Lampung Miliki Labkesda Terlengkap

Redaksi

Senin, 25 Juni 2018 - 18:11 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bandarlampung (Netizenku.com): Provinsi Lampung kini memiliki Laburatorium Kesehatan Daerah (Labkesda) terlengkap di provinsi setelah diresmikan pada Senin (25/6).

Peresmian Gedung Baru UPTD Labkesda ini juga di barengi dengan peresmian layanan Go Lab yang dlakukan langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Hamartoni Ahadis.

“Peningkatan pelayanan UPTD Labkesda Provinsi Lampung merupakan salah satu program prioritas dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Lampung,” ujar Hamartoni.

Ia menjelaskan, pada tahun 1971 UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung bernama Laboratorium Daerah (LABDA) dan di tanggal 13 Maret 1974 berubah menjadi Labkesda.

Dengan SK Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung No. 51/SK/B.III/MTS/A/74, setelah otonomi daerah, yang semula berada langsung di bawah Laboratorium Kesehatan, Departemen Kesehatan RI menjadi milik Pemerintah Provinsi Lampung, dengan disahkan berdasarkan SK Gubernur Lampung No. 03 Tahun 2001 menjadi UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung, nama ini melekat sampai saat ini.

Baca Juga  9 Tersangka Kasus Narkotika Diamankan Polresta Balam dalam Sepekan

“Ini sejarah baru dalam dunia kesehatan di Lampung,” tukas Hamartoni.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana mengatakan, tujuan yang diharapkan dari berdirinya UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung adalah membantu dan mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pemeriksaan laboratorium kesehatan.

“Meliputi pemeriksaan laboratorium klinik, radiologi, laboratorium kesehatan masyarakat, laboratorium lingkungan, laboratorium pendidikan dan pelatihan serta pelayanan medical check up,” papar Reihana.

Untuk diketahui, ruang lingkup layanan berupa laboratorium klinik, terdiri dari Laboratorium Patologi Klinik (untuk pemeriksaan fungsi jantung, fungsi ginjal, diabetes, fungsi hati, darah lengkap, urine lengkap).

Laboratorium Imunoserologi (untuk pemeriksaan Anti HIV, CD4, DBD, hepatitis A, B, C, thypoid, dan lain-lain), Laboratorium Mikrobiologi (untuk pemeriksaan kultur dan resistensi antibiotik, air bersih, minum dan limbah, uji sterilitas ruangan operasi rumah sakit, pemeriksaan angka kuman makanan dan minuman di Rumah Sakit, pemeriksaan angka kuman bahan industri makanan, pemeriksaan TBC/ BTA, Malaria, dan lain-lain) dan Laboratorium Kesehatan masyarakat, meliputi pemeriksaan, pemeriksaan air bersih, air minum, air limbah dan air badan air (sungai), pemeriksaan toksikologi, pemanis, pewarna, pengawet, pemeriksaan logambBerat (Pb, Cd, Cu, Fe, Mn, Cr, dan lain-lain), pemeriksaan narkoba (urine dan darah)

Baca Juga  Eva Dwiana Akan Kunjungi Warga yang Enggan Divaksinasi

Go Lab sendiri adalah salah satu inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Labkesda Provinsi Lampung. Pelayanan Go Lab dilakukan dengan pertimbangan tanpa harus datang ke laboratorium, tanpa meninggalkan pekerjaan, tanpa meninggalkan kegiatan/kuliah dan membantu usia lanjut/disabilitas

Selain itu, Go Lab adalah jawaban sebagai bukti upaya upaya untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masuarakat Lampung.

Baca Juga  Tiket KA Lebaran 1441 H dapat Dipesan Besok

Labkesda Provinsi Lampung juga telah mendapatkan penghargaan Piala Citra Pelayanan Prima Tahun 2012 diberikan oleh Presiden Republik Indonesia atas prestasinya dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik dengan nilai kategori : A dan pada tahun ini me-Lounching Go Lab dan penggunaan gedung baru (bangunan yang lama 803 m2 di atas lahan 2.293 m2, menjadi saat ini luas bangunan adalah 3.014 m2 dengan bangunan 3 lantai)

Gedung baru Labkesda terdiri dari Lantai 1 khusus untuk pelayanan umum seperti ruang pendaftaran, ruang konsultasi dokter, ruang perpustakaan, ruang rontgen dan kafetaria. Ruang laboratorium klinik berada di Lantai 2, sedangkan laboratorium kesehatan masyarakat dan ruang tata usaha serta kantor kepala berada di Lantai 3. Pembangunan gedung laboratorium kesehatan menggunakan anggaran APBD Tahun 2017. (Aby)

Berita Terkait

DPP PROJO Berikan Dukungan Penuh kepada Pasangan Mirza-Jihan untuk Pilgub Lampung 2024
Mirza Komitmen Terhadap Perkembangan Olahraga Billiard, Ayo Ikuti Turnamennya
Hari Pelanggan Nasional, PLN Nyalakan Listrik Gratis di Pesisir Barat dan Mesuji
Triwulan II 2024, Inflasi di Provinsi Lampung Konsisten Terjaga
Kemiskinan di Lampung PR Besar Gubernur Terpilih
Dua Cagub Jalani Tes Kesehatan, Ini Tahapan Berikutnya!
KPU Ingatkan Petahana Harus Cuti, Apa Kabar Bunda Eva?
Arinal Masih Ketua Golkar Lampung, Seno Bagaskoro: PDIP Bukan Partai ‘Domplengan’

Berita Terkait

Jumat, 6 September 2024 - 13:13 WIB

Peduli Sesama, Polres Lamteng Berikan Bansos untuk Warga Membutuhkan

Senin, 2 September 2024 - 15:54 WIB

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Hadiri HUT ke-66 Dusun Sriwaluyo II

Kamis, 22 Agustus 2024 - 20:35 WIB

OJK-Polda Lampung Edukasi Bhabinkamtibmas Bahaya Aktifitas Keuangan Ilegal

Jumat, 16 Agustus 2024 - 17:59 WIB

Musa Ahmad Kukuhkan 40 Anggota Paskibraka Lampung Tengah

Jumat, 16 Agustus 2024 - 17:38 WIB

Sambut Hari Jadi Polwan ke-76, Polres Lampung Tengah Gelar Bhakti Kesehatan

Kamis, 15 Agustus 2024 - 15:17 WIB

Kapolres Lampung Tengah Pimpin Lat Pra Ops Mantap Praja Krakatau 2024

Selasa, 23 Juli 2024 - 20:36 WIB

Operasi Patuh Krakatau 2024, Polres Lampung Tengah Gelar Sidang di Tempat

Kamis, 18 Juli 2024 - 15:06 WIB

Rusmandi Buka Visitasi Evaluasi Pelaksanaan Statistik Sektoral Lamteng

Berita Terbaru

Tulang Bawang Barat

Novianti-Ana Hadiri Pengajian Rutin PC Muslimat NU di Islamic Centre Tubaba

Sabtu, 7 Sep 2024 - 19:27 WIB

Lampung Tengah

Peduli Sesama, Polres Lamteng Berikan Bansos untuk Warga Membutuhkan

Jumat, 6 Sep 2024 - 13:13 WIB