oleh

188.998 Warga Tubaba Punya Hak Pilih di Pilgub

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulangbawang Barat menetapkan 188.998 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dapat berpartisipasi dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung, Juni mendatang.

Jumlah tersebut terdapat di 553 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan rincian laki-laki sebanyak 96.702 suara dan perempuan sebanyak 92.292 suara.

Hal ini berdasarkan pleno yang digelar KPU setempat, Rabu (18/4) sekitar pukul 14.00 WIB di Balai Tiyuh Mulya Kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

Ketua KPU Kabupaten Tubaba, Ismanto Ahmad mengatakan, munculnya jumlah DPT Kabupaten Tubaba melalui proses tahapan yang sangat panjang yang disesuaikan dengan aturan KPU Pusat. Dalam waktu satu bulan, pihaknya sudah bekerja semaksimal mungkin walaupun ada beberapa kendala.

Baca Juga  Resahkan Warga Karena Narkoba, Tiga Warga Tiyuh Kibang Budi Jaya Dibawa Polisi

Tentunya, pekerjaan ini adalah untuk mendapatkan data mata pilih yang benar-benar akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. \”Proses pendataan mulai dari sidalih sampai ke coklit, bahkan kami telah menerima tanggapan-tanggapan dan masukan dari pihak-pihak terkait baik dari masyarakat, dan pihak lain agar didapatkan data pemilih tetap yang sesuai dan Akurat,\” kata dia.

Ismanto menegaskan, DPT Kabupaten Tubaba yang telah ditetapkan tersebut sudah melalui proses- proses dan tahapan yang sudah sesuai dengan Undang-undang, dan peraturan yang ditatapkan oleh KPU Pusat. \”Jumlah DPT ini sudah final, tidak bisa berubah lagi,\” kata dia yang diamini oleh anggota komisioner KPU Cecep Ramdani.

Baca Juga  2120 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Pemkab Tubaba

Sementara Cecep menambahkan, jumlah DPT tersebut tersebar di 93 tiyuh dan 3 kelurahan dengan jumlah TPS sebanyak 553 TPS yang tersebar di 9 Kecamatan. Untuk masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP-el tetap tidak mempengaruhi DPT yang telah di plenokan, karena pihak Disdukcapil Tubaba telah menyerahkan surat keterangan penduduk potensial pemilih yang belum melakukan perekaman ke KPU Tubaba yang dibuat secara kolekstif, sehingga ketika nantinya mereka datang ke TPS mereka dibolehkan untuk memilih. \”Kenapa 96 tiyuh/kelurahan, karena untuk tiyuh pemekaran di Kabupaten Tubaba datanya masih masuk ke tiyuh induknya karena tiyuh pemekaran belum teregistrasi,\” jelasnya.

Baca Juga  Nasdem Jadi Partai Modern Berbasis Teknologi, Kader Dilarang Gaptek

Secara rinci, lanjut Cecep, dari jumlah 188.998 suara tersebut yakni di Kecamatan Batu Putih sebanyak 11.267 DPT, Way Kenanga (14.481 DPT), Gunung Agung (21.642 DPT), Gunung Terang (12.340 DPT), Lambu Kibang (15.786 DPT), Pagar Dewa (4.641 DPT), Tulangbawang Tengah (55.301 suara), Tumijajar (30.575 DPT), dan Kecamatan Tulangbawang Udik sebanyak 22.605 DPT.

Rapat Pleno DPT tersebut juga dihadiri seluruh komisioner KPU, Ketua dan anggota Panwaslu, seluruh LO Paslon, LO Kodim 0412/LU Sertu Ahmad Sarpuddin, LO Polres Tuba Bribka Naegolan, Kabid Kependudukan Disdukcapil Tubaba Johanudin, Kabid Hubungan Antar Lembaga KesbangPol Tubaba. Nurul Puadi SE, serta tamu undangan. (Taufik/Arie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *