BERBAGI

Tulangbawang (Netizenku.com): Bupati Tulangbawang, Hj Winarti memberikan bantuan alat tangkap ikan dan rajungan lengkap, berupa perahu nelayan 3GT sebanyak 6 unit kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Kampung Sungai Burung, Kecamatan Dente Teladas, Rabu (4/19).

Winarti mengatakan, tujuan dari diberikannya bantuan sebanyak 6 unit perahu nelayan lengkap tersebut selain untuk mendongkrak hasil tangkap ikan atau rajungan, juga guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Karena mayoritas masyarakat di Tulangbawang khususnya Kampung Sungai Burung ini penduduknya hidup dan bekerja sebagai nelayan, bahkan penghasilan setiap hari itu melalui tangkap ikan,” katanya.

Namun demikian, warga Tulangbawang juga telah berinovasi untuk mengembangkan olahan hasil tangkapan ikan yang sudah dijual keluar daerah. Diakuinya, Kampung Sungai Burung merupakan salah satu pusat hasil budidaya berbagai jenis ikan ataupun kerang termasuk udang dan rajungan.

Winarti juga berpesan agar nelayan dapat memanfaatkan dan merawat bantuan yang telah diberikan agar perekonomian semakin baik.

Sementara di tempat bersamaan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tulangbawang, Ria Kholdi menambahkan tujuan utama dari pemberian bantuan perahu nelayan tersebut untuk mengali berbagai potensi hasil laut baik ikan, kerang dan yang tidak kalah penting yakni rajungan yang saat ini telah ada kesepakatan antara rajungan melalui Komite Pengolahan Perikanan Rajungan Berkelanjutan (KPPRB) dan KKP yang telah menandatangani kerjasama dengan pihak Non Gouverment Organization (NGO) asal Amerika untuk ekspor serta pengembangan rajungan ke depan.

Karena dari data yang ada lanjut Ria, jumlah nelayan Dente Teladas berjumlah 1691, dengan jumlah KUB 106, khususnya di kampung Sungai Burung terdapat 237 nelayan.

“Dengan Hasil tangkap per semester atau 6 bulan rata-rata 6.197.916 ton, sedangkan¬†Sungai Burung sendiri hasil tangkap per semester mencapai 2.820.081 ton yang dipasarkan di pulau Sumatera dan Jawa,” jelasnya.

Oleh karena itu Ria memaparkan untuk tahun ini pihaknya memberikan bantuan berupa sejumlah 6 unit perahu 3GT dan 2000 pakan ikan untuk segala jenis rajungan dan kerang.

“Mudah-mudahan dengan alat tangkap ini, semua tangkapan dapat lebih bertambah naik karena dalam waktu dekat Dirjen Penguatan Daya Saing Kementrian KKP akan memberikan bantuan bibit kerang sekaligus berupaya mengembangkan serta membantu pemasarannya jika hasil kita naik di akhir tahun ini,” ingatnya. (Armadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here