oleh

Waspada Gelombang Tinggi dan Puting Beliung!

Bandarlampung (Netizenku.com): Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan angin kencang masih akan melanda Lampung hingga akhir November 2019.

Plt. Kasie Datin Stamet Radin Inten II Damil Amidayantik,  saat ditemui di ruangannya, Rabu, 07 November 2019 mengimbau kepada masyarakat Lampung untuk tetap mewaspadai dampak angin kencang, seperti gelombang tinggi, pohon tumbang, hingga potensi angin puting-beliung. Untuk mengetahui sejumlah peringatan yang dikeluarkan oleh BMKG, masyarakat dapat mengakses website resmi BMKG.

Baca Juga  Legiun Veteran Lampung Terima Bingkisan Kado Kebaikan

“Kalau ada warning, biasanya kami tulis di bawah gambar perkiraan cuaca pada website BMKG,” terangnya.

Saat ditanya mengenai catatan BMKG atas rata-rata kecepatan angin pada Oktober lalu, Damil menjelaskan sempat beberapa kali tercatat pada anemometer (alat ukur kecepatan angin), kecepatan angin daratan di atas rata-rata. Kecepatan tertinggi terjadi pada tanggal 7 Oktober 2019 yakni dengan kecepatan 17 Knots.

Baca Juga  Pemkot Salurkan Alat Rekam e-KTP Rp1,8 Miliar

“Tercatat 17 knots, itu angin yang bertiup dari tenggara. Biasa terjadi saat musim kemarau panjang,” jelasnya.

Jika dihitung dengan kilometer per jam (km/jam) maka kecepatan angin pada saat itu mencapai 31,484 km/jam dengan perhitungan 1 knots = 1,852 km/jam. (Adi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *