BERBAGI

Lampung Tengah (Netizenku.com): Sebanyak 1.752 Polisi Masyarakat Jurai Siwo (Polmas Jusi) Mitra Kamtibmas Lampung Tengah dikukuhkan di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Selasa, 5 November 2019.

Polmas Jusi dibentuk untuk mengantisipasi munculnya konflik sosial yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) guna menciptakan rasa aman, tertib, dan tenteram.

Menurut Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto, pada era Revolusi Industri 4.0 sekarang ini, ancaman dan bencana harus disikapi sejak dini. Sebab benturan kepentingan ekonomi, politik, sosial, agama, etnis, dan ideologi setiap saat bisa muncul.

“Harus dicegah sebelum terjadi dan diatasi dengan berbagai pendekatan. Jadi deteksi dini dan potensi gangguan keamanan harus selalu dilakukan di lingkungan masing-masing. Karena itu, Pemkab sangat mendukung dibentuknya Polmas Jusi Kamtibmas. Tapi, Polmas jangan melebihi batas kewenangannya,” katanya.

Loekman berharap Polmas dapat menjalin kerja sama yang baik dengan berbagai pihak yang berkompeten menciptakan keamanan di Lampung Tengah.

“Jalin kerja sama yang baik dengan pihak yang berkompeten menciptakan keamanan di Lampung Tengah,” katanya.

Bupati juga meminta anggota Polri dan Polmas mampu mendeteksi permasalahan keamanan di lingkungan sehingga ditemukan permasalahannya.

“Saya harap dibentuknya Polmas dapat mendorong munculnya inisiatif masyarakat untuk ikut serta menjaga dan memelihara kewaspadaan dini. Ini untuk mewujudkan Lamteng yang aman, damai, maju, dan sejahtera. Selain itu jaga kesatuan dan kerukunan demi keutuhan NKRI,” ungkapnya.

Ketua Polmas Jusi Mitra Kamtibmas Lamteng Kusuma Riyadi mengajak masyarakat melalui kemitraan dalam rangka memelihara kamtibmas, dalam hal ini pranata sosial.

“Kemudian membantu masyarakat mengatasi masalah sosial di lingkungannya dalam rangka mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, mendeteksi, mengidentifikasi, menganalisis, menetapkan prioritas masalah, dan merumuskan pemecahan masalah kamtibmas, serta bersama masyarakat menerapkan hasil pemecahan masalah kamtibmas,” katanya.

Sementara Kapolres Lamteng AKBP I Made Rasma Jemy menyatakan Polmas adalah mitra strategis Polres Lampung Tengah dalam upaya menjaga situasi kamtibmas.

“Mitra strategis dalam membantu upaya menjaga situasi kamtibmas. Ini agar Lampung Tengah aman dan kondusif,” ujarnya. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here