oleh

UTB Menuju Universitas Mandiri, Berpijak pada Tradisi Melangkah ke Modernitas

Bandarlampung (Netizenku): Upaya merealisasikan visi dan misi Universitas Tulang Bawang (UTB) menuju universitas mandiri dan terbaik di Sumatra Selatan tahun 2023 mendatang, tak akan berhenti sebatas wacana saja.

Komitmen besar itu disampaikan Ketua Yayasan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Indonesia Lampung (YAPIPILA) M.Puncak Stiawan, saat menerima Netizenku.com di ruang kerjanya. Salah satu upaya mengimplementasikan rencana tersebut, sambung Puncak, ialah dengan mempersiapkan infrastruktur yang memadai dan mumpuni.

\”Bulan Maret ini kita mulai merenovasi gedung-gedung di kampus UTB. Sambil berusaha kami tetap bermohon dan semoga diizinkan Allah SWT,\” ucap Puncak alumnus Fakultas Pertanian Jurusan Sosial Ekonomi (Sosek) Pertanian, Unila, ini Kamis (1/3).

Baca Juga  SMPN 29 Bandarlampung

Dirinya berharap pembangunan yang dilakukan dapat dirampungkan pada Oktober mendatang, sehingga bisa dipergunakan oleh mahasiswa baru. \”Rampung atau kak ghadu dapok dipakai,\” katanya dalam bahasa Lampung.

\"\"

Mengenai keseriusannya membuat lompatan bagi UTB, Puncak sedikit menguraikan filosofinya. \”Saya akan lebih fokus dan memberi kontribusi maksimal demi menjaga marwah dan amanah para leluhur pendiri lembaga ini, dan tentu juga kesungguhan tersebut merupakan upaya kami dalam menjaga kepercayaan public terhadap kampus UTB,\” urai Puncak.

Baca Juga  Peserta PPDB SMKN 4 Bandarlampung Membludak

Lebih lanjut dia memaparkan, langkah maju yang akan dibuat pihaknya akan tetap bersumbu pada budaya daerah, sebagai bentuk kecintaan terhadap tradisi di tengah derasnya gelombang modernitas. Sebagai contoh, sambungnya, rancang bangun (design) renovasi UTB tidak terlepas dari historis Kerajaan Tulang Bawang yang syarat akan kearifan lokal. \”Salah satu ciri khas anjak gham ulun Lappung di Tanoh Lado, Sai Bumi Ruwa Jurai, adalah Kopiyah Sai Ragah,\” ungkap Puncak.

Baca Juga  Sepi Pengunjung, Dinas Perpustakaan Disarankan Miliki Mobil Literasi

Sementara itu Karo Humas UTB Lampung, Benaldo, menambahkan bahwa harapan menjadikan UTB sebagai universitas yang mumpuni dalam berbagai aspek itu, bukan hanya menjadi harapan ketua YAPIPILA semata, melainkan telah menjadi komitmen bersama seluruh jajaran. \”Segenap jajaran support mewujudkan visi dan misi itu. Semua SDM berupaya memberi kontribusi dalam gerak menuju kemajuan ini,\” tuturnya. (Refky Rinaldy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *