oleh

AKP Dyvia Ardianto Terpilih Ikuti Studi Banding Sistem Kepolisian di Jepang

Liwa (Netizenku.com): Setelah melalui seleksi yang sangat ketat, dengan mengikuti berbagai tes, salah satu Kanit 2 Subdit 4 Ditintelkam Polda Lampung, AKP Dyvia Ardianto, S.I.K, MA terpilih mengikuti Studi Banding Sistem Kepolisian di Jepang Angkatan XX Tahun Anggaran 2022.

Dikonfirmasi melalui sambungan telpon, Dyvia yang pernah menjabat sebagai Kasat Intelkam Polres Lampung Barat, mengatakan kegiatan studi banding tersebut dilaksanakan dari 16 September-22 Oktober mendatang.

“Alhamdulillah, setelah mengikuti berbagai tes selama seleksi, dari 100 peserta saya terpilih untuk mengikuti studi banding di Jepang, dalam rangka mengadopsi sistem kepolisian Jepang, yang geografisnya memiliki kesamaan dengan Indonesia yakni kepulauan,” kata Dyvia, Rabu (21/9).

Kegiatan Studi Banding Sistem Kepolisian di Jepang kata dia, merupakan program dari Japan International cooperation Agency (JICA) yang sudah berjalan 20 Tahun, tetapi akibat pandemi virus Covid 19, Tahun 2020 dan 2021 tidak terlaksana.

Baca Juga  PSMTI Lambar Berikan Face Shield ke RSUAU dan Puskesmas

“Hubungan kerjasama antara Kepolisian Jepang dengan Polri sudah terjalin lebih dari 20 Tahun, sebagai organisasi yang berkembang Polri selalu terbuka dengan perubahan, maka dengan studi banding ini akan menjadi refrensi untuk Polri semakin profesional dan lebih baik,” kata dia.

Dyvia Ardianto menjelaskan bahwa program tahun ini difokuskan pada Polmas dan dilaksanakan di dua tempat yaitu di Akpolnas /National Police Academy of Japan dan Prefektur Ibaraki, dengan peserta
akan dilibatkan pada penanganan perkara sebenarnya, terutama yang dilaksanakan oleh Koban.

Baca Juga  Damkar Waytenong Terima Laporan Palsu Kebakaran di Sumberjaya, Pelakunya Diburu

“Para peserta dapat menyaksikan secara langsung setiap hal yang dilakukan oleh Koban dalam penanganan permasalahan. Selain itu, peserta juga akan mengetahui peran dan kewenangan Koban dan satuan polisi di atasnya,” jelasnya.

Kata Dyvia, sebelum berangkat ke Jepang, ada serangkaian tes yang dilakukan oleh enam orang penguji baik dari Polri maupun dari JICA Jepang. Dari 100 peserta yang lolos hanya 12 orang yakni, AKP Dyvia Ardianto, S.I.K., M.A. (PS Kanit 2 Subdit 4 Ditintelkam Polda Lampung), Kompol Ratna Quratul Ainy S.I.K., M.Si (PS Kapolsek Metro Penjaringan Polres Metro Jakut), Kompol Lilik Ardhiansyah, S.H., S.I.K., M.I. (Kasubbag Mindok Baginfopers Robinkar SSDM Polri).

Baca Juga  Ibunda MB \'Berpulang\', Ratusan Pelayat Kunjungi Rumah Duka

Lalu, Kompol Gali Atmajaya, S.Kom., S.I.K., M.M (Wakapolres Batang Polda Jateng), Kompol Charles P Tampubolon, S.H., S.I.K (PS Kabagbinopsnal Ditreskrimsus Polda Sulteng), Kompol Ivan Adhitira,S.I.K., M.H. (PS Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi), Kompol Tony Priyanto, S.H., S.I.K. (Wakapolres Sleman Polda DIY), Kompol Misbachul Munir, S.I.K. (PS Kasubdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Papua Barat), Kompol Dony Cancero, S.I.K., S.H. (Sespripim Polda Papua), AKP Vifa Fibriana Sari, S.H., S.I.K., M.H. (Kasat Lantas Polres Lhokseumawe Polda Aceh), AKP Angga Surya Saputra, S.I.K., M.Si., M.S.S (Kasat Narkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priuk), dan AKP Adipta Wisnu, S.IP., M.Si (Paur Subbag Binfung Bagrenmin Divhubinter Polri). (Iwan/Leni)