dilakukan rapid test pada 18 Agustus 2020, terdapat satu dosen baru yang berasal dari Sumatera Selatan, yang hasil rapid testnya reakif, sehingga yang bersangkutan diminta untuk melakukan isolasi mandiri dan menjalani tes swab.

Baca Juga  Itera Hubungkan Alumni dengan Dunia Kerja \'Career Day\'

Dari hasil test swab dosen baru tersebut menunjukan hasil positif Covid-19, sebagai orang tanpa gejala (OTG), dan menjalani isolasi di RS Bandar Negara Husada, Lampung Selatan.

Badan Pembina Adaptasi Kehidupan Baru (BPAKB) Itera senantiasa memantau perkembangan dosen baru tersebut, dan tetap berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan dan Provinsi Lampung.

Itera juga memastikan bahwa dosen baru yang positif terpapar Covid-19 tersebut belum beraktivitas di dalam lingkungan kampus.

Meski demikian, Itera tetap melakukan tracking dan hanya mendapatkan satu pegawai yang pernah bertemu dengan dosen baru tersebut.

Pihak kampus telah meminta pegawai yang berinteraksi tersebut langsung melakukan karantina mandiri, dan akan segera melakukan rapid test kepada yang bersangkutan.

Baca Juga  Itera Lampung Amati Fenomena Langka Okultasi Mars oleh Bulan

Tidak hanya dosen, pihak kampus juga menyampaikan adanya satu calon mahasiswa baru Itera yang positif terpapar Covid-19.

Hal tersebut diketahui setelah Itera secara ketat memberlakukan protokol pencegahan Covid-19 dengan memberlakukan wajib rapid test kepada seluruh calon mahasiswa baru sebelum memasuki lingkungan kampus untuk melakukan verifikasi berkas setelah diterima sebagai calon mahasiswa baru.

Diketahui dari hasil rapid test calon mahasiswa baru yang dilakukan secara mandiri di luar kampus, terdapat tiga calon mahasiswa baru dari luar Provinsi Lampung yang melaporkan hasil rapid testnya reaktif kepada panitia penerimaan mahasiswa baru.

Sesuai SOP, tiga calon mahasiswa tersebut diminta untuk isolasi mandiri, dan melakukan tes swab dengan tetap dipantau oleh tim BPAKB Itera.

Dari hasil tes swab ke tiga calon mahasiswa baru tersebut, diketahui terdapat satu calon mahasiswa baru Itera yang positif terpapar Covid-19, sebagai orang tanpa gejala, sementara dua calon mahasiswa baru dinyatakan negatif.

Baca Juga  Riana Arinal Ramah Tamah dengan 2 Paskibraka Utusan Lampung

Selanjutnya, dengan berkoordinasi bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Lampung Selatan, calon mahasiswa baru yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut segera ditangani sesuai protokol, dan menjalani isolasi di RS Airan Lampung Selatan.

Lewat siaran persnya, Kamis (27/8), pihak kampus menyampaikan, saat ini, kegiatan kampus tidak terganggu dan seluruh mahasiswa aktif Itera masih dalam masa libur semester, dan akan menjalankan perkuliahan secara daring di awal September mendatang.

Selanjutnya, BPAKB Itera akan memantau perkembangan dosen baru dan calon mahasiswa baru dan mendukung mereka hingga sehat dan terbebas Covid-19.

Itera juga akan terus berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan dan Kota Bandarlampung, baik dalam penanganan sivitas akademika Itera yang positif terpapar Covid-19 ataupun dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (Josua)

Berita Terkait

Tingkatkan Pelayanan, SMK SMTI Bandar Lampung Gelar Pelatihan Pelayanan Prima
Perpustakaan Modern Kota Bandarlampung Minim Konsep? 
OJK-Komisi XI DPR RI Berikan Penyuluhan Waspada Pinjol Ilegal
SMK SMTI Bandarlampung Sekolah Rujukan Pembangunan Zona Integritas bagi MAN 1 Tanggamus dan MTsN 2 Pesawaran
Waspada Kental Manis, Edukasi Gizi Jadi Kunci Lawan Stunting
SMK SMTI Bandar Lampung Gelar Pelatihan Produksi Homecare untuk Siswa SMP/MTs
Elitisme dalam Keterwakilan Perempuan di Parlemen Hasil Pemilu 2024
GMNI Lampung Ajak Gen Z Partisipasi dalam Pengawasan Pilkada
Tag :

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 14:50 WIB

Lampung Pemain Penting dalam Perdagangan Rempah Nusantara

Kamis, 11 Juli 2024 - 18:02 WIB

Wujudkan Madrasah Bermutu, Dirjen Pendis Luncurkan KMA 450 Tahun 2024 di Lampung

Kamis, 11 Juli 2024 - 16:35 WIB

Pemprov Lampung Lakukan Percepat Perekaman KTP Jelang Pilkada

Rabu, 10 Juli 2024 - 12:03 WIB

Mukhlis Basri Masuk Daftar Anggota Pansus Angket Pengawasan Haji DPR RI

Selasa, 9 Juli 2024 - 16:15 WIB

Puluhan Buruh KSBSI Gelar Aksi Pemberlakuan UU Tapera

Selasa, 9 Juli 2024 - 14:57 WIB

Pemprov Atensi Pengusaha dan Investor di Bidang Batu Bara Taat Aturan

Senin, 8 Juli 2024 - 16:25 WIB

Anggaran Realisasi Double Trak Besar, Pemprov Harap Bantuan Pusat

Senin, 8 Juli 2024 - 16:18 WIB

Jokowi Bakal Kunjungi Lampung Dalam Waktu Dekat

Berita Terbaru

(Foto: Emiten/Ilustrasi)

Bandarlampung

Pihak BRI Diduga Kuat Terlibat Kasus “Kredit Fiktif Gunung Sari”

Sabtu, 13 Jul 2024 - 20:57 WIB

Lampung Tengah

Lamteng Juara Umum Apkasi Otonomi Expo 2024

Sabtu, 13 Jul 2024 - 15:20 WIB

Prosesi ramah tamah malam pengesahan warga PSHT Lampung Barat angkatan 39 di Padepokan PSHT setempat, Jumat (12/7/2024) malam. (Iwan/NK)

Lampung Barat

PSHT Lambar Mengesahkan 837 Warga Baru Angkatan 39

Sabtu, 13 Jul 2024 - 11:35 WIB

(Foto: Ist)

Bandarlampung

Walikota Bandarlampung Raih Penghargaan dari Kemenkop UKM

Jumat, 12 Jul 2024 - 22:03 WIB

Lampung Barat

Jokowi dan Mukhlis Sejalan Kembangkan Produktifitas dan Kualitas Kopi

Jumat, 12 Jul 2024 - 18:42 WIB